Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung sampai saat ini, membuat banyak orang lebih takut untuk keluar rumah. Terlebih lagi saat pembatasan sosial diberlakukan selama beberapa bulan lalu, sebagian besar orang jadi menghabiskan waktunya di rumah saja.

Untuk mengisi waktu luang, kamu bisa memanfaatkannya dengan membangun sebuah bisnis. Salah satu yang bisa dilakukan adalah bisnis kuliner.

Memulai bisnis kuliner merupakan bisnis yang tergolong mudah dijalankan, mulai dari makanan maupun minuman. Jika kamu merasa tidak begitu jago memasak, kamu bisa menjadi reseller berbagai jenis makanan siap saji atau minuman kekinian.

Setelah itu, kamu bisa mempromosikan bisnismu di media sosial. Terlihat menggiurkan ya? Nah, untuk kamu yang tertarik untuk membangun bisnis ini, berikut tips yang bisa kamu ikuti:

Credit: irdresearch.com

Tentukan Jenis Kuliner

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah tentukan jenis kuliner apa yang ingin kamu jual. Di awal membangun bisnis, sebaiknya fokus pada satu kuliner saja. Dan kamu bisa mulai dengan kuliner yang paling kamu sukai atau yang paling jago kamu buat.

Lalu, lihat kuliner apa yang sedang tren saat ini. Kuliner yang populer akan lebih mudah dijual karena minat masyarakat pun sedang tinggi.

Siapkan Alat dan Bahan

Kamu bisa menggunakan alat dan bahan yang ada di rumah, bahkan kamu bisa mengikuti resep yang ada di internet.

Ketika mencoba resep yang ada di internet, selalu sesuaikan dengan indera perasa karena terkadang takaran dari resep tersebut belum tentu pas. Buatlah setiap masakan dari hati agar rasa nikmatnya terasa bagi para penikmatnya.

Cicipi Rasa

Pastikan hasil masakanmu sudah benar- benar mendapatkan rasa yang nikmat dan pas sebelum dijual. Kamu dapat uji coba ke orang terdekat terlebih dahulu, untuk mendapatkan pendapat seperti apa yang harus ditambah atau dikurangi.

Setelah mendapatkan rasa yang pas, kamu bisa mengemas makanannya dengan cantik agar semakin menarik perhatian.

Credit: blog.tracyjonglawfirm.com

Lakukan Promosi

Foto hasil makanan dan promosikan ke media sosial. Berikan caption yang menarik dan menggoda agar orang- orang semakin penasaran dengan makanan yang kamu jual.

Kamu juga bisa melakukan promosi secara pribadi dengan mengirim pesan personal ke rekan kerja atau teman dekatmu.

Bagikan ke Teman- Teman

Bagikan makananmu kepada teman- teman dan minta mereka untuk mengunggahnya ke media sosial. Promosi melalui media sosial ini dapat orang semakin mengenal kulinermu dan meningkatkan penjualan.

Nah, bagaimana? Apakah kamu sudah siap untuk membangun bisnis kuliner di tengah pandemi ini? Jangan lupa, untuk tetap perhatikan kebersihan ya, agar kesehatan dan keamanan kamu dan calon pelangganmu tetap terjamin!

 

Featured Image - create.net

Source - cnnindonesia.com