Setelah munculnya varian Delta yang sempat mendominasi kasus positif Covid-19 di dunia, kini muncul kembali varian terbaru, yaitu Omicron. Tentu saja, hal tersebut menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi masyarakat, mengingat varian tersebut mudah menular.

Selain gampang menular, varian Omicron juga disebut bisa gejala yang ditimbulkan masih cenderung ringan, namun tidak biasa.

Apakah varian ini sudah ditemukan di Indonesia? Sampai saat ini, Omicron belum terdeteksi RI. Meski demikian, pemerintah diminta untuk terus waspada – dan jangan sampai terlambar mengantisipasi masuknya varian tersebut.

Untuk menghindari masuknya varian Omicron ke Indonesia, berikut ini deretan solusi yang dapat ditempuh.

 

 

Langkah Antisipasi Masuknya Varian Omicron

Credit Image - megapolitan.kompas.com

Dilansir dari Nasional Kontan, seorang Epidemiolog Fakultas Kesehatan Masyarakat UI, Tri Yunis Miko Wahyono menyatakan bahwa pemerintah diminta untuk terus waspada. Jadi, jangan sampai terlambat melakukan langkah antisipasi masuknya varian Omicron ke Indonesia.

Untuk itu, disarankan menutup akses masuk ke Indonesia, serta memperketat kedatangan Warga Negara Asing. Pada dasarnya, pemerintah harus berkaca paa varian Delta yang telat diantisipasi, sehingga sudah terlanjur menyebar ke seluruh penjuru Indonesia. Pasalnya, varian Omicron tidak mungkin tiba-tiba muncul di Indonesia tanpa ada yang membawa dari luar negeri.

Menurutnya, mutasi Covid-19 menjadi varian Omicron atau B.1.1.529 berpotensi menurunkan efektivitas vaksin lebih dari 20 persen. Potensi ini muncul karena rate fatality – atau tingkat keparahan varian Omicron lebih berat.

Menurut Tri Yunis, varian Omicron yang sudah digolongkan menjadi Variant Of Concerns (VOC) oleh World Health Organization (WHO) memiliki mutasi lebih dari 30 di spike protein.

 

Gejala Varian Omicron yang Perlu Diperhatikan

Credit Image - health.detik.com

Sebenarnya, gejala yang ditimbulkan dari varian ini tergolong ringan, tetapi tidak biasa kalau dibandingkan dengan infeksi varian lainnya. Ada pun sejumlah gejala tersebut, yaitu:

Deretan gejala tersebut terbilang berbeda, meskipun masih tergolong ringan jika dibandingkan dengan kasus yang sebelumnya. Sementara itu, WHO memastikan bahwa varian ini dapat memicu reinfeksi – artinya, bagi yang sudah pernah terpapar, maka ada risiko terjangkit kembali.

Risiko reinfeksi pun lebih tinggi pada varian Omicron dibandingkan varian yang lainnya. Infeksi varian ini juga diduga lebih tinggi pada usia muda – dan bagi mereka yang belum memperoleh dosis vaksinasi Covid-19.

 

Langkah Pencegahan yang Sebaiknya Dilakukan

Credit Image - cnnindonesia.com

Langkah paling efektif yang dapat dilakukan individu untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19 varian Omicron, yaitu:

  • Menjaga jarak minimal 1 meter dari orang lain
  • Memakai masker yang sesuai
  • Membuka jendela untuk meningkatkan ventilasi
  • Hindari ruang yang berventilasi buruk atau ramai
  • Menjaga tangan tetap bersih
  • Mendapatkan vaksin segera

Untuk penggunaan masker, disarankan menghindari pemakaian masker katup. Sebab jenis masker ini memungkinkan udara di dalam masker yang mungkin saja terdapat virus di dalamnya, terhembus keluar melalui lubang katup.

Para ahli paru juga sepakat bahwa penggunaan masker katup tidak efektif dalam pencegahan virus, karena pmakaiannya justru bisa membahayakan orang lain.

Biar perlindungan diri semakin optimal, kamu disarankan untuk menerapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, dan istirahat yang cukup. Hidup sehat – dapat bantu jaga imunitas tubuh tetap kuat. Dan, lengkapi hidup sehat dengan rutin mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon-C.

Multivitamin andalanmu yang satu ini memiliki kandungan lengkap, mulai dari Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C Effervescent dengan kandungan vitamin C lebih tinggi, yakni 1000 mg untuk memberikan perlindungan ekstra, serta mampu membuat tubuhmu terasa lebih segar.

Dengan rutin mengonsumsi multivitamin Enervon-C, imunitas tubuh bakal lebih kuat, sehingga tidak mudah terjangkit penyakit, termasuk Covid-19. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama, lho!

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon-C, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Itulah informasi mengenai solusi yang bisa diambil pemerintah guna mengantisipasi masuknya varian Omicron ke Indonesia. Meski varian ini belum terdeteksi di RI, namun masyarakat diminta untuk terus menjalani prokes, sekaligus menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah terjangkit berbagai penyakit berbahaya, termasuk Covid-19!

 

 

Featured Image – cnbc.com

Source – national.kontan.co