Banyak yang mengatakan bahwa karir yang stabil, pola makan tercukupi, hingga hubungan pertemanan yang baik menjadi jaminan umur panjang. Namun nyatanya lebih dari ini, lho. Karena, ada beberapa kebiasaan baik yang dapat membuatmu berusia lebih lama. Kamu pun dapat menerapkannya mulai sekarang!

Sejumlah kebiasaan ini dapat kamu terapkan setiap saat sebagai resep panjang umur. Dilansir dari CNN Indonesia, para ahli percaya bahwa banyak bukti yang memperlihatkan ada beberapa upaya yang dapat meningkatkan harapan hidup.

Lantas, apa saja sih kebiasaan yang dimaksud? Berikut ini ulasannya.

 

 

1. Pemeriksaan Medis Teratur

Credit Image - klinikdrindrajana.com

Di usia remaja, seseorang cenderung memiliki sedikit masalah kesehatan daripada orang dewasa. Namun, tak ada salahnya melakukan skrining kesehatan secara teratur sejak dini. Langkah skrining dilakukan untuk mengetahui risiko dan mencegah berkembangnya penyakit.

Dalam hal ini, dokter dapat menyarankan berbagai tes dan skrining preventif untuk membantu mendeteksi risiko apa pun terhadap pasien. Skrining ini juga dapat mengidentifikasi penyakit sejak masih tahap awal, jadi dapat mempermudah penyembuhannya.

Ketika berbagai risiko penyakit ini diidentifikasi pada tahap awal, maka masalah tersebut dapat ditangani dengan perubahan kecil dalam gaya hidup sebelum menjadi semakin parah dan membutuhkan banyak biaya untuk menyembuhkannya.

 

2. Melakukan Aktivitas Fisik Secara Konsisten

Bukan rahasia lagi, aktivitas fisik memberikan jaminan tubuh yang sehat. Dengan aktivitas fisik, tubuh bisa terhindar dari berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung. Selain itu, beberapa jenis aktivitas fisik juga diketahui memberikan manfaat lebih selain umur panjang. Aerobik, misalnya, yang bisa membantu mempertahankan fungsi kognitif lebih lama.

 

3. Mengontrol Berat Badan

Credit Image - lifepack.id

Berat badan yang ideal punya peran penting dalam kesehatan. Berat badan berlebih bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit. Untuk itu, kamu perlu memperhatikan angka indeks massa tubuh (BMI). Mempertahankan skor BMI yang sehat dapat memperpanjang angka harapan hidup lebih dari satu dekade.

 

4. Menjaga Kesehatan Mental

Kebiasaan yang bisa bikin umur panjang lainnya adalah menjaga kesehatan mental. Sayangnya, hal ini masih sering diabaikan – padahal, kesehatan mental merupakan bagian dari upaya mempertahankan kondisi tubuh secara menyeluruh.

Untuk menjaga kesehatan mental, cobalah lakukan teknik pernapasan mendalam saat bangun tidur. Atau, kamu juga bisa berjalan kaki di sekitar rumah, menulis catatan harian, serta mengistirahatkan diri dari gawai.

Cara-cara di atas bisa membantu menurunkan kadar kortisol atau hormon stres yang bisa memicu masalah kesehatan.

 

5. Tidur yang Cukup

Credit Image - cnnindonesia.com

Orang yang tidur kurang dari tujuh jam setiap malam cenderung permasalahan kondisi tubuh. Untuk itu, kamu perlu meningkatkan kualitas tidur dengan baik. Orang dewasa disarankan untuk tidur selama 7-9 jam setiap malam.

Selain itu, tidur yang cukup dapat membantu mengontrol nafsu makan dan berat badan. Tidur juga membantu mencegah terjadinya penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit jantung. Salah satu penyebab terganggunya waktu tidur dan rendahnya kualitas tidur adalah kondisi tubuh dan pikiran yang stress.

 

6. Kurangi Konsumsi Alkohol

Terlalu banyak asupan minuman beralkohol bisa menjadi racun untuk tubuh hingga mengakibatkan gagal jantung. Tak cuma itu, minuman beralkohol juga meningkatkan kadar gula darah dan bisa menambah berat badan.

Mengurangi konsumsi minuman beralkohol dapat membantu memperpanjang angka harapan hidup dengan menurunkan risiko diabetes, penyakit kardiovaskular, dan penyakit kronis lainnya.
 

7. Batasi Pula Asupan Daging Merah

Credit Image - tribunnews.com

Makanan nabati adalah sumber antioksidan yang kuat. Antioksidan berfungsi untuk mencegah oksidasi sebagai tanda tubuh terpapar radikal bebas yang bisa memicu berbagai penyakit.

Sejumlah penelitian telah membuktikan, membatasi asupan daging merah dan olahan dapat membantu memperpanjang angka harapan hidup. Sebagai gantinya, konsumsi banyak buah, sayur, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

 

8. Mencukupi Kebutuhan Vitamin dan Mineral

Untuk mempertahankan kesehatan – yang akhirnya akan memperpanjang usia, pastikan kamu sudah mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral harian. Keduanya dapat membantu menjaga kekebalan tubuh sekaligus memberi energi tubuh.

Tak hanya dengan mengonsumsi makanan tinggi gizi, mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral juga dapat dilakukan dengan minum multivitamin – nah, kamu direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active secara rutin, ya!

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang memiliki ragam manfaat baik untuk menjaga tubuh saat aktivitas harian.

Kandungan vitamin C di dalam Enervon Active bersifat ramah di lambung, sehingga tak perlu takut membuat perut menjadi perih, malah dapat membantu memaksimalkan imunitas tubuh, lho.

Selain itu, multivitamin andalan satu ini dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa dirasakan berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

Yuk, segera dapatkan multivitamin andalan satu ini dengan mengunjungi official store Enervon!

 

Meski sederhana tapi sejumlah kebiasaan di atas memiliki manfaat besar dalam menjaga kesehatan, termasuk memperpanjang usia. Mulai sekarang, kamu dapat mulai menerapkan hal-hal di atas, ya!

 



Featured Image – journal.sociolla.com

Source – cnnindonesia.com