Hari raya Idul Fitri akan segera tiba! Apakah di momen lebaran kali ini kamu sudah mulai berkumpul dengan sanak saudara? Jika iya, tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan ya. Tujuannya, agar angka kasus positif virus corona tidak meningkat – dan kamu serta keluarga bisa terhindar dari paparan virus berbahaya tersebut.

Tak perlu khawatir lebaran jadi tidak mengasyikkan lho, meskipun di tengah pandemi Covid-19 – Idul Fitri masih bisa dijalani dengan rasa syukur dan suka cita kok. Memang sih, ada sebagian orang yang memilih sudah berkumpul – tapi, kamu lebih dianjurkan untuk merayakan lebaran di rumah saja, kecuali ada urusan yang mendesak.

Nah, agar tetap aman merayakan hari lebaran di tengah pandemi Covid-19, ada berbagai tips yang bisa diterapkan. Apa saja? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

 

 

Hindari Bergerombol di Malam Takbiran

Credit Image - suara.com

Kalau masih pandemi, berarti tidak boleh melakukan takbiran di luar rumah, ya? Sebenarnya, sah-sah saja jika kamu ingin bermalam takbiran sembari bepergian. Tapi, tetap menjaga jarak dan hindari bergerombol ya. Selain itu, pastikan kamu selalu menggunakan masker untuk menghindari paparan virus.

Meskipun tidak dilarang, tapi tetap sebaiknya rayakan malam takbir di rumah saja. Karena, tak hanya sudah pasti aman – menggemakan takbir, tahmid, dan tahlil saat malam Idul Fitri di rumah juga bisa lebih hikmat, lho.

Tenang saja, hampir di semua masjid pun ada pengurus yang bertugas untuk menggemakan takbir dengan pengeras suara. Jadi, kamu tetap dapat mengikutinya – meski berada di rumah saja ya.

 

Shalat Idul Fitri di Masjid? Jangan Lupa Jaga Jarak!

Jika kamu ingin melakukan ibadah shalat Idul Fitri di masjid – jangan lupa untuk menjaga jarak antar jamaah. Selain itu, ada berbagai hal yang mesti kamu perhatikan, yaitu:

  • Cuci tangan dengan sabun serta air mengalir
  • Berwudhu dari rumah – sehingga tidak perlu berkerumun di tempat wudhu umum
  • Gunakan masker dengan tepat
  • Pastikan pelaksana shalat Idul Fitri mengikuti aturan untuk memperpendek bacaan shalat – serta mempersingkat pelaksanaan khotbah
  • Jaga jarak setidaknya 1,5 m dengan orang lain
  • Bawa alat ibadah sendiri
  • Hindari berjabat tangan atau berpelukan usai melakukan ibadah shalat Idul Fitri

Nah, bagi kamu yang justru melakukan shalat Idul Fitri sendiri di rumah – berarti kamu cukup melaksanakannya seperti biasa, dengan membaca surat-surat pendek.

Sementara, jika dilakukan di rumah bersama anggota keluarga – shalat Id setidaknya harus dilakukan oleh 4 orang, yaitu 1 imam dan 3 orang makmum. Tata cara shalatnya juga sama seperti biasa ya. Setelah shalat – khotbah dilakukan sesuai ketentuan.

Namun, bila jumlah jamaah kurang dari 4 orang – atau di rumah tidak ada yang bisa memberikan khotbah, maka shalat Idul Fitri boleh dilakukan berjamaah tanpa khotbah.

 

Lakukan Silaturahmi Secara Virtual Saja

Credit Image - health.detik.com

Di tengah pandemi Covid-19, memang ada baiknya kamu melakukan silaturahmi secara virtual saja, baik dengan pesan singkat maupun video call. Selain itu, bisa juga dengan mengirim kartu ucapan selamat hari Lebaran kepada keluarga. Meski tidak berkumpul – tapi, tetap bisa bermaaf-maafan melalui cara ini ya.

Meskipun lebaran tahun ini kamu tidak bisa mudik ke kampung halaman – dan hanya bisa bersilaturahmi secara virtual saja. Tak perlu bersedih, karena hal ini tidak akan mengurangi kebahagiaan momen lebaran kok!

 

Tak Perlu ke Mall Untuk Berbelanja Baju Baru

Ingin membeli pakaian baru saat lebaran? Tak perlu datang ke mall, kamu tetap bisa melakukannya dengan belanja online, lho. Dengan cara ini, kamu bisa mendapatkan baju lebaran tanpa harus keluar rumah, serta berdesak-desakan dengan banyak orang. Tentu saja, cara tersebut sudah dapat mengurangi risiko tertular virus ya.

 

Konsumsi Multivitamin Untuk Jaga Imunitas

Credit Image - amazine.co

Kamu pasti tahu bahwa menjaga imun tubuh selama pandemi memang penting. Ya, jika kekebalan sudah kuat – maka risiko terinfeksi virus pun akan menurun. Begitu pula sebaliknya – individu yang memiliki kekebalan tubuh lemah – biasanya akan lebih mudah untuk terserang berbagai macam penyakit, termasuk Covid-19.

Lalu, hal apa yang bisa dilakukan agar kekebalan tetap kuat? Salah satu yang paling penting, yaitu dengan rutin mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon-C lho.

Enervon-C memiliki kandungan lengkap, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C baik yang dalam bentuk Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg dan mampu berikan perlindungan ekstra terhadap tubuh, apalagi buatmu yang sudah sering bepergian ke luar rumah.

Dan, untukmu yang punya aktivitas padat, direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

 

Jadi, kamu memang dianjurkan untuk merayakan hari lebaran di rumah saja – agar tetap terhindar dari risiko penularan virus. Jika terpaksa harus bepergian, pastikan kamu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan ya!

 

 

Featured Image - artikel.bibit.id

Source - alodokter.com