kesehatan paru- paru.

Sistem pernapasan tubuh, termasuk paru- paru, memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara utuh. Paru- paru berperan untuk menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dalam darah.

Agar kesehatan paru- paru tetap terjaga, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan. Termasuk salah satunya mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi. Berikut ini sejumlah makanan yang dapat menjaga kesehatan pernapasan di tengah pandemi.

7 Buah Untuk Bantu Menjaga Kesehatan Pernapasan

Jaga Kesehatan Pernapasan Selama Pandemi, Konsumsi 7 Makanan Ini! / Credit: mz-store.com

Buah Bit

Bit mengandung senyawa nitrat yang sudah terbukti dapat menjaga kesehatan paru- paru. Senyawa tersebut dapat membantu mengendurkan pembuluh darah dan membantu proses pengambilan oksigen.

Buah bit juga mengandung magnesium, potassium, vitamin C, dan antioksidan yang juga dapat mengoptimalkan fungsi paru- paru.

Apel

Apel merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin C dan flavonoid yang ikut berkontribusi untuk mengurangi risiko terkena asma dan kanker paru- paru.

Dan sejumlah penelitian menemukan bahwa dengan rutin mengonsumsi 5 buah apel setiap minggunya, dapat membantu menjaga fungsi paru- paru dan menurunkan risiko penyakit paru obstruktif kronis (COPD).

Labu

Labu mengandung berbagai senyawa baik seperti karotenoid, beta karoten, lutein, dan zeaxanthin yang bersifat antioksidan dan antiinflamasi. Sehingga, sejumlah kandungan tersebut dapat memelihara kesehatan fungsi paru- paru, terutama pada orang dewasa.

Tomat

Tomat adalah salah satu sumber likopen dan karotenoid terbaik. Kedua kandungan tersebut diketahui dapat menjaga kesehatan paru- paru.

Mengonsumsi tomat terbukti dapat mengurangi peradangan pada saluran pernapasan dan meningkatkan fungsi paru pada orang yang memiliki kondisi kesehatan, seperti penyakit paru obstruktif kronis (COPD).

Jaga Kesehatan Pernapasan Selama Pandemi, Konsumsi 7 Makanan Ini! / Credit: review.bukalapak.com

Edamame

Kacang edamame memang dikenal dengan kandungan isoflavon, yang termasuk dalam senyawa antioksidan. Kandungan isoflavon dalam edamame dapat menurunkan risiko berbagai penyakit termasuk penyakit paru obstruktif kronis (COPD), membantu meningkatkan fungsi paru- paru, hingga mengurangi gejala sesak napas.

Minyak Zaitun

Selain baik untuk kesehatan jantung, minyak zaitun juga baik untuk paru- paru. Dari penelitian yang melibatkan 871 peserta, ditemukan bahwa asupan minyak zaitun secara efektif dapat menekan risiko asma.

Selain itu, minyak zaitun yang dikonsumsi secara tepat bisa memberikan manfaat baik bagi paru- paru perokok dan orang dengan penyakit paru obstruktif kronis (COPD).

Kakao

Produk kakao dan cokelat dikenal dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Selain itu, kakao juga mengandung senyawa theobromine, untuk membantu mengendurkan saluran udara di paru- paru.

Rutin mengonsumsi kakao dalam porsi yang tepat, dapat menurunkan risiko gejala pernapasan akibat alergi dan melindungi paru- paru dari pertumbuhan sel kanker.

Nah, dari sejumlah penjelasan di atas, makanan- makanan tersebut memang baik untuk kesehatan paru- paru ya. Mulai sekarang kamu bisa rutin mengonsumsi 7 makanan ini agar kesehatan pernapasan semakin terjaga!

 

Featured Image - goodhousekeeping.com

Source - cnnindonesia.com