Cacar monyet kian mengkhawatirkan. Penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus monkeypox ini tergolong langka dibandingkan dengan jenis cacar lainnya. Gejalanya pun sekilas mirip – yang membuat awam cukup sulit mengenali perbedaan monkeypox dengan cacar pada umumnya.

Kini, kamu mesti ekstra waspada jika mendapat gejala ruam dan munculnya bintik-bintik berisi cairan atau nanah, mengingat cacar monyet semakin mewabah dan tengah menjadi masalah kesehatan global. Namun, gimana cara membedakannya dengan cacar air dan cacar?

Simak perbedaan ketiga jenis cacar tersebut di ulasan berikut ini!

 

 

Perbedaan Penyebab Penyakit

Credit Image - halodoc.com

Perbedaan pertama terletak dari penyebab penyakitnya. Cacar monyet disebabkan oleh virus monkeypox dari genus orthopoxvirus dalam keluarga poxviridae. Monkeypox adalah penyakit infeksi virus yang disebabkan oleh virus langka dari hewan – atau virus zoonosis. Nah, di sini monyet adalah inang utama dari monkeypox, maka dari itu disebutlah sebagai cacar monyet.

Cacar monyet ditemukan pertama kali pada tahun 1958 silam di antara koloni monyet yang dipelihara di laboratorium. Setelah dilakukan uji darah beberapa hewan di Afrika, ditemukan bukti kalau infeksi cacar ini banyak terjadi di antara hewan pengerat Afrika.

Sedangkan penyebab cacar air adalah virus varicella zoster. Dan penyebab cacar – atau smallpox adalah virus variola dari genis orthopoxvirus.

 

Penularan Penyakit

Penyakit cacar monyet menular dari hewan ke manusia – dan manusia ke manusia. Sementara itu, penyakit cacar air dan cacar hanya menular dari manusia ke manusia saja.

 

Gejala Demam yang Ditimbulkan

Credit Image - honestdocs.id

Demam gejala cacar monyet umumnya berlangsung selama 1-5 hari sebelum ruam muncul. Pada cacar air, gejala demam terjadi 1-2 hari sebelum ruam muncul. Sedangkan demam gejala cacar muncul 2-4 hari sebelum ruam muncul.

 

Gejala Ruam

Ruam dan bintik-bintik berisi cairan atau nanah gejala cacar monyet umumnya muncul dari wajah kemudian menyebar ke bagian tubuh lain, termasuk telapak tangan dan kaki. Ruam yang keras dan kenyal ini bakal membentuk keropeng sebelum sembuh.

Sedangkan ciri-ciri ruam cacar air biasanya disertai gatal dan kulit seperti melepuh. Ruam yang mudah pecah ini muncul di dada, punggung, wajah, lalu menyebar ke seluruh tubuh. Tidak ada ruam yang muncul di telapak tangan dan kaki.

Sementara itu, ruam gejala cacar biasanya dimulai dengan munculnya bintik-bintik merah kecil di lidah dan mulut. Ruam ini lantas menyebar ke wajah, lengan, kaki, telapak tangan dan kaki. Ruam juga membentuk keropeng sebelum sembuh.

 

Kondisi Kelenjar Getah Bening

Credit Image - klikdokter.com

Gejala cacar monyet ditandai dengan kelenjar getah bening bengkak. Terutama di leher, ketiak, atau selangkangan. Sedangkan gejala cacar air dan cacar tidak disertai pembengkakan kelenjar getah bening.

 

Masa Inkubasi Virus

Masa inkubasi atau waktu ketika penderita terpapar virus sampai merasakan gejala penyakit cacar monyet berlangsung sekitar 5-21 hari. Untuk penyakit cacar air, masa inkubasinya selama 10-21 hari. Sedangkan untuk penyakit cacar, masa inkubasinya selama 7-19 hari.

 

Durasi Sakit Hingga Sembuh

Credit Image - herminahospitals.com

Penderita biasanya merasakan gejala cacar monyet sampai sembuh sekitar 2-4 minggu. Sedangkan penyakit cacar air relatif singkat hanya 4-7 hari. Sementara penyakit cacar juga bisa berlangsung sampai 5 minggu.

 

Cara Pencegahan yang Dapat Dilakukan

Untuk mencegah deretan penyakit cacar di atas, penting sekali bagimu untuk meningkatkan kesadaran faktor risiko yang kerap mengintai. Ada pun sejumlah tindakan yang dapat dilakukan untuk mencegah infeksi virus ini, yaitu:

  • Berhati-hati saat kontak dengan hewan, utamanya hewan yang sakit atau mati di lokasi yang ditemukan kasus virus tersebut.
  • Hindari kontak dengan benda apa pun yang pernah kontak dengan hewan yang sakit.
  • Pisahkan pasien dari pasien lain.
  • Cuci tangan hingga bersih setelah kontak dengan hewan atau manusia yang terinfeksi.

Selain menjaga kebersihan diri, mencegah infeksi virus penyebab penyakit juga harus dilakukan dengan mempertahankan sistem kekebalan tubuh. Ini bisa dilakukan dengan menerapkan gaya hidup sehat, dimulai dari mengonsumsi makanan bergizi, istirahat yang cukup, dan mencukupi asupan vitamin serta mineral.

Kedua nutrisi tersebut dapat kamu peroleh dari menu makanan harian – dan dilengkapi dengan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap. Nah, kamu direkomendasikan untuk meminum multivitamin dari Enervon secara rutin, ya.

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Kamu dapat meminum , atau Enervon-C Effervescent yang memiliki kandungan vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg yang bisa memberikan perlindungan ekstra dan sensasi rasa segar sepanjang hari.

Untukmu yang punya segudang aktivitas, direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga daya tahan tubuh, sekaligus mempertahankan energi tubuh agar tidak mudah lelah.

Kandungan vitamin B kompleks dalam multivitamin Enervon dapat membantu mengoptimalkan metabolsime, sehingga tubuhmu mampu memperoleh energi yang maksimal. Dan pastinya vitamin C dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit, ya.

Kemudian, bagi usia emas, direkomendasikan mengonsumsi Enervon Gold yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks, Omega-3, Asam Folat, dan Lutein yang dapat membantu menjaga kekebalan tubuh, membentuk energi, hingga menjaga kesehatan otak, kesehatan jantung, dan juga kesehatan mata.

Dan untuk anak-anak, direkomendasikan mengonsumsi Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D yang penting untuk menjaga kesehatan Si Kecil.

Enervon-C Plus Sirup dapat bantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan napsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

Untuk mendapatkan multivitamin Enervon pilihanmu, segera kunjungi official store-nya di sini, ya!

 

Kini, kamu sudah mengetahui perbedaan cacar monyet, cacar air, dan cacar, ya? Jika kamu mengalami gejala penyakit tersebut, pastikan kondisimu dengan memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan.

 

 

Featured Image – harianaceh.co.id

Source – kompas.com