Flu merupakan salah satu penyakit yang paling umum – dan sering dialami banyak orang. Dengan begitu, tak sedikit yang menganggap bahwa flu tidak berbahaya. Meski demikian, perlu diketahui bahwa ada beberapa penyakit yang awalnya menimbulkan gejala mirip flu, seperti nyeri tubuh, batuk, kelelahan, dan demam.

Jangan sepelekan, ya. Karena beberapa penyakit yang diawali oleh gejala mirip flu, apalagi yang terjadi dalam waktu lama dapat menjadi lebih serius jika tidak ditangani dengan tepat. Lantas, apa saja penyakit yang menyebabkan gejala mirip flu tersebut?

Berikut ulasannya.

 

 

1. Pneumonia

Credit Image - health.kompas.com

Pneumonia dapat datang bersama dengan flu atau setelah flu, dan dapat disebabkan oleh virus flu itu sendiri atau dari koinfeksi virus dan bakteri flu. Pneumonia juga dapat disebabkan oleh bakteri yang biasanya sangat serius dan perlu diobati dengan antibiotik.

Pada mulanya, pneumonia menimbulkan gejala mirip flu. Akan tetapi, pneumonia disertai batuk yang tidak kunjung berhenti, berdahak, nyeri dada, dan tidak ada nafsu makan, dikutip dari laman Health. Gejala pneumonia akibat virus biasanya lebih ringan daripada yang diakibatkan oleh bakteri.

 

2. Mononukleosis

Mononukleosis menyebar lewat air liur, seperti saat terkena percikan batuk, bersin, dan berbagi peralatan. Menurut laman Centers for Disease Control and Prevention (CDC), penyakit ini biasanya disebabkan oleh virus Epstein-Barr dan cenderung menyerang remaja dan dewasa muda.

Gejala sering muncul perlahan dan umumnya menyerupai flu, seperti kelelahan ekstrem, demam tinggi, sakit tenggorokan, dan nyeri tubuh. Bedanya, mononukleosis sering disertai pembengkakan hati atau limpa. Gejala juga berlangsung cukup lama, mulai dari dua minggu hingga berbulan-bulan.

 

3. Meningitis

Credit Image - halodoc.com

Meningitis ialah infeksi pada jaringan yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang. Meningitis dapat menyebabkan gejala mirip flu. Bedanya, meningitis disertai kekakuan pada leher, mengutip laman GoodRx.

Meningitis dapat berpotensi serius sehingga memerlukan evaluasi medis segera. Individu dengan meningitis umumnya memerlukan perawatan rumah sakit dan diobati dengan antibiotik melalui jalur intravena.

 

4. Adenovirus

Adenovirus merupakan serangkaian virus yang memicu berbagai infeksi. Adenovirus tidak sama dengan yang menyebabkan flu, tetapi dapat menimbulkan gejala mirip flu.

Adenovirus dapat menyebabkan infeksi mata dan kandung kemih. Ini juga bisa memicu kondisi yang memengaruhi otak dan tulang belakang. 

Kendati virus penyebab flu dan adenovirus menyebar dengan cara yang sama, adenovirus dapat menempel lebih lama pada permukaan yang sering disentuh. Disinfektan mungkin tidak mempan melawan adenovirus.

 

5. Penyakit Lyme

Credit Image - alodokter.com

Penyakit Lyme adalah penyakit yang disebabkan oleh gigitan kutu yang terinfeksi Borrelia burgdorferi. Penyakit ini dapat menyebabkan gejala mirip flu, seperti demam, menggigil, sakit kepala, kelelahan, nyeri tubuh, dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Mudah untuk mengira itu adalah flu, lalu mengabaikan gejalanya. Jadi, penting untuk memeriksa kulit guna melihat apakah ada bintik merah atau ruam. Jika kamu curiga gejala ini muncul setelah digigit kutu, penting untuk menemui dokter agar aman.

 

Untuk menghindari sejumlah penyakit di atas, pastikan kamu tetap menjaga kebersihan diri – sekaligus mempertahankan kesehatan dengan rutin mengonsumsi multivitamin Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Kandungan vitamin C di dalamnya dapat membantu menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit. Selain itu, kandungan vitamin B kompleksnya akan membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama, sehingga tak mudah lelah saat beraktivitas.

Jika kamu khawatir yang dirasakan bukan flu pada umumnya, maka baiknya segera temui ahli untuk mendapatkan penanganan tepat.

 

 

Featured Image – health.detik.com

Source – idntimes.com