Setelah melakukan isolasi mandiri. Seorang diri di dalam suatu ruangan terpisah memang bukanlah situasi yang mudah dilewati, tak jarang pasien justru merasa kesepian serta stres.

Tak hanya itu, pasien pun bisa saja mengalami kondisi overthinking, lho. Tapi, hal yang satu ini tak boleh dibiarkan begitu saja – sebab, rasa stres dapat melemahkan daya tahan tubuh, sehingga sistem imun pun akan lebih susah untuk melawan virus. Wah, kalau begini – kapan sembuhnya?

Nah, biar tak stres dan tetap bahagia selama masa isolasi mandiri – ada sejumlah aktivitas yang bisa kamu lakukan. Tentunya, tak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi untuk kondisi mental juga, lho. Jadi, apa saja sih aktivitas tersebut?

Berikut ini ulasan lengkapnya!

 

 

Hubungi Teman atau Keluarga

Credit Image - kumparan.com

Di masa-masa sulit, termasuk ketika menjalani isolasi mandiri, tentu saja kamu membutuhkan dukungan dari keluarga maupun orang terdekat. Menanyakan kabar mereka – merupakan hal yang berharga selama masa karantina, bukan?

Meskipun kamu sedang tidak boleh keluar rumah, tapi ini bukan masalah kok. Kamu masih bisa melakukan kontak melalui cara lainnya, seperti via telepon – atau video call. Mendengar kabar dari teman dan bercerita aktivitas sehari-hari sedikit mengobati rindu bersua dengan sahabat.

 

Yuk, Rutin Membersihkan Ruangan

Isolasi mandiri bukanlah alasan bagimu untuk tidak memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar, lho. Untuk itu, cobalah bersihkan ruangan secara rutin selama masa isolasi ya. Selain itu, perhatikan juga sirkulasi, sehingga udara dalam ruangan menjadi lebih segar.

Berhari-hari di dalam ruangan yang kotor dan sumpek jelas mengerikan ya? Jadi, mulailah menyapu dan merapikan ruangan. Ruangan yang bersih – dan tentunya wangi dapat membuatmu lebih rileks dan tenang selama masa isolasi mandiri.

 

Bisa Juga Mendekorasi Ruangan Isolasi

Credit Image - weareprint.id

Kamu punya berbagai macam furnitur unik dan lucu? Nah, biar tak bosan selama isolasi mandiri, cobalah manfaatkan waktu dengan melakukan dekorasi ruangan. Tak perlu repot-repot kok, kamu cukup mengubah tata letak, atau menambah barang baru. Hal ini merupakan kegiatan yang menyenangkan ya.

Misalnya, kamu ingin mengubah posisi tempat tidur, membereskan barang yang sudah lama menumpuk di lemari, atau barang yang sudah tidak terpakai. Apapun itu, lakukan hal yang membuatmu nyaman. Kegiatan ini bisa membantu menyegarkan pikiran selama masa isolasi, lho.

 

Lakukan Olahraga Ringan

Isolasi mandiri bukanlah alasan untuk bermalas-malasan – atau malah tidur-tiduran saja. Yuk, tetap gerakkan tubuh secara rutin, misalnya dengan melakukan olahraga ringan. Sebab, aktivitas fisik juga dianjurkan, karena memiliki peran penting untuk meningkatkan kekebalan, serta bantu melatih sistem pernapasan.

Beberapa jenis olahraga yang dapat kamu lakukan, yaitu yoga, jogging di tempat, senam aerobik, Zumba, maupun olahraga kardio lainnya. Selain itu, disarankan pula untuk melakukan latihan pernapasan yang bisa menjaga kesehatan paru-paru ya.

Tapi ingat, sesuaikan kembali dengan kemampuan tubuhmu ya, jangan terlalu dipaksakan! Dengan rutin olahraga, kesehatan secara fisik maupun mental makin terjaga.

 

Menonton Film atau Serial Favorit Juga Direkomendasikan

Credit Image - tribunnews.com

Jika berbagai aktivitas sebelumnya mungkin kurang cocok dilakukan, nah tidak ada salahnya untuk mencoba menonton serial – dan film yang kamu sukai, atau belum sempat ditonton sebelumnya. Mumpung ada waktu luang, kamu bisa lakukan kegiatan yang satu ini.

Seperti, ada berbagai macam drama Korea yang baru saja tayang, atau film baru di layanan streaming yang bisa kamu tonton. Kalau suntik, cobalah menonton film dengan genre komedi – yang bisa menghibur dan membuat suasana hati menjadi lebih baik.

 

Selama Isolasi Mandiri, Tetap Jaga Kebugaran Tubuh Ya!

Bagi yang tengah menjalani isolasi mandiri, ada sejumlah cara yang perlu dilakukan untuk membuat tubuh tetap bugar, sehingga proses pemulihan dapat berjalan dengan baik. Sebab, tak jarang kondisi isolasi mandiri membuat seseorang justru merasa lebih malas, sehingga tubuh pun terasa kurang bugar.

Selain rutin berolahraga, ada berbagai hal lain yang perlu diterapkan, yaitu rajin minum air putih, dan pastinya, selama isolasi mandiri – pasien wajib memenuhi kebutuhan vitamin harian yang penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Adapun vitamin yang paling direkomendasikan untuk dikonsumsi, yaitu Vitamin C.

Jika biasanya disarankan mendapat asupan Vitamin C dari sumber makanan, agar makin maksimal, dianjurkan pula Enervon Active.

Konsumsi Enervon-C yang memiliki sejumlah kandungan vitamin, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent — dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra, terutama kamu yang sudah sering beraktivitas di luar rumah.

Atau, kamu dapat konsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

 

Wah, itulah kelima aktivitas yang bisa dilakukan selama masa isolasi mandiri – dapat bantu mengurangi rasa stres, lho. Selamat mencoba ya!

 

 

Featured Image - linkedin.com

Source - popmama.com