Mengutip dari cnnindonesia.com sejak Kamis 14 Januari 2021, sebagian wilayah di Kalimantan Selatan (Kalsel) dikepung banjir. Ketinggian air bervariasi hingga mencapai satu meter lebih. Jalur transportasi utama yang terputus sudah bisa dilalui.

Masa pandemi virus Corona terjadi berbarengan dengan kondisi cuaca yang tak menentu.  Kadang cerah, kadang hujan deras. Ancaman banjir datang pun tidak bisa dihindari, mengingat intensitas curah hujan yang cukup tinggi selama beberapa waktu belakangan.

Prof. Zubairi, dokter spesialis penyakit dalam, menyebutkan “banjir itu membuat kita gampang sakit, jadi harus jaga kesehatan. Yang terkait gejala Corona tentu dapat terserang batuk dan pilek. Namun, jika sudah terkena gejala ringan pencegahannya cukup tidur dan minum susu”. 

"Dan pada tahap ini, kalau ada pilek jangan ke dokter, obati sendiri saja. Kalau makin parah baru ke rumah sakit dan dokter," tambahnya.

Untuk itu penting sekali menjaga kesehatan agar tidak mudah terserah penyakit saat musim hujan di tengah pandemi. Simak tips berikut ini. 

 

 

Jaga kebersihan diri 

5 Tips Jaga Kesehatan di Tengah Situasi Banjir Selama Pandemi Covid-19 / Credit: liputan6.com

Tidak dapat dipungkiri banjir di tengah pandemi memunculkan berbagai penyakit. Oleh karena itu, menjaga kebersihan diri sangat penting agar terhindar dari kuman dan bakteri. Dengan selalu mandi dan membersihkan barang-barang setelah bepergian serta bersihkan diri setelah melewati genangan banjir. 

 

Jaga kebersihan lingkungan rumah

Tidak hanya memperhatikan kebersihan diri, kondisi lingkungan pun harus dijaga. Lingkungan yang kotor adalah sumber penyakit, penting selalu bersihkan lingkungan dan membuang sampah pada tempatnya. 

Jangan biarkan air menggenang dan membasmi tempat-tempat yang menjadi sarang nyamuk karena dapat menyebabkan demam berdarah.

 

Mengonsumsi makanan yang sehat  

5 Tips Jaga Kesehatan di Tengah Situasi Banjir Selama Pandemi Covid-19 / Credit: kompas.com

Makanan yang sehat dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga terhindar dari berbagai penyakit. Dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi seimbang dan memperhatikan kebersihan juga dapat mencegah diare yang kerap terjadi di saat banjir dan musim hujan.

 

Persiapkan obat-obatan

Banjir di tengah pandemi, menyebabkan terganggunya akses untuk mendapat obat dan berobat ke rumah sakit. Oleh karena itu, mempersiapkan P3K atau pertolongan pertama ketika muncul gejala serta obat-obatan di rumah. 

 

Menerapkan protokol kesehatan

Meski di tengah banjir pastikan semua kegiatan dilakukan dengan mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer. 

 

 

Jangan Lupa, Penuhi Kebutuhan Vitamin Harianmu Ya!

5 Tips Jaga Kesehatan di Tengah Situasi Banjir Selama Pandemi Covid-19 / Credit: blog.eurovia.mk

Menjaga kesehatan di tengah situasi banjir selama pandemi dengan menerapkan kelima tips di atas memang perlu dilakukan, lho. Tapi, jangan lupakan untuk terus penuhi kebutuhan harian kamu, terutama vitamin C! Seperti diketahui, vitamin C memiliki peran penting dalam menjaga imun tubuh, sehingga risiko tertular berbagai macam penyakit pun dapat diminimalisir. 

Terkait memenuhi kebutuhan vitamin C, dapat kamu lakukan dengan mengonsumsi sejumlah sayur dan buah tertentu, seperti jambu biji, jeruk, mangga, stroberi, kiwi, brokoli, bayam, dan kembang kol. 

Sayangnya, memenuhi kebutuhan vitamin C dari sayur dan buah belum tentu cukup! Untuk itu, kamu dianjurkan untuk minum suplemen vitamin C secara rutin. Kamu direkomendasikan minum Enervon-C setiap hari. 

Mengapa mesti Enervon-C? 

Enervon-C mengandung vitamin lengkap, seperti Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh kamu agar tidak mudah sakit. 

Kamu dapat minum Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C yang lebih tinggi, yaitu 1000 mg

 

 

 

Selama pandemi, yuk selalu jaga kesehatan tubuh kamu, salah satunya dengan menerapkan kelima tips di atas, serta penuhi kebutuhan vitamin harian! Hal ini bisa bantu menjaga imunitas, agar tak mudah tertular penyakit, termasuk Covid-19.

 

Featured Image - kinipaham.com

Source - cnnindonesia.com