Hampir setiap orang pasti sudah mengenal gerakan plank yang berperan efektif untuk menguatkan otot inti tubuh, sekaligus bisa mengencangkan bagian perut. Namun, lebih dari itu, ternyata gerakan sederhana yang satu ini pun memiliki beragam manfaat baik lainnya, lho.

Tak perlu repot – atau justru membutuhkan waktu yang lama, namun planking bisa kamu lakukan di sela-sela kesibukan. Pasalnya, gerakan ini dapat dijalani dalam waktu singkat, serta tak membutuhkan banyak tempat untuk melakukannya.

Apakah kamu sudah rutin melakukan plank setiap harinya? Kalau sudah, setidaknya ada 5 manfaat baik yang bakal dirasakan, nih. Untuk mengetahui manfaatnya, yuk segera simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

 

#1 – Memperbaiki Postur Tubuh

Credit Image - emc.id

Yang pertama, rutin plank dapat membantu memperbaiki postur tubuh, lho. Postur tubuh bungkuk umumnya disebabkan oleh otot inti tubuh yang lemah. Nah, menahan posisi plank membuat otot-otot bagian atas tubuh tertarik ke belakang dan turun.

Dalam waktu bersamaan, gerakan ini akan mengoreksi tulang belakang yang bengkok sekaligus memperkuat daerah punggung atas dan bahu, leher, serta dada dan otot perut. Latihan plank juga melatih otot-otot di punggung bawah, pinggul, dan panggul sebagai pusat gravitasi yang lebih stabil.

Pada akhirnya, rutin plank dapat memberikanmu postur tubuh yang lebih baik, ya. Selain itu, terbiasa plank juga membuatmu bisa duduk tegap tanpa dipaksakan, sehingga tidak akan mudah kelelahan ketika terlalu lama duduk di depan laptop setiap hari.

 

#2 – Meningkatkan Kelenturan

Otot-otot tubuh haruslah lentur dan fleksibel agar kamu bisa bebas bergerak seluwes mungkin tanpa merasa cepat lelah. Ya, sesederhana apa pun gerakan yang dilakukan, misalnya membungkuk untuk mengikat tali sepatu, maka akan sangat menguras tenaga apabila otot inti tubuh lemah – atau tidak fleksibel. Hal ini pun nantinya akan memperbesar risiko cedera saat beraktivitas, kram kaki atau sakit punggung, lho.

Dengan rutin melakukan plank, maka tubuh akan membangun otot inti yang lebih stabil dan kuat, tapi tetap fleksibel. Otot yang fleksibel dapat menstabilkan koordinasi tubuh sekaligus membuat jangkauan gerak yang lebih leluasa serta efisien.

Otot tubuh yang lentur juga bekerja sebagai penahan benturan alami untuk sendi, sehingga membantu mencegah risiko cedera dan mengurangi rasa sakit akibat cedera selama olahraga atau kegiatan fisik lainnya.

 

#3 – Menjaga Keseimbangan Tubuh

Credit Image - tokopedia.com

Memang, plank dapat melatih kamu menaham satu posisi dalam waktu lama untuk memperkuat otot-otot bagian tengah tubuh, punggung bagian atas dan bahu, serta daerah panggul. Meski terdengar mudah, namun nyatanya menjaga keseimbangan ketika plank terbilang cukup sulit, lho.

Namun, kalau kamu sudah terbiasa, plank yang dilakukan rutin akan membuat otot-otot inti yang kuat – serta dapat membantu menciptakan pusat gravitasi tubuh yang lebih stabil. Kalau sudah begini, keseimbangan tubuh pun lebih mantap. Alhasil, kamu tidak mudah goyah atau jatuh saat berjalan juga terhindar dari cedera saat beraktivitas.

 

#4 – Mengencangkan Perut

Sekitar 10 persen dari lemak tubuh mengendap di perut. Lemak perut adalah jenis lemak tubuh yang paling berbahaya. Kelebihan lemak di area ini terkait dengan berbagai masalah kesehatan serius, mulai dari penyakit hati, demensia, hingga kanker payudara.

Nah, perut rata dan kencang adalah manfaat plank lainnya yang bisa didapatkan jika rutin melakukannya. Memiliki otot inti yang kuat dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme tubuh untuk membersihkan racun, penyerapan gizi, hingga pengaturan keseimbangan hormon yang lebih efisien. Keseluruhan hal tersebut berperan dalam menjaga kebugaran tubuh secara umum dan menunda proses penuaan dini.

 

#5 – Juga Mampu Memperbaiki Suasana Hati

Credit Image - lifehack.org

Yang terakhir, ternyata plank juga dapat membantu memperbaiki suasana hati, lho. Apakah kamu sudah mengetahui manfaat yang satu ini? Nah, coba pikirkan, kalau kamu duduk di kursi sepanjang hari, pastinya otot terasa kaku, bahkan leher pun sangat pegal. Hal tersebut tentu tak nyaman, ya.

Dengan melakukan plank secara rutin – atau di sela-sela kesibukan, maka otak bisa lebih tenang, karena postur tubuh yang mulai berubah menjadi lebih baik. Manfaat ini bakal kamu peroleh asalkan dilakukan dengan rutin!

 

Jadi, gimana nih? Sekarang kamu sudah mengetahui berbagai manfaat baik untuk plank, ya. Yuk, segera lakukan latihan ini secara rutin – dan dapatkan beragam manfaat di atas. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – fitandwell.com

Source – idntimes.com