Dari berbagai hal yang mesti kamu perhatikan di tengah pandemi Covid-19, ada satu hal baru yang wajib kamu ketahui dan waspadai. Hal tersebut adalah virus corona yang ternyata mampu bertahan di permukaan kulit, hingga 9 jam. Bahkan, waktu ini lebih lama dibandingkan virus flu yang hanya bertahan sekitar 1,8 jam saja.

Pernyataan tersebut sudah dibuktikan dalam sebuah studi terbaru, yang dipublikasikan dalam Clinical Infectious Diseases. Penelitian ini dilakukan oleh sejumlah peneliti asal Jepang dan sudah ditinjau oleh peneliti lainnya.

 

 

 

Bagaimana Hasil Penelitian Tersebut?

Virus Corona Bisa Bertahan Di Kulit Sampai 9 Jam. Ini Penjelasannya / Credit: annmariegianni.com

Awalnya, peneliti melakukan uji coba dengan menggunakan kulit manusia yang diambil dari spesimen otopsi forensik. Kemudian, peneliti meletakkan virus flu dan virus corona SARS-CoV-2 ini pada berbagai permukaan kulit.

Semua sampel tersebut diinkubasi pada suhu 25 derajat celcius, dengan tingkat kelembapan 45-55 persen dengan waktu yang beragam hingga 9 jam.

Hasilnya – virus corona SARS-Cov-2 penyebab Covid-19, ternyata mampu bertahan sekitar 9 jam di kulit manusia. Sedangkan, untuk virus flu hanya bisa bertahan sekitar 1,82 jam saja. Tapi, ketika Covd-19 bercampur dengan lendir, virus mampu bertahan hingga 11 jam. Sementara, virus flu selama 1,69 jam.

 

Virus Juga Diuji Di Sejumlah Permukaan Benda Padat

Virus Corona Bisa Bertahan Di Kulit Sampai 9 Jam. Ini Penjelasannya / Credit: lifestyle.kompas.com

Dalam studi, peneliti pun turut menguji virus pada permukaan benda padat. Di sini peneliti menggunakan kaca borosilikat, baja tahan karat, dan polistirena. Hasilnya – Covid-19 mampu bertahan lebih lama pada sejumlah benda ini. Peneliti pun mendapati bahwa Covid-19 lebih stabil, ketimbang virus penyebab flu.

Peneliti menjelaskan bahwa Covid-19 di permukaan kulit dan benda padat lainnya menyebar dari droplets dari batuk, bersin, berbicara, dan Virus tersebut dapat bertahan di udara, atau jatuh ke permukaan di sekitarnya.

Seseorang bisa terinfeksi Covid-19 ketika virus di permukaan kulit masuk melalui mulut, hidung, dan mata. Untuk itu, disarankan untuk rutin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Paling tidak selama 20 detik.

Mencuci tangan secara tepat dan rutin, serta melakukan disinfeksi permukaan benda padat – secara efektif dapat membunuh Covid-19 dan virus penyebab flu.

 

 

 

Featured Image - today.com

Source - cnnindonesia.com