Bosan dengan tampilan meja kerja yang hanya dihiasi dengan alat-alat tulis atau memo? Jangan khawatir, kamu bisa menambahkan tanaman hias untuk mempercantik meja kerjamu. Jenisnya pun beragam mulai dari sukulen, monstera, lavender, hingga anthurium.

Tren mendekorasi ruangan dengan tanaman hias memang sedang populer. Banyak tanaman hias yang tidak perlu perawatan khusus dan mampu tumbuh di area dengan cahaya matahari tidak langsung, sehingga pas ditempatkan di meja kerja. Berikut rekomendasi tanaman hias yang cocok diletakkan di meja kerjamu.

 

 

7 Tanaman Hias Kecil yang Cocok Diletakkan Di Meja Kerja / Credit: thejakartapost.com

Tillandsia

Jenis tanaman hias pertama, tillandsia atau air plant merupakan kelompok tanaman asal bromeliaceae yang memiliki banyak spesies sekitar 500 jenis dan sudah banyak tumbuh di berbagai negara tropis termasuk Indonesia. 

Dikarenakan tillandsia bersifat tanaman udara, maka tidak begitu membutuhkan tanah sebagai media tanam. Mirip seperti anggrek, di alam liar tanaman ini  mudah dijumpai pada bagian pohon.

Selain itu, kebutuhan air tillandsia pun tidak sebanyak dan sesering tanaman lain. kamu  cukup memberinya setiap 2-3 minggu sekali asalkan mendapat cukup sinar matahari supaya tidak layu.

 

Aloe vera 

Lidah buaya adalah tumbuhan berdaging tebal genus aloe yang berasal dari Jazirah Arab dan masih satu keluarga dengan sukulen, serta sering dijadikan tanaman hias menggunakan pot kecil. 

Selain memiliki banyak manfaat, cara menanamnya pun cukup mudah, tempatnya anakannya ke berbagai media tanaman dan seperti pada umumnya yang perlu air, pupuk, serta cahaya matahari. Tapi disarankan, jangan beri air berlebihan supaya tidak cepat rusak.

 

Bambu mini

7 Tanaman Hias Kecil yang Cocok Diletakkan Di Meja Kerja / Credit: feng-shui.lovetoknow.com

Bambu mini, selain memiliki spesies yang berukuran besar, juga terdapat spesies mini yang biasa digunakan untuk tanaman hias. Tanaman ini cocok sebagai hiasan meja kantor karena perawatannya cukup mudah. Hanya perlu mencelupkan bambu ke dalam air dan menggantinya beberapa hari sekali jika sudah kotor.

 

Kaktus mini 

Pernah melihat kaktus mini dengan bunga berwarna-warni? Nah, kaktus mini itu bisa Moms jadikan penghias meja kerja di kantor juga. Selain bermanfaat untuk membersihkan udara, kaktus juga akan memperbaiki mood supaya lebih stabil.

Jangan terlalu sering disiram dan jangan terlalu banyak kena sinar matahari juga agar kaktus awet dan nggak cepat busuk. Untuk menyiramnya, juga hanya menggunakan semprotan.

 

Sirih gading 

7 Tanaman Hias Kecil yang Cocok Diletakkan Di Meja Kerja / Credit: haibunda.com

Tanaman yang satu ini memang tidak asing, sering ditemui di rumah-rumah untuk mempercantik ruangan. Selain mampu hidup di ruangan yang sangat gelap maupun terang. 

Perawatannya pun cukup mudah, sirih gading tetap hidup jika kamu lupa menyiramnya dalam waktu lama. Namun, perhatikan jika daunnya menguning, maka artinya tanaman ini terlalu banyak disiram. Sementara, jika daunnya tampak layu atau terkulai, maka tandanya harus disiram.

 

Lithops (living stone)

Lithops atau living stone adalah tanaman bergenus sukulen aizoaceae. Sekilas tampilan lithops memang menyerupai bebatuan atau kerikil yang hidup. Bentuknya sedikit bulat dengan corak abu-abu, sedikit coklat krem.

Habitat lithops biasa tumbuh alami di sekitar Namibia, Afrika Selatan ini tidak membutuhkan banyak air, asalkan ditempatkan pada tanah yang berdrainase baik serta intensitas cahaya matahari sedang, maka tanaman hias mini lithops dapat tumbuh subur.

 

Chinese money plant 

Chinese money plant atau nama ilmiahnya pilea peperomioides, identik dengan daunnya yang bulat dan unik.Tanaman ini memiliki bentuk seperti uang koin Tiongkok yang cocok disimpan di dalam ruangan yang tidak terkena matahari langsung. 

Tapi sesekali boleh menempatkan tanaman chinese money pada ruangan agak terbuka dengan konsistensi cahaya sedang seperti dekat jendela supaya tetap tumbuh maksimal dan perawatannya  cukup mudah, tidak boleh terlalu sering disiram.

 

 

Featured Image - metro.co.uk

Source- cnnindonesia.com