Di tengah kesibukan dan aktivitas sehari-hari, kenapa tubuh terasa mudah lelah? Perlu dipahami, tubuh bisa terasa mudah lelah di tengah kesibukan dan aktivitas sehari-hari karena berbagai faktor, baik fisik maupun mental. Mulai dari kurang tidur, stres, hingga kekurangan nutrisi, dan lain sebagainya. Supaya tidak semakin buruk, kamu harus tahu apa saja jenis vitamin untuk daya tahan tubuh agar tidak mudah lelah.

Asupan nutrisi yang tidak memadai, seperti kurangnya vitamin, mineral, atau protein, memang dapat menyebabkan kekurangan energi dan kelelahan. Dalam makalah yang diterbitkan di Nutrients pada Januari 2020 lalu, disebutkan bahwa vitamin dan mineral terlibat dalam metabolisme, transportasi oksigen, serta fungsi saraf. Ketika pasokannya tidak cukup, tentunya kamu akan jadi lebih mudah merasa lelah dan lemas.

Maka dari itu, diperlukan vitamin untuk daya tahan tubuh agar kamu tidak mudah lelah. Lantas, apa saja vitamin yang dimaksud tersebut? Cek ulasan selengkapnya di bawah ini, yuk!

Daftar Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh agar Tidak Mudah Lelah

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mengurangi risiko kelelahan, vitamin dan nutrisi tertentu tentunya sangat berguna. Berikut ini adalah beberapa vitamin yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh serta meningkatkan energi:

1. Vitamin B12

Vitamin untuk daya tahan tubuh agar tidak mudah lelah pertama yang perlu dikonsumsi secara rutin, yaitu vitamin B12. Ketika kamu tidak mencukupi kebutuhan vitamin B12 ini, maka pembentukan sel darah merah akan terganggu. Padahal, vitamin ini sangat diperlukan untuk membentuk sel darah merah. Nantinya, sel darah merah yang membawa oksigen akan diedarkan ke seluruh tubuh. Dan pada saat pasokan oksigen sedikit, tidak jarang kamu merasa mudah lelah dan lemas.

Tubuh tidak bisa memproduksi vitamin B12 ini, sehingga harus ada asupan makanan yang kaya vitamin B12. Sebagaimana dilansir Healthline, kamu bisa menambahkan daging sapi, telur, susu atau produk susu seperti keju, yogurt juga ikan-ikanan berlemak pada diet harian.

2. Vitamin D

Jangan salah, vitamin untuk daya tahan tubuh agar tidak mudah lelah yang satu ini tengah naik daun karena fungsinya sebagai pendukung imunitas tubuh, lho. Pada saat tubuh kekurangan vitamin D, kamu akan cenderung merasa lesu. Jadi, kamu bisa memperoleh vitamin D ini saat berjemur di bawah sinar matahari.

Sebagaimana dilansir Healthline, tubuh akan memproduksi vitamin D ini dari kolesterol. Selain itu, vitamin D juga bisa diperoleh dari makanan seperti ikan-ikanan kaya lemak (salmon, tuna, ikan kembung), juga produk susu. Jika dietmu kurang bisa mencukupi kebutuhan vitamin D, maka suplemen bisa jadi solusi. Untuk orang dewasa umumnya memerlukan 600-800 IU vitamin D per harinya. 

3. Vitamin C

Sama halnya dengan vitamin D, vitamin C juga mendukung sistem kekebalan tubuh. Vitamin C akan membantu melindungi tubuh dari stres oksidatif, mendukung pembentukan kolagen yang penting untuk kulit, tulang dan sendi. Lalu, vitamin ini juga sangat penting untuk menciptakan asam amino yang digunakan untuk membangun otot yang sehat.

Pada saat tubuh kekurangan vitamin C, maka kamu akan cenderung merasa lelah. Jika kamu rutin mengonsumsi vitamin C, maka imunitas akan terpelihara secara optimal, dan dengan begitu metabolisme pun turut meningkat. Selain itu, vitamin C juga dapat bantu penyerapan zinc yang juga berperan untuk meningkatkan energi tubuh. Zinc sendiri dapat membantu memproduksi hemoglobin, agar bisa diedarkan ke seluruh tubuh. Ini dapat bantu kamu tetap merasa bertenaga.

4. Zinc

Zinc merupakan vitamin untuk daya tahan tubuh agar tidak mudah lelah berikutnya yang juga tidak boleh dilewatkan. Zinc ini adalah jenis mineral yang juga penting bagi metabolisme tubuh. Ketika kekurangan zinc, maka tubuh akan menjadi mudah lemas.

Mineral yang satu ini berfungsi untuk mengatur adenosine triphosphate (ATP) atau sumber energi tingkat sel. Dalam makalah yang diterbitkan pada 2017 lalu, disebutkan bahwa konsumsi suplemen zinc akan membantu mencegah kelelahan pada orang yang menjalani kemoterapi. Selain itu, kamu juga bisa menemukan zinc dari beragam jenis sumber makanan, seperti kerang-kerangan, kacang-kacangan, lentil, hingga buncis.

Enervon Active untuk Atasi Daya Tahan Tubuh agar Tidak Mudah Lelah

Tidak hanya dari sumber makanan, keempat vitamin untuk daya tahan tubuh agar tidak mudah lelah yang telah disebutkan di atas juga bisa didapatkan dari konsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Kalau kamu punya masalah lambung sensitif, tidak perlu khawatir untuk konsumsi multivitamin Enervon Active setiap harinya. Pasalnya, Enervon Active ini mengandung nutrisi dasar yang sangat diperlukan untuk pembentukan energi, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Non-acidic Vit C (Kalsium Askorbat) yang mampu meningkatkan sel-sel imun tubuh
  • Vitamin B Complex (B1, B2, B6, B12, Niacinamide, Kalsium Pantotenat) yang dapat meningkatkan proses metabolisme yang menghasilkan energi.
  • Zinc (Zinc Bisglycinate) yang dapat mempercepat pengeluaran asam laktat, sehingga tubuh tidak mudah lelah.

Selain itu, Enervon Active ini dikemas bukan sebagai asam askorbat, melainkan kalsium askorbat. Kalsium askorbat tentu lebih ramah terhadap lambung jika dibandingkan dengan asam askorbat, sehingga tidak akan menimbulkan nyeri pada perut atau keluhan maag.

Selalu ingat bahwa Enervon Active akan senantiasa siap untuk membantumu menjaga kesehatan tubuh sepanjang hari! Yuk, segera dapatkan produk ini dengan mudah dengan cara belanja online di Tokopedia dan Shopee resmi Enervon.