Di Indonesia jumlah kasus Covid-19 terus bertambah. Begitu pula dengan jumlah pasien yang sembuh dan meninggal. Guna memutus mata rantai penyebaran virus Corona, pemerintah mewajibkan masyarakat untuk berdiam di rumah dan menerapkan protokol kesehatan jika melakukan aktivitas di luar. 

Di masa pandemi ini dianjurkan untuk selalu menjaga kesehatan tubuh. Salah satu aktivitas yang bermanfaat untuk meningkatkan imunitas guna mencegah terpaparnya virus Corona yaitu berjemur. 

Sebab sinar matahari pagi menghasilkan sinar UV (ultraviolet) yang menyentuh permukaan kulit untuk diubah oleh tubuh menjadi vitamin D. Vitamin D sendiri berfungsi untuk metabolisme kalsium, imunitas tubuh, serta mentransmisi kerja otot dengan saraf. 

 

 

Lalu, Kapan Waktu yang Tepat untuk Berjemur? 

Berjemur Bisa Tingkatkan Imunitas, Kapan Waktu Terbaik Melakukannya? / Credit: pikiran-rakyat.com

Belakangan ini terjadi perdebatan di media sosial mengenai waktu yang tepat untuk berjemur, apakah di atas jam 10 atau di bawah jam 10 agar mendapatkan hasil vitamin D dari paparan sinar matahari. 

Menurut dokter spesialis kulit dan staf pengajar di Departemen Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin FK UNPAD/RS Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, dr R.M. Rendy Ariezal Effendi, SpDV, "Kalau tujuannya untuk mendapatkan vitamin D, anjuran berjemur di atas jam 10 bisa saja dilakukan. Tapi dari sisi kesehatan kulit, ada resikonya,"

Pagi hari memang waktu yang paling tepat untuk berjemur, dianjurkan melakukannya mulai dari jam 10 hingga jam 11 siang. Jika kamu rutin berjemur di waktu yang tepat ini, setidaknya dua hingga tiga kali dalam seminggu tubuh akan mendapatkan asupan vitamin D dalam jumlah yang cukup.

Namun perlu diingat. Rentang waktunya pun hanya antara 10 sampai 15 menit saja untuk mencegah kerusakan atau kulit terbakar akibat paparan sinar matahari berlebih.

 

Tips Berjemur di Pagi Hari 

Berjemur Bisa Tingkatkan Imunitas, Kapan Waktu Terbaik Melakukannya? / Credit: scienceinschool.org

Jika sudah berniat untuk berjemur, ada beberapa tips yang harus kamu ketahui, berikut diantaranya. 

  • Kenakan baju berwarna terang seperti putih, kuning, atau hijau agar tidak mudah merasa gerah dan tubuh nyaman.
  • Gunakan topi dan kacamata untuk menghindari dari paparan langsung sinar matahari.
  • Gunakan tabir surya (sunblock/sunscreen) dengan kandungan SPF 30 atau lebih. Oleskan di kulit yang terpapar matahari 20–30 menit sebelum berjemur.
  • Pastikan kulit tangan dan kaki terkena sinar matahari.

 

 

Tips Lain Tingkatkan Imunitas Tubuh

Berjemur Bisa Tingkatkan Imunitas, Kapan Waktu Terbaik Melakukannya? / Credit: self.com

Selain rutin berjemur untuk meningkatkan kekebalan tubuh, kamu juga perlu mengimbanginya dengan sejumlah cara lain agar kesehatan semakin terjaga secara maksimal. Lalu, apa saja hal lain yang bisa dilakukan? 

Pastikan kamu sudah mengonsumsi makanan bergizi, Enervon-C setiap hari. 

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang berperan penting untuk menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit. 

Kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C juga dapat optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi dapat diubah menjadi energi untuk beraktivitas seharian. Jadi, nggak perlu takut mudah sakit atau gampang lelah nih. 

Enervon-C Effervescent yang mengandung Vitamin C 1000 mg!

 

 

Itulah penjelasan dari waktu terbaik untuk berjemur. Hindari melakukannya terlalu lama karena berisiko pada kerusakan kulit dan meningkatkan kanker kulit.

 

Featured Image - rukita.co

Source - detik.com