Orang tua adalah anggota keluarga yang termasuk dalam kategori rentan mengalami penurunan kualitas hidup akibat kesehatan tubuh yang melemah. Penuaan menjadi penyebab berbagai organ tubuh mulai berkurang performanya. Dalam kondisi ini, pemenuhan asupan nutrisi harian mereka harus lebih diperhatikan. Tidak hanya ketersediaan makanan, keluarga yang mendampingi dan orang tua sendiri perlu memahami keberagaman dan kelengkapan nutrisi tersebut. Terutama dalam memenuhi vitamin dan mineral, mikronutrien penting untuk menjaga sistem imun. Dari banyaknya jenis nutrisi, simak daftar vitamin daya tahan tubuh untuk orang tua dan tips memenuhinya.

Faktor yang Memengaruhi Daya Tahan Tubuh Orang Tua

Sama pentingnya dengan karbohidrat, protein, dan lemak, tubuh manusia juga membutuhkan vitamin dan mineral untuk menjalankan fungsi semua organ tubuh. Khusus pada orang tua, vitamin dan mineral memiliki manfaat yang jauh sama-sama krusial. Dalam kaitannya dengan daya tahan tubuh, vitamin mampu membantu melawan infeksi dan peradangan, menjaga fungsi saraf, mengoptimalkan metabolisme, serta mempercepat pembekuan darah.

Di bawah ini adalah beberapa faktor yang membuat orang tua juga perlu memenuhi vitamin dan mineral setiap hari.

  • Pada tubuh yang menua, sistem kekebalan tubuh menjadi kurang cepat mengenali patogen pembawa penyakit. Hal ini membuat perlawanan sel imun menjadi terlambat sehingga orang tua rentan terserang penyakit. Selain itu, produksi sel darah putih juga mengalami penurunan sehingga jumlahnya semakin sedikit.
  • Bagi orang tua dengan penyakit kronis, sistem daya tahan tubuh mereka juga ikut terganggu. Beban kerja organ tubuh menjadi semakin berat karena kondisi kesehatan yang tidak stabil. Beberapa penyakit kronis yang melemahkan kekebalan tubuh adalah diabetes, kanker, penyakit kardiovaskular, dan hipertensi.
  • Gaya hidup yang tidak sehat juga ikut memperburuk kondisi daya tahan tubuh. Terutama untuk orang tua yang masih memiliki kebiasaan tidak sehat sejak muda. Bentuk paling umum dari faktor ini adalah pola makan sembarangan, kurang aktivitas fisik dan olahraga, pola tidur tidak teratur dan tidak cukup, serta merokok dan mengonsumsi alkohol.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa orang tua pada umumnya membutuhkan vitamin dan mineral untuk mendukung fungsi daya tahan tubuh mereka.

Vitamin Daya Tahan Tubuh untuk Orang Tua

Semakin beragam dan lengkap vitamin dan mineral yang didapatkan, maka manfaatnya akan semakin besar untuk orang tua. Namun ada beberapa jenis vitamin yang berpengaruh langsung pada sistem imun orang tua. Simak detailnya di bawah ini.

1. Vitamin C

Vitamin C memiliki sifat antioksidan, antimikroba, dan antivirus. Fungsi lainnya adalah untuk mendukung penyerapan zat besi dan pembentukan sel darah, komponen penting untuk memproduksi kolagen, serta menurunkan risiko terkena infeksi.

2. Vitamin D

Dalam laporan kesehatan yang dikeluarkan oleh National Institutes of Health (NIH) pada tahun 2023¹, terbukti kekurangan vitamin D mampu meningkatkan kerentanan tubuh terhadap infeksi, seperti influenza dan hepatitis C.

3. Vitamin A

Kekurangan vitamin A menyebabkan respons sistem imun pada infeksi berubah dan menurunkan performa jaringan epitel yang berfungsi untuk menghalangi patogen pembawa penyakit masuk dalam tubuh. Mencukupi asupan vitamin A mampu merangsang produksi dan aktivasi sel darah putih.

4. Vitamin E

Mikronutrien lain yang bersifat antioksidan adalah vitamin E, sehingga jenis vitamin ini mampu mengaktifkan sel pembunuh virus dan bakteri secara alami. Kekurangan vitamin E juga meningkatkan kerentanan terhadap infeksi.

5. Zinc

Zinc berperan besar dalam proses pembentukan, aktivasi, dan pematangan limfosit atau sel darah putih. Selain itu, kadar seng yang rendah dalam tubuh juga meningkatkan risiko terinfeksi virus.

Tips Memilih Suplemen Vitamin Daya Tahan Tubuh untuk Orang Tua

Semua pakar kesehatan sependapat bahwa sumber vitamin paling efektif dan aman dikonsumsi adalah dari makanan utama kita sehari-hari. Terutama dari makanan segar, makanan yang tidak diolah berlebihan, serta tidak dengan tambahan gula dan garam yang tinggi.

Selain makanan sehari-hari, orang tua diperbolehkan untuk mendapat asupan vitamin dan mineral dari konsumsi suplemen. Bahkan beberapa kategori orang tua sangat disarankan untuk minum suplemen, seperti orang tua dengan pola makan vegan dan vegetarian atau orang tua yang memiliki pantangan atau alergi terhadap bahan makanan tertentu. Di bawah ini adalah beberapa tips memilih suplemen daya tahan tubuh untuk orang tua.

  • Sesuaikan kandungan suplemen dengan kebutuhan orang tua. Bila perlu, konsultasikan hal ini dengan dokter atau ahli gizi terdekat. Terutama untuk orang tua yang sedang mengonsumsi obat tertentu agar tidak terjadi interaksi obat.
  • Pilih produk yang dibuat dengan bahan berkualitas, dosis yang dikhususkan untuk lansia, serta produsen yang telah terdaftar BPOM.
  • Bagi orang tua dengan kondisi kesehatan tertentu, misal dengan penyakit kronis, konsultasi dengan dokter harus dilakukan sebelum memutuskan untuk mengonsumsi suplemen.

salah satu produk yang direkomendasikan karena memenuhi beberapa tips di atas adalah Enervon Gold. Suplemen multivitamin dan mineral ini diformulasikan khusus untuk orang tua. Selain meningkatkan daya tahan tubuhnya, satu kapsul Enervon Gold mampu mendukung pemenuhan nutrisi harian. Cukup dengan konsumsi satu kali per hari, lansia akan mendapat vitamin C (90 mg), vitamin B1 (1,2 mg), B2 (1,4 mg), B5 (5 mg), B6 (1,7 mg), B12 (0,0024 mg), asam folat (0,4 mg), lutein (10 mg), omega 3 (350 mg), DHA (250 mg), dan EPA (50 mg). Produk ini juga sudah dapat diakses melalui Tokopedia dan Shopee resmi, jadi lebih mudah menyediakan stoknya untuk orang tua.

Gaya Hidup Sehat yang Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Orang Tua

Selain memperhatikan pola makan dan asupannya, orang tua juga perlu membiasakan gaya hidup yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Beberapa bentuk gaya hidup yang menunjang sistem imun adalah rutin olahraga meskipun ringan, memastikan tidur malam 7-8 jam, menghindari rokok, asap rokok, dan alkohol, serta memiliki interaksi sosial dan hubungan baik dengan orang lain. Bercengkerama, menjalankan hobi bersama teman-teman, dan rutin bertemu keluarga adalah cara untuk mengelola stres sekaligus menjaga kemampuan berpikir dan mengingat untuk orang tua. Dengan perasaan yang bahagia, tubuh yang sehat akan terjaga dalam jangka panjang, begitu juga sebaliknya.

Referensi:

  1. National Institutes of Health. 2023. Dietary Supplements for Immune Function and Infectious Diseases. Diakses dari https://ods.od.nih.gov/factsheets/ImmuneFunction-HealthProfessional/#
  2. Lindsey DeSoto. 2022. Do supplements really benefit the immune system?. Diakses dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/do-supplements-really-benefit-the-immune-system#Dietary-supplements-and-immunity
  3. National Institute on Aging. 2021. Dietary Supplements for Older Adults. Diakses dari https://www.nia.nih.gov/health/vitamins-and-supplements/dietary-supplements-older-adults#50