Seperti diketahui, cacar monyet merupakan infeksi virus yang ditandai dengan munculnya bintil bernanah di kulit. Disebut juga sebagai monkeypox, ini bukanlah penyakit baru, virus tersebut muncul pertama kali di negara Republik Demokratik Kongo pada tahun 2970.

Awalnya, monkeypox memiliki gejala yang serupa dengan cacar air, yaitu bintil berair. Namun, seiring perkembangan penyakit, bintil tersebut berubah menjadi nanah dan menyebabkan benjolan di leher maupun ketiak akibat adanya pembengkakan kelenjar getah bening.

Untuk mengatasinya, ada berbagai pengobatan yang dapat dilakukan. Namun, asupan nutrisi juga memiliki peran besar, lho. Berikut ini 5 makanan yang dapat membantu proses pemulihan cacar monyet.

 

 

1. Makanan Tinggi Protein

Credit Image - freepik.com

Protein dianggap sebagai bahan yang dapat mempertahankan tubuh, serta mengatasi virus cacar monyet. Makanan yang kaya akan protein dapat memperkuat kekebalan serta membantu memperbaiki kerusakan sel.

Adapun beberapa makanannya antara lain kedelai, keju cottage, kecambah, yogurt, biji-bijian, kacang-kacangan, lentil, dan makanan kaya protein lainnya.

 

2. Telur, Jenis Makanan yang juga Kaya akan Protein

Telur memiliki sumber protein berkualitas tinggi, tetapi ada beberapa nutrisi lain yang terkandung pada telur. Salah satunya vitamin A, D, E, kolin, zat besi, dan folat yang membantu meningkatkan kesehatan otot, produksi energi, serta sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, telur juga memiliki sumber selenium, yang merupakan nutrisi penting untuk melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif serta infeksi.

 

3. Buah-buahan yang Mengandung Vitamin C

Credit Image - kompas.com

Buah-buahan memiliki kandungan antioksidan yang kuat, serta vitamin C yang dapat membantu pertumbuhan sel darah putih yang dapat membantu melawan penyakit dan infeksi. Sumber vitamin C ini bisa ditemukan lewat buah jeruk, lemon, kiwi, stroberi, pepaya, ceri, dan buah-buahan lainnya.

 

4. Daun Kemangi

Daun kemangi memiliki sumber anti-inflamasi, antibakteri, serta antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Daun ini pun telah terbukti bermanfaat untuk mengatasi gejala flu pada umumnya, lho.

Selain itu, daun kemangi juga ampuh mengatasi jerawat, menjaga kesehatan sistem pencernaan, mencegah kanker, serta mempercepat penyembuhan luka dan mencegah infeksi.

 

5. Makanan Tinggi Sumber Probiotik

Credit Image - medicalnewstoday.com

Sumber probiotik terbukti dapat menyembuhkan usus serta kesehatan secara keseluruhan. Beberapa di antaranya bisa ditemukan lewat bawang putih, bawang merah, dan juga buah pisang. Selain itu, bisa ditemukan juga pada makanan kismis, di mana makanan ini disebut pendingin untuk diet.

 

6. Cara Pencegahan Cacar Monyet yang Perlu Dilakukan

Untuk mencegah cacar monyet, penting bagimu untuk menyadari faktor-faktor yang mengintai. Sejumlah tindakan yang dapat dilakukan dalam menghindari paparan virus ini, yaitu:

  • Berhati-hati saat kontak dengan hewan, utamanya hewan yang sakit atau mati di lokasi yang ditemukan kasus virus tersebut.
  • Hindari kontak dengan benda apa pun yang pernah kontak dengan hewan yang sakit.
  • Pisahkan pasien dari pasien lain.
  • Cuci tangan hingga bersih setelah kontak dengan hewan atau manusia yang terinfeksi.

Cara-cara di atas dapat membantumu menjaga kebersihan diri, namun yang tidak kalah pentingnya dilakukan dalam pencegahan cacar monyet adalah menjaga daya tahan tubuh. Imunitas yang kuat akan membantu menghalau virus masuk ke dalam tubuh!

Menjaga daya tahan tubuh bisa dilakukan dengan menerapkan gaya hidup sehat, dimulai dari mengonsumsi makanan bergizi, istirahat yang cukup, dan mencukupi asupan vitamin serta mineral.

Kedua nutrisi tersebut dapat kamu peroleh dari menu makanan harian – dan dilengkapi dengan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap. Nah, kamu direkomendasikan untuk meminum multivitamin dari Enervon secara rutin.

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Kamu dapat meminum , atau Enervon-C Effervescent yang memiliki kandungan vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Untukmu kaum aktif, maka direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus mengoptimalkan imunitas tubuhmu.

Dan kedua multivitamin ini pun dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga asupan makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat satu ini berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

Untuk anak-anak, dapat diberikan Enervon-C Plus Sirup. Multivitamin andalan ini memiliki kandungan lengkap, seperti Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Deretan vitamin tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuhnya agar tidak mudah sakit, menjaga anak tetap aktif selama masa pertumbuhan, meningkatkan napsu makan, sekaligus dapat membantu pembentukan tulang dan gigi.

Dan bagi usia lanjut, dapat diberikan multivitamin Enervon Gold yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks, Omega-3, Asam Folat, dan Lutein yang dapat membantu menjaga kekebalan tubuh, membentuk energi, hingga menjaga kesehatan otak, kesehatan jantung, dan juga kesehatan mata.

Untuk mendapatkan produk Enervon pilihan, kamu bisa segera membelinya di official store di Tokopedia.

 

Jadi, itulah deretan makanan yang dapat membantu proses pemulihan ketika terpapar cacar monyet.

 

 

Featured Image – nbihealth.com

Source – popmama.com