Seperti diketahui, aktivitas fisik alias olahraga memang dapat bantu menjaga kesehatan tubuh – sekaligus mempertahankan imunitas.

Di tengah program vaksinasi yang gencar dilakukan, mungkin ada yang berpikir bahwa kebugaran tubuh dapat makin terjaga dengan berolahraga, bahkan usai vaksin sekalipun.

Tapi, apakah olahraga aman dilakukan setelah diberi suntikan vaksin Covid-19? Mengingat, ada kemungkinan efek samping ringan yang mungkin dialami usai vaksin – dan bisa memengaruhi stamina tubuh, misalnya menjadi mudah ngantuk.

 

 

Usai Vaksin Covid-19: Bolehkah Melakukan Olahraga?

Credit Image - liputan6.com

Dikutip dari Detik, ahli penyakit infeksius – dr David Wyles dari Denver Health menjelaskan vaksin memang dapat menimbulkan efek samping, namun hanya bersifat ringan. Efek tersebut dapat sembuh dan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari, sehingga kondisi ini tak menghalangi seseorang untuk beraktivitas seperti biasa.

Berlaku juga pada aktivitas olahraga yang dilakukan usai mendapat vaksin. Hal ini tidak berbahaya – asalkan dilakukan dalam intensitas ringan, terutama bagi peserta vaksin yang mengalami efek samping. Misalnya, lengan terasa nyeri tapi bagian tubuh lainnya tak bermasalah, maka bisa lakukan olahraga yang berfokus pada bagian kaki.

Atau, jika tubuh menjadi lemas usai vaksinasi – pilih olahraga yang tidak terlalu menuntut fisik, seperti jalan kaki. Intinya, selama efek samping bisa ditolerasi – maka olahraga tetap bisa dilakukan.

 

Pastikan Tubuh Beristirahat yang Cukup

Credit Image - alodokter.com

Agar vaksin dapat bekerja dengan baik di dalam tubuh – usahakan untuk miliki waktu tidur berkualitas, baik sebelum dan sesudah vaksin. Calon peserta vaksin, perlu mendapatkan tidur yang baik dahulu, setidaknya lebih dari enam jam. Lakukan hal ini sekitar dua malam sebelum hari vaksinasi.

Kemudian, untuk meminimalkan efek samping vaksinasi dan mengoptimalkan respons imunitas – setiap peserta vaksin juga harus tidur yang cukup setelah vaksin.

Secara garis besar – tidur yang cukup memang memiliki berbagai manfaat baik untuk kesehatan, termasuk kekebalan tubuh. Tapi, pastikan kebiasaan baik ini dibarengi dengan berbagai gaya hidup sehat lainnya.

 

Jaga Daya Tahan Tubuh, Terapkan Langkah Ini

Credit Image - halodoc.com

Agar kesehatan semakin terjaga – imbangi pula dengan berbagai hal lainnya, seperti menjalani pola makan sehat, olahraga teratur, hingga hindari atau kelola stres secara baik.

Selain itu, disarankan pula untuk rutin mengonsumsi suplemen maupun multivitamin – terlebih, yang punya kandungan vitamin C! Tapi, suplemen seperti apa yang direkomendasikan?

Kamu dapat mengonsumsi multivitamin Enervon-C – yang mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat. Deretan vitamin ini dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Bagimu yang ingin perlindungan ekstra, dapat konsumsi Enervon-C Effervescent yang memiliki kandungan Vitamin C lebih tinggi – yaitu, 1000 mg yang juga dapat berikan rasa segar.

Itulah ulasan mengenai olahraga usai mendapat vaksin Covid-19. Kegiatan tersebut aman dilakukan, asalkan kamu tetap memilih jenis olahraga dengan intensitas ringan.

 

 

Featured Image - happyfresh.id

Source - detik.com