Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan 17.508 pulau yang dihuni lebih dari 360 suku bangsa. Hal ini membuat Indonesia kaya akan keragaman suku, bahasa, budaya, serta pemandangan alam yang sangat indah. Tidak heran jika banyak wisata yang tersebar di seluruh pelosok negeri mulai dari wisata alam, wisata budaya, hingga wisata kulinernya. Salah satu wisata unik yang menjadi daya tarik bagi wisatawan yaitu kampung wisata. Kampung wisata sendiri merupakan konsep wisata yang mengajak wisatawan untuk berinteraksi dengan masyarakat lokal dan merasakan kehidupan desa yang autentik. Berikut daftar destinasi kampung wisata yang unik di Indonesia.

Pilihan Destinasi Kampung Wisata Unik di Indonesia

1. Kampung Wae Rebo, Nusa Tenggara Timur

Kampung wisata pertama yaitu Kampung Wae Rebo yang merupakan desa adat terpencil di ketinggian 1.200 mdpl. Kampung ini berada di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Keunikan dari kampung ini yakni hanya memiliki tujuh rumah adat utama yang disebut Mbaru Niang. Kampung Wae Rebo kini sudah berusia 1200 tahun dan memasuki generasi ke 20. Di kampung ini kamu bisa menikmati keindahan pegunungan yang mengelilingi desa serta Hutan Todo yang rindang. Kamu juga bisa menyaksikan secara langsung budaya serta tradisi kehidupan masyarakat setempat.

2. Kampung Wisata Arborek, Papua

Sumber: asset.kompas.com

Kampung Wisata Arborek merupakan salah satu desa di Distrik Meos Mansar, Raja Ampat, Papua. Keindahan panorama dari desa ini kerap menjadi destinasi kampung wisata bagi wisatawan lokal maupun asing. Desa dengan luas sekitar 7 hektar ini juga menjadi kampung terbersih se-Papua Barat pada tahun 2017. Kamu bisa menikmati pemandangan alam, laut, ikan, dan terumbu karangnya yang indah. Di laut Arborek wisatawan bisa snorkeling dan melihat penyebaran pari manta atau ikan pari besar yang sangat memukau.

3. Kampung Kete Kesu, Sulawesi Selatan

Sumber: asset.kompas.com

Kampung Kete Kesu adalah kampung wisata unik yang berlokasi di Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Keunikan dari desa ini ada pada rumah adat Tongkonan yang berjajar rapi dan diperkirakan berusia sekitar 300 tahun. Namun, salah satu rumah adat Tongkonan telah diubah menjadi museum yang berisi benda-benda bersejarah peninggalan terdahulu. Ada juga bukit yang merupakan situs pemakaman kuno yang diperkirakan berusia 700 tahun. Upacara pemakaman adat Toraja ini sangat terkenal, di mana jenazah diletakkan di tebing dan gua yang berada di belakang desa atau disebut Rambu Solo.

4. Desa Ubud, Bali

Sumber: asset.kompas.com

Desa Ubud yang terletak di Gianyar, Bali ini tentu sudah tidak asing lagi karena sudah terkenal hingga ke mancanegara. Ubud menawarkan keindahan alam lereng bukit yang hijau, sawah berundak, dan sungai-sungai yang jernih. Selain pesona alamnya, Desa Ubud juga menawarkan karya seni dengan nilai tinggi mulai dari seni lukis, ukir, patung, tari, hingga kerajinan tangan unik yang dihasilkan seniman lokal. Keistimewaan lainnya adalah banyak pura bersejarah, salah satunya Pura Tirta Empul Tampak Siring yang menjadi destinasi favorit bagi wisatawan.

5. Desa Penglipuran, Bali

Sumber: sohib.indonesiabaik.id

Desa Penglipuran berhasil memikat wisatawan lokal dan mancanegara dengan suasana tradisional Bali yang autentik. Desa ini memiliki tanaman jalan serta arsitektur rumah tradisional yang bersih, rapih, dan indah. Desa ini pernah dinobatkan sebagai salah satu desa terbersih di dunia versi majalah Conde Nast Traveler. Kampung unik ini masih sangat menjunjung nilai tradisi para leluhurnya sehingga konsep tata ruangnya pun mengusung konsep Tri Mandala. Kamu bisa menyaksikan upacara adat, berinteraksi dengan penduduk setempat, dan menjelajahi keindahan alam sekitar.

6. Kampung Wisata Pentingsari, Yogyakarta

Sumber: visitingjogja.jogjaprov.go.id

Kampung wisata lainnya yang tak kalah menarik untuk dijadikan destinasi yaitu Desa Pentingsari yang berada di Yogyakarta. Keindahan desa ini telah berhasil menyabet segudang penghargaan bergengsi. Mulai dari Indonesia Sustainable Tourism Award 2017, hingga 100 Top Destinasi Pariwisata Berkelanjutan Dunia di tahun 2019. Desa ini menawarkan kegiatan wisata unik berupa pembelajaran dan interaksi tentang alam, lingkungan hidup, kehidupan sosial budaya, serta seni tradisi khas pedesaan di lereng gunung Merapi.

Tips Sehat Menjelajahi Kampung Wisata Keren di Atas

Liburan memang waktunya bersenang-senang, tetapi bukan berarti kamu mengabaikan pola makan serta kebiasaan tidak sehat lainnya. Hal ini bisa saja mengganggu stamina tubuh yang akhirnya membuat kamu tumbang dan liburan menjadi kacau. Agar kamu tidak mudah lelah saat berlibur, kamu perlu bisa mengikuti beberapa tips berikut ini:

  • Banyak minum air putih: Saat liburan, tubuh melakukan aktivitas dengan intensitas tinggi dan tubuh membutuhkan lebih banyak air. Meskipun kamu jalan-jalan ke tempat bersuhu rendah sekalipun, hidrasi tubuh harus terjaga. Bawa botol pribadi agar akses air putih kamu lebih praktis.
  • Jaga pola makan: Meskipun mencicipi menu lokal sangat menyenangkan, kamu tetap harus tahu batasan, baik jumlah maupun frekuensinya, dan menghindari makanan yang dapat mengganggu kesehatan.
  • Istirahat yang cukup: Untuk kamu yang melakukan banyak kegiatan selama menjelajahi kampung wisata, istirahat atau tidur cukup adalah keharusan. Selain untuk mengembalikan energi esok harinya, tips ini juga akan menurunkan risiko tubuh terlalu lelah dan menurunnya daya tahan tubuh.

Jika perlu, kamu bisa menambah asupan makan dari konsumsi suplemen saat berlibur agar tubuh tidak mudah lelah. Enervon-C Tablet bisa kamu jadikan pilihan karena mengandung multivitamin yang menjaga daya tahan tubuh tetap prima, terutama saat kamu memiliki aktivitas padat. Dalam setiap tabletnya, kamu akan mendapatkan vitamin C (500 mg), vitamin B1 (50 mg), B2 (25 mg), B6 (10 mg), B12 (0,005 mg), mineral niacinamide (50 mg), dan kalsium pantotenat (20 mg). Lengkap sekali, bukan? Dapatkan produknya secara resmi dari Tokopedia dan Shopee Enervon.

Featured Image - Google oleh Maria Melani Ika