Virus dan bakteri memang dapat menempel atau bersarang di berbagai benda yang ada di sekitar, terutama jika benda tersebut sering disentuh oleh banyak orang dan jarang dibersihkan.

Ada banyak benda yang bisa menjadi tempat menempelnya virus- virus, salah satunya adalah smartphone yang paling sering disentuh dan digunakan seharian. Bahkan, kandungan bakteri yang ditemukan di HP jumlahnya 10 kali lipat lebih banyak daripada toilet duduk!

Jika terus tidak rutin dibersihan, bisa- bisa smartphonemu bisa jadi sarangnya virus, termasuk Covid-19 dan membahayakan kesehatan dirimu. Kamu tentu tidak ingin hal ini terjadi kan?

Untuk itu, sebaiknya rajin bersihkan layar smartphone secara rutin agar tetap terhindar dari paparan virus. Berikut ini rangkuman mengenai tips membersihkan smartphone yang bisa kamu ikuti!

Credit: scitechdaily.com

Gunakan Cairan Pembersih Khusus

Agar smartphone kamu tidak rusak atau mengalami hal- hal yang tidak diinginkan, coba bersihkan bagian layarnya saja. Kamu dapat menggunakan cairan pembersih khusus untuk layar handphone.

Cairan pembersih khusus ini mengandung campuran bahan kimia tertentu yang berfungsi untuk menghilangkan kotoran pada bagian layar smartphone tanpa menimbulkan kerusakan tertentu.

Sebagai Alternatif, Gunakan Air dan Alkohol

Biasanya, layar merupakan bagian smartphone yang paling kotor karena sering disentuh. Nah, jika kamu tidak memiliki cairan pembersih khusus, kamu dapat menggunakan campuran air dan alkohol sebagai alternatif.

Kamu cukup campurkan air dan alkohol isoprophil 70% ke dalam botol, lalu semprotkan cairan tersebut pada kain microfiber yang digunakan untuk mengelap layar smartphone. Dengan cara ini, smartphone bisa lebih bersih, namun tetap aman dari kerusakan.

Bisa Juga Menggunakan UV Smartphone Sanitizer

Untuk kamu yang suka hal praktis, bisa juga membersihkan layar smartphone dengan menggunakan UV smartphone sanitizer atau perangkat pembersih ultraviolet khusus untuk smartphone kamu.

Selain praktis, cara ini juga termasuk paling efrktif untuk membersihkan smartphonemu, karena memiliki blitzing UV yang ampuh membunuh kuman.

Credit: thespruce.com

Gunakan Cotton Bud Untuk Membersihkan Celah Smartphone

Untuk menjangkau area yang lebih kecil, gunakan bantuan cotton bud untuk membersihkannya. Karena, cotton bud memiliki permukaan yang lebih kecil, sehingga mudah menjangkau bagian pinggiran handphone hingga lubang speaker.

Atau kamu juga dapat membersihkan smartphone menggunakan tisu basah yang mengandung cairan antiseptik.

Kedua cara tersebut dapat membantu membersihkan smartphone dari debu dan juga kuman yang menempel.

Sebaiknya Pakai Kain Fiber Khusus

Kain fiber memang dibuat khusus untuk membersihkan berbagai permukaan barang, terutama barang elektonik seperti layar komputer, laptop, televisi, dan smartphone.

Cara menggunakannya, kamu perlu mematikan handphonemu terlebih dahulu. Lalu, tuangkan sedikit air bersih ke permukaan layar, dan lap dengan lembut menggunakan kain fiber.

Nah, itu dia 5 tips membersihkan layar smartphone agar tetap bebas dari Covid-19 dan berbagai virus maupun bakteri lainnya. Yuk, mulai sekarang selalu bersihkan ponsel kamu ya, apalagi setelah keluar rumah!

 

Featured Image - healthline.com

Source - popmama.com