Setidaknya, sudah satu tahun lamanya masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu di rumah saja. Ya, kondisi pandemi Covid-19 lah yang mengharuskan berbagai kegiatan di lakukan di rumah – sehingga, risiko penularan virus pun dapat diminimalisir. Hal ini, tentu membuatmu rindu akan bepergian, kan?

Tak hanya soal berwisata ke luar kota maupun negeri, mengunjungi orangtua di kampung halaman pun tidak bisa. Sebab, terlalu banyak risiko yang mungkin terjadi – apalagi, jika harus membawa anak-anak bepergian selama pandemi.

Penularan virus corona memang dapat terjadi di mana saja – bahkan, tanpa diduga-duga. Namun, bagaimana kalau ada keperluan mendesak yang mengharuskanmu pergi jauh bersama keluarga, termasuk membawa Si Kecil? Apakah perjalanan udara sudah cukup aman untuk anak?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ulasan lengkapnya.

 

 

Bepergian dengan Pesawat Selama Pandemi, Amankah Dilakukan?

Credit Image - safetysignindonesia.id

Menurut penelitian oleh ilmuwan Harvard University T.H Chan School of Public Health – dikatakan bahwa risiko paparan virus corona selama penerbangan terbilang cukup tinggi, namun untuk virus corona jenis baru – risikonya cukup rendah.

Hal tersebut disebabkan oleh sistem ventilasi khusus di pesawat dapat menyaring 99,99 persen virus di udara. Walaupun 25 persen udara kabin disirkulasi ulang, udara yang masuk ke kabin telah melalui filter berkualitas tinggi yang sama persis dengan filter di ruangan operasi.

Aliran udara di pesawat juga mengarah ke bawah, jadi droplet dari penumpang lain tidak menginfeksi penumpang. Selain itu, risiko terpapar virus dari sentuhan pada benda-benda di pesawat pun rendah, karena virus dan mikroba lain lebih suka hidup di permukaan tanah.

Saat ini, maskapai penerbangan pun sudah menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Mulai dari penggunaan perlengkapan APD oleh para awak kabin – hingga, pembatasan kapasitas penumpang sebanyak 50 hingga 70 persen. Dan, inflight meal yang disediakan juga sudah dibungkus rapi sebelum diberikan kepada penumpang.

Di Bandar Udara, penerapan protokol kesehatan juga sudah ketat. Berbagai fasilitas pendukung, seperti hand sanitizer, tempat cuci tangan yang memadai, serta pembatasan tempat duduk – juga sudah diberlakukan.

 

Hal yang Mesti Dilakukan Agar Lebih Aman Selama Penerbangan

Ada sejumlah hal yang mesti diperhatikan selama penerbangan, sehingga diri lebih aman dari penularan virus corona. Lantas apa saja yang mesti diterapkan?

  • Minum yang banyak agar tubuh tetap terhidrasi. Ini akan membantu hidung dan tenggorokan siap menghadapi udara yang kering selama penerbangan
  • Mencuci tangan secara rutin
  • Gunakan perlengkapan sanitasi. Bersihkan semua yang akan digunakan di pesawat. Dan tetap jaga kebersihan
  • Pilihlah tempat duduk dengan bijak. Duduk di kursi dekat jendela dan jauh dari toilet akan meminimalkan kontak fisik dengan penumpang lain

 

Lalu, Amankah Naik Pesawat Bersama Anak?

Credit Image - alodokter.com

Masih banyak orang yang takut membawa anak naik pesawat. Salah satu alasannya adalah kesadaran anak tentang jaga jarak dan menjaga kebersihan masih rendah – apalagi anak berusia 4 tahun ke bawah.

Si Kecil memang dikenal suka mengeksplorasi tempat, maupun hal-hal baru. Pastinya, anak sulit untuk duduk tenang dan sering menyentuh berbagai benda. Ini berbahaya, terutama jika anak masih gemar memasukkan tangan ke mulut.

Tapi, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan – agar anak lebih aman dari paparan virus selama penerbangan. Berikut ini di antaranya.

  • Siapkan selimut dan mainan Si Kecil. Kalau ia sudah mulai tidak betah duduk di kursinya, taruhlah selimut di lantai beserta mainan anak di atasnya agar anak bisa bermain di sana
  • Bawa banyak camilan, maupun bekal makanan berat. Sebab, membawa makanan sendiri – sudah pasti lebih terjamin kebersihannya
  • Gunakanlah sarung tangan dan masker yang ukurannya pas, agar anak merasa nyaman selama penerbangan
  • Masukkan hand sanitizer dan tisu ke dalam tas setiap anggota keluarga. Pastikan perlengkapan ini ditaruh di bagian yang mudah diakses

Sejumlah cara di atas memang dapat mengurangi risiko penularan virus terhadap anak – tapi, yang tak boleh dilupakan, yaitu tetap berikan Si Kecil asupan multivitamin yang juga berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuhnya.

Seperti diketahui, sistem kekebalan tubuh berperan sebagai alat perlindungan utama, sehingga tidak mudah terinfeksi virus. Sebaliknya, jika imun anak melemah – maka kemungkinan terpapar virus corona pun akan lebih tinggi.

Untuk itu, moms disarankan memberi Enervon-C Plus Sirup – multivitamin khusus anak yang memiliki kandungan Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Sejumlah kandungan vitamin tersebut dapat bantu memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil, mengoptimalkan tumbuh kembangnya, meningkatkan napsu makan – dan pastinya menjaga daya tahan tubuh anak agar tidak mudah sakit.

 

Nah, itulah ulasan mengenai keamanan bepergian menggunakan pesawat bersama Si Kecil selama masa pandemi Covid-19. Jadi, apakah kegiatan tersebut aman dilakukan? Kamu memang disarankan di rumah saja, tapi jika ada keperluan mendesak – jangan lupa terapkan sejumlah tips di atas, agar bepergian dengan pesawat bersama anak menjadi lebih aman dan nyaman!

 

 

Featured Image - cntraveler.com

Source - popmama.com