Malang merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang terletak di kawasan dataran tinggi dan dikelilingi pegunungan. Tidak heran jika iklim di wilayah Malang masih terasa begitu sejuk. Kota ini menawarkan banyak pilihan destinasi terfavorit yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga. Mulai dari wisata alamnya yang memesona hingga wisata kulinernya yang tak kalah nikmat dan beragam. Banyaknya pilihan destinasi wisata menjadikan Malang sebagai destinasi populer bagi para wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan. Bagi kamu yang belum pernah ke Malang dan berencana untuk berlibur bersama keluarga, berikut beberapa tempat wisata Malang terfavorit yang bisa kamu kunjungi.

Wisata Malang Terfavorit & Direkomendasikan

1. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Wisata Malang terfavorit pertama yang selalu menarik perhatian banyak wisatawan tentu saja Gunung Bromo. Tidak seperti kebanyakan gunung yang memiliki akses yang sulit, akses Gunung Bromo sudah dibuat sedemikian rupa untuk memudahkan wisatawan. Kamu bisa menuju daerah Gunung Bromo dengan kendaraan roda dua dan empat. Namun, saat memasuki kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, kamu harus menyewa mobil jeep yang sudah tersedia. Beberapa lokasi yang kerap dikunjungi yakni sunset point, Bukit Widodaren, kawah Bromo, Pura Poten, savana Bromo, dan pasir berbisik. Dijamin semua aktivitas di sini akan membuat kalian terpana dengan alam yang mengagungkan.

2. Jatim Park

Sumber: Google oleh Chan S

Jawa Timur Park atau Jatim Park merupakan salah satu wisata di Malang yang sangat populer dan sangat cocok untuk wisata bersama keluarga. Jatim Park sendiri terbagi menjadi 3, yaitu Jatim Park I, Jatim Park II, dan Jatim Park III. Ketiganya menawarkan pengalaman wisata yang berbeda-beda. Jatim Park I memiliki konsep taman bermain dengan lebih dari 50 wahana yang dipadukan dengan taman edukasi sehingga cocok sekali jika kamu mengajak anak-anak. Sedangkan Jatim Park II didesain sebagai museum sekaligus konservasi satwa modern. Lalu yang terakhir Jatim Park III merupakan taman bermain dan museum dengan tema yang jauh berbeda. Kalian bisa menemukan wahana unik seperti The House of Zombie, Dino Park, Ice Age, hingga Museum Musik Dunia. Keren sekali, bukan?

3. Museum Angkut

Sumber: Google oleh A RS

Destinasi wisata selanjutnya yang tidak jauh dari Kota Malang yaitu Museum Angkut. Museum angkut merupakan museum transportasi yang memiliki lebih dari 300 koleksi angkutan baik tradisional maupun modern. Museum ini juga memamerkan mobil sejarah seperti kendaraan yang digunakan Presiden Pertama Republik Indonesia Soekarno. Dengan lahan seluas 3 hektar lebih ini, terdapat berbagai jenis moda transportasi yang dibagi menjadi beberapa zona. Di antaranya adalah Pasar Apung Nusantara, Zona Sunda Kelapa, Zona Eropa, Zona Gangster Town, hingga Zona Istana Buckingham. Kamu bisa belajar sejarah dari setiap angkutan serta berfoto dengan latar belakang yang unik.

4. Taman Rekreasi Selecta

Sumber: selectawisata.id

Taman Rekreasi Selecta jadi wisata Malang terfavorit yang menawarkan wisata alam taman bunga berwarna warni dengan berbagai wahana menarik yang sangat cocok untuk liburan keluarga. Taman seluas 18 hektar ini berada di ketinggian 1.100 mdpl sehingga memiliki udara yang sejuk khas dataran tinggi. Cocok sekali untuk kamu yang ingin keluar dari panasnya perkotaan. Ratusan bunga ditata dengan sangat cantik sehingga memberikan pemandangan yang sangat memukau. Namun perlu diperhatikan bahwa pengunjung dilarang untuk memetik bunga-bunga tersebut. Selain itu ada wahana bermain anak dan dewasa seperti bianglala, sepeda udara, sepeda air, flying fox, kolam renang, dan lain-lain.

5. Pantai Tiga Warna

Sumber: malangstrudel.com

Pantai Tiga Warna memiliki gradasi 3 warna yang terdiri dari biru, hijau, dan coklat kemerahan. Warna-warna tersebut mengacu pada kedalaman perairan di sana. Warna biru pada bagian terdalam, hijau pada bagian terdangkal, dan cokelat kemerahan pada pasir pantai. Pantai Tiga Warna memiliki ombak yang cenderung tenang sehingga aman untuk berenang dan merupakan satu-satunya spot snorkeling di Malang. Selain itu, wisatawan juga bisa berkemah serta trekking di kawasan hutan mangrove yang masih satu area dengan Pantai Tiga Warna. Persiapkan fisik kalian untuk pengalaman seru yang maksimal.

Tips Sehat saat Pergi Wisata

Jika kamu memutuskan liburan ke tempat wisata Malang terfavorit yang cenderung memiliki suhu dingin, ada baiknya kamu mempersiapkan kondisi tubuh dengan baik. Hal ini berguna agar tubuh tidak kaget dengan perubahan suhu yang drastis. Ketika suhu tubuh kamu ikut turun bahkan lebih rendah dari suhu lingkungan, tubuh akan lebih rentan terkena penyakit menular karena imun yang melemah. Kamu bisa mengikuti beberapa tips sehat saat pergi wisata ke Malang berikut ini:

Jangan Bepergian Jauh ketika Tubuh Tidak Fit

Jika tubuh kamu terasa tidak fit, jangan memaksakan diri untuk bepergian jauh atau beraktivitas fisik terlalu berat. Hal ini tentunya akan membuat kondisi badan semakin rentan dan rencana liburan pun akan sia-sia. Selain mempersiapkan budget, barang bawaan, serta itinerari untuk berlibur, jangan lupa perhatikan kesehatan tubuh keluarga.

Siapkan Obat-obatan Pribadi

Sebagai salah satu barang bawaan penting, jangan lupa siapkan obat-obatan pribadi saat akan berlibur terutama jika kamu memiliki penyakit tertentu. Walaupun kamu bisa menemukannya di toko obat mana saja, ada baiknya jika kamu mempersiapkannya sejak dari rumah untuk mempercepat pertolongan pertama.

Cukupi Asupan Makanan dan Minuman

Untuk menjaga badan agar tetap fit selama liburan, pastikan kamu tetap menjaga asupan makanan yang cukup untuk tubuh. Pilih menu makan bergizi lengkap untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Jangan lupa untuk banyak minum air putih agar tubuh tetap terhidrasi dan tidak mudah lelah.

Bila perlu, kamu juga bisa menambah nutrisi tubuh dan menjaga badan tetap prima dengan menambahkan suplemen dalam pola makan selama liburan. Enervon-C Tablet merupakan suplemen yang mengandung multivitamin seperti vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, serta vitamin B12. Dengan memenuhi asupan nutrisi tubuh, kamu telah mendukung daya tahan tubuh tetap kuat bahkan saat menghadapi perubahan suhu di Malang. Dapatkan produknya dari toko resmi Enervon di Tokopedia dan Shopee.

Featured Image - batu-malang.com