Sistem kekebalan tubuh merupakan poin penting untuk menjaga tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Ya, kalimat ini kerap didengar dan dibicarakan. Apalagi, di masa pandemi Covid-19, tak henti- hentinya kamu disarankan untuk memelihara imunitas tubuh.

Selain melakukan aktivitas fisik dan memenuhi waktu istirahat yang cukup, makanan yang kamu konsumsi sehari- hari pun ikut berkontribusi dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Apa pun yang kamu makan – ini dapat memengaruhi kemampuan tubuh dalam melawan berbagai zat asing berbahaya.

Makanan sehat, seperti sayur dan buah sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Keduanya dikenal baik dalam memelihara sistem kekebalan tubuh. Lalu, bagaimana dengan makanan lainnya? Ada beberapa makanan yang mesti kamu hindari, karena kandungan nutrisinya yang kurang seimbang.

Selain itu, sejumlah makanan tersebut pun dapat memicu penurunan imunitas tubuh kamu. Jadi, apa saja sejumlah makanan yang dapat melemahkan imunitas tubuh?

Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

 

6 Makanan yang Dapat Menurunkan Imunitas Tubuh

Imunitas Jadi Perlindungan Utama, Hindari 6 Makanan yang Bisa Menurunkannya / Credit: verywellfit.com

Permen

Sudah tahukah kamu bahwa makanan yang kerap dijadikan camilan ini ternyata dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh? Ya, ternyata permen kurang baik untuk kesehatan tubuh kamu.

Pasalnya, permen mengandung tinggi gula olahan. Dan, sejumlah studi pun sudah menemukan bahwa gula olahan bisa meningkatkan peradangan dalam tubuh – yang memberi dampak negatif terhadap sistem kekebalan tubuh.

Sebagai pengganti permen, kamu dapat mengonsumsi buah beri yang memiliki pemanis alami. Selain itu, buah beri kaya akan vitamin – salah satunya vitamin C, yang dikenal mampu menjaga daya tahan tubuh dan melawan peradangan.

 

Soda

Layaknya permen, minuman bersoda atau minuman manis kemasan memiliki kandungan gula dan kalori yang tinggi. Keduanya dapat memicu peningkatan berat badan dan risiko obesitas – bagi mereka yang mengalami kondisi ini, kekebalan tubuhnya berisiko menurun.

Kamu dianjurkan untuk minum jus buah yang sehat. Misalnya, jus jeruk yang kaya akan antioksidan – zat yang berperan dalam melawan radikal bebas dan mengurangi risiko terjadinya kerusakan sel tubuh.

 

Imunitas Jadi Perlindungan Utama, Hindari 6 Makanan yang Bisa Menurunkannya / Credit: nytimes.com

Gorengan

Hampir sebagian besar orang pasti menyukai gorengan. Makanan yang satu ini sulit sekali untuk ditolak. Mengingat gorengan memiliki tekstur renyah dan rasa gurih. Tapi sayangnya, kandungan lemak tinggi dalam gorengan justru dapat memengaruhi kekebalan tubuh.

Alih-alih menggoreng makanan, kamu bisa mengolah makanan dengan cara dipanggang. Sudah pasti lebih sehat, ya.

 

Fast Food

Sepertinya bukan hal baru lagi, kalau makanan cepat saji tidak baik untuk kesehatan. Jenis makanan ini sangat tinggi kalori, kaya akan lemak jenuh berbahaya, natrium, dan gula yang tidak baik untuk sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, makanan cepat saji dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes tipe-2 dan gangguan pada jantung.

 

Imunitas Jadi Perlindungan Utama, Hindari 6 Makanan yang Bisa Menurunkannya / Credit: timesofindia.indiatimes.com

Sodium

Meski sulit dihindari, tetapi asupan sodium – dari garam lebih tepatnya – mesti dibatasi. Mengonsumsi sodium secara berlebih, dapat meningkatkan tekanan darah, dan menekan fungsi kekebalan.

Jika kamu ingin mengonsumsi makanan kemasan, disarankan untuk memilih makanan dengan kandungan sodium yang tidak lebih dari 600 mg.

 

Es Krim

Wah, ternyata es krim juga dapat menurunkan daya tahan tubuh, nih. Kandungan lemak jenuh dan gula yang ada di dalam es krim, ternyata dapat memicu terjadinya peradangan dalam tubuh. Hal inilah yang akhirnya membuat imunitas tubuh melemah.

Sebagai alternatif, kamu bisa konsumsi yogurt dan diberi tambahan buah-buahan favorit. Rasanya tidak kalah nikmat dengan es krim, kok.

 

 

Selalu Jaga Daya Tahan Tubuhmu, Terapkan Tips Ini

Imunitas Jadi Perlindungan Utama, Hindari 6 Makanan yang Bisa Menurunkannya / Credit: diet.ind.in

Sebenarnya, memelihara daya tahan tubuh bisa kamu lakukan dengan menerapkan pola hidup sehat. Hal ini termasuk mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, memenuhi kebutuhan cairan tubuh, melakukan aktivitas fisik, dan kelola stres dengan baik.

Jadi, tidak hanya menghindari sejumlah makanan di atas, ya. Tapi, kamu perlu mengimbanginya dengan menerapkan sejumlah cara lainnya.

Nah, agar semakin maksimal, kamu bisa minum multivitamin, seperti Enervon-C, lho! Mengapa sih mesti Enervon-C?

Karena, Enervon-C merupakan multivitamin dengan sejumlah kandungan vitamin seperti Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat.

Sejumlah kandungan tersebut mampu menjaga daya tahan tubuhmu, biar nggak gampang sakit. Bahkan, kandungan vitamin B kompleks nya dapat mengoptimalkan proses metabolisme tubuh kamu, lho. Jadi, makanan yang dikonsumsi dapat diubah menjadi energi.

Wah, sudah daya tahan tubuh makin terjaga, ditambah kamu makin produktif karena energi tubuh dapat bertahan lebih lama. Jadi, tunggu apa lagi? Kamu memang dianjurkan untuk minum Enervon-C setiap hari, ya, untuk mendukung kesehatan.

 

Berdasarkan penjelasan di atas, sebaiknya batasi dan hindari konsumsi sejumlah makanan di atas, sehingga daya tahan tubuh tetap terjaga dan kamu aman dari ancaman berbagai penyakit!

 

Featured Image - bgr.com

Source - cnnindonesia.com