Salah satu gejala atau keluhan yang paling umum dialami seseorang adalah kepala kliyengan. Dalam KBBI, kliyengan berarti pening, pusing, atau sakit kepala. Namun tahukah kamu bahwa rasa sakit yang dirasakan di kepala memiliki beberapa tipe dan masing-masing menjadi tanda atau gejala dari penyakit yang berbeda? Kabar baiknya adalah ada beberapa nutrisi atau vitamin untuk kepala kliyengan yang bisa membantu menurunkan intensitas sakit kepala. Tentu saja pada tahap tertentu sakit kepala berlanjut membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut. Berikut ini adalah jenis vitamin yang perlu dikonsumsi saat kepala kliyengan serta tips memenuhinya.

Kepala Kliyengan dan Penyebabnya

Sebelum masuk pada jenis vitamin untuk kepala kliyengan, mari terlebih dahulu memahami bahwa rasa sakit dan tidak nyaman pada kepala pasti ada penyebabnya. Beberapa penyebab paling umum yang sering ditemukan serta sedikit cirinya adalah sebagai berikut:

  • Tension headache – Adanya otot atau jaringan yang tegang atau stres sehingga rasa sakit menyebar ke semua sisi kepala.
  • Migraine headache – Rasa sakit dan berdenyut pada salah satu sisi kepala dan umumnya dipicu oleh rasa lelah, cahaya menyilaukan, perubahan cuaca, hingga pola makan tidak teratur dan tidak sehat.
  • Hormone headache – Sakit kepala akibat perubahan hormon yang umumnya muncul pada perempuan sebagai tanda akan menstruasi.
  • Hypertension headache – Pusing pada kedua sisi kepala dan semakin buruk saat beraktivitas yang disebabkan oleh tingginya tekanan darah atau sekitar 180/120.
  • Dehydration headache – Pening yang beragam karakter dan tingkat keparahannya akibat dehidrasi atau kekurangan asupan cairan.
  • Gejala anemia – Sakit kepala yang terjadi karena pembuluh darah pada otak membengkak. Penyebab paling umum dari penyakit ini adalah kekurangan zat besi, vitamin B12, hingga folat.

Dari beberapa penyebab di atas, secara garis besar kepala kliyengan dibedakan menjadi dua kategori yaitu sakit kepala episodik dan kronis. Sakit kepala kronis dirasakan lebih dari 15 hari dalam satu bulan dan membutuhkan pengelolaan rasa sakit dan penanganan bertahap. Sedangkan sakit kepala episosik terjadi kadang-kadang dan totalnya tidak lebih dari 15 hari dalam sebulan. Sakit kepala ini bisa hilang dengan sendirinya setelah kurang lebih 30 menit hingga beberapa jam. Untuk penyebab umum dan sulit dihindari, berikut ini adalah beberapa jenis vitamin yang mampu menghindarkan kamu dari pemicu kepala kliyengan.

Mineral dan Vitamin untuk Kepala Kliyengan

1. Vitamin B Kompleks

Berperan besar dalam metabolisme tubuh, vitamin B kompleks menjadi jenis vitamin pertama yang disarankan. Penelitian tahun 2017 yang dikutip oleh Lizzie (2023)³ menjelaskan bahwa vitamin B2 atau riboflavin terbukti mengurangi tingkat oksidatif stres dan peradangan otak pada migrain. Penelitian Shiva, dkk (2022)² juga menunjukkan adanya efek positif dari vitamin B1, B6, dan B12 pada terjadinya migrain dengan mengurangi rasa sakit yang ada.

2. Magnesium

Berikutnya datang dari keluarga mineral yaitu magnesium, makromineral penting bagi fungsi saraf, otot, dan tekanan darah. Magnesium berperan dalam mencegah aktivitas berlebih sel reseptor pada otak dan mengurangi kemungkinan peradangan penyebab sakit kepala. Penelitian tahun 2021 pada 63 orang yang mengonsumsi 500 mg magnesium oksida selama 8 minggu merasakan efektivitasnya dalam mencegah pusing akibat migrain.

3. Coenzyme Q10

Coenzyme Q10 merupakan senyawa yang berperan sebagai antioksidan sehingga mampu melindungi kepala dari stres oksidatif. Selain itu, senyawa ini juga menurunkan kadar beberapa enzim penyebab peradangan saraf saat migrain menyerang. Studi juga menunjukkan bahwa mikronutrien ini mampu mengurangi durasi dan frekuensi migrain.

4. Vitamin D

Memiliki peran yang hampir sama, suplemen vitamin D juga terbukti mampu menurunkan durasi, frekuensi, dan tingkat keparahan migrain menurut studi pada tahun 2021. Selain fungsi tersebut, ternyata vitamin D juga dapat membantu tubuh menyerap magnesium lebih baik. Minum suplemen sangat disarankan jika seseorang cenderung mendapat paparan sinar matahari baik yang sedikit.

5. Vitamin C

Jika kamu memiliki riwayat kekurangan sel darah merah dan sering mengalami kliyengan, maka konsumsi vitamin C mampu membantu penyerapan zat besi. Sering disebut iron, zat besi adalah komponen penting dalam membentuk hemoglobin dalam tubuh namun tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh.

Tips Memenuhi Vitamin Tersebut

1. Pola Makan Sehat

Tentu saja cara pertama dan yang paling aman dilakukan untuk memenuhi vitamin untuk kepala kliyengan adalah melalui pola makan sehat. Tidak hanya waktu makan yang teratur dan benar, tapi juga porsi makan dengan gizi yang seimbang. Buah dan sayur adalah sumber vitamin dan mineral paling tinggi. Jadi pastikan proporsi keduanya tidak kalah dengan karbohidrat dan protein yang ada di piring kamu ya.

2. Mengonsumsi Suplemen

Bagi beberapa orang, pemenuhan vitamin perlu dibantu oleh konsumsi suplemen. Contoh kategori orang yang membutuhkan suplemen adalah perokok aktif dan pasif, ibu hamil dan menyusui, lansia atau orang dewasa dengan pola makan tertentu sehingga sulit memenuhi kebutuhan vitamin dari makanan dan minuman sehari-hari.

3. Menjaga Hidrasi Tubuh

Untuk mendukung proses pemenuhan kebutuhan mineral harian, mencukupi asupan air putih menjadi hal yang wajib. Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan menurunkan risiko mengalami pusing akibat dehidrasi.

Enervon-C Effervescent Hadir Mendukung

Untuk mendukung pemenuhan mineral dan multivitamin harian, Enervon-C Effervescent hadir dengan kandungan yang lengkap. Terdapat dua kebaikan yang akan kamu dapatkan sekaligus hanya dalam satu kali konsumsi. Pertama, suplemen ini berbentuk effervescent yang mudah larut dalam air putih sehingga membantu menjaga hidrasi tubuh. Kedua, kandungan yang dimilikinya tidak hanya vitamin C (100 mg), tapi juga berisi vitamin B1 (50 mg), B2 (25 mg), B6 (10 mg), B12 (0,005 mg), hingga mineral niacinamide (50 mg) dan ca pantotenat (20 mg). Dapatkan varian Enervon yang satu ini melalui akses resmi di Tokopedia dan Shopee.

Referensi:

  1. Kathryn Watson & David Rossiaky. 2024. 14 Types of Headaches and How to Treat Them. Diakses dari https://www.healthline.com/health/headache/types-of-headaches
  2. Shiva N., dkk. 2022. B vitamins and their combination could reduce migraine headaches: A randomized double-blind controlled trial. Diakses dari https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC9860208/#:.
  3. Lizzie Streit. 2023. 5 Vitamins and Supplements for Migraine Headaches. Diakses dari https://www.healthline.com/health/migraine/migraine-vitamins#1.-Vitamin-B2
  4. NHS Foundation Trust. 2019. Vitamins or supplements that help with headache. Diakses dari https://www.torbayandsouthdevon.nhs.uk/uploads/25396.pdf