Indonesia menjadi negara yang diakui oleh dunia sebagai dengan penanganan pandemi Covid-19 gelombang kedua dengan baik. Meskipun harus melewati gelombang yang sangat tinggi dengan angka kematian yang fantastis, saat ini Indonesia sudah mulai berangsur pulih. Bahkan, kegiatan new normal sudah dijadikan kebiasaan baru dan membuat masyarakat hidup berdampingan dengan virus ini.

Namun, tidak bisa dipungkiri – pandemi masih tetap ada, ancaman hadirnya gelombang ketiga dari Covid-19 ini pun tidak bisa dihindari. Saat ini, sudah beberapa negara telah mengalami gelombang ketiga. Agar Indonesia tidak mengalami lonjakan seperti di gelombang kedua, masyarakat dapat mencegah hadirnya gelombang ketiga ini, lho! Simak hal-hal yang perlu dilakukan di bawah ini.

 

 

Menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat

Credit Image - jovee.id

Memiliki daya tahan tubuh yang kuat selama pandemi merupakan kunci utama agar tidak terpapar virus Covid-19. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, tentunya imun yang baik juga akan terbentuk. Hal inilah yang membuatmu tidak mudah terserang penyakit – baik bakteri maupun virus.

Untuk meningkatkan imun dalam tubuh, kamu dapat mengonsumsi makan-makanan yang baik untuk tubuh dan menghindari makanan tinggi lemak dan junk food. Menjaga kebersihan juga menjadi kunci utama agar tetap terhindar dari virus corona. hand sanitizer dengan alkohol minimal 60% sesuai anjuran WHO juga akan membantumu tetap terjaga di masa pandemi ini.

 

Lakukan Vaksinasi Covid-19

Kementerian kesehatan Indonesia telah menganjurkan masyarakat untuk melakukan vaksinasi. Hal ini juga sejalan dengan anjuran dari WHO – yang mengatakan bahwa vaksinasi telah menjadi langkah paling efektif untuk mengatasi penyebaran virus Covid-19 saat ini. Dengan vaksinasi, diharapkan seluruh masyarakat memperoleh kekebalan yang optimal dan herd immunity akan segera terbentuk.

Menurut laman covid.go.id, vaksinasi telah terbukti efektif mengurangi angka kematian akibat Covid-19. Dengan vaksinasi, kamu akan menjaga penularan dan penyebaran virus Covid-19. Tidak hanya menjaga diri sendiri, kamu juga menjaga orang lain, lho!

 

Mengonsumsi Makanan Bergizi

Credit Image - halodoc.com

Seperti yang telah dikatakan di atas – pola makan yang sehat akan membentuk daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh yang baik juga akan mencegah terserangnya virus yang masuk ke dalam tubuh, sehingga jika virus corona masuk ke dalam tubuh hanya akan menempel saja, tidak mengalami gejala apa pun.

Untuk menerapkannya, rutinlah untuk mengonsumsi makanan bersih dan sehat seperti sayur dan buah-buahan setiap harinya. Usahakan untuk selalu memasak sendiri dan mengurangi asupan makanan olahan. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi air putih antara 8-10 gelas per hari ya!

 

Beristirahat dan Tidur yang Cukup

Memperoleh imunitas juga dapat dilakukan dengan tidur yang cukup. Meskipun terlihat sederhana dan sepele, National Geographic telah mengatakan bahwa kekebalan tubuh dapat dibangun dengan mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas selama 6-7 jam setiap malamnya. Dengan istirahat dan tidur yang cukup, kekebalan tubuh terhadap flu, infeksi pernafasan, dan penyakit pernafasan lainnya – seperti Covid-19 akan menjadi terbentuk.

Akan lebih juga jika kamu mulai tidur sebelum jam 11 malam dan bangun di pagi hari sebelum jam 5 pagi. Begadang malam sangat dianjurkan untuk dihindari, hal ini dilakukan agar durasi waktu tidur tetap terjaga. Kualitas tidur yang baik juga akan membuatmu segar pada aktivitas di keesokan harinya, lho!

 

Rajin Berolahraga dan Berjemur

Credit Image - kompas.com

Berolahraga menjadi salah satu cara untuk menaikkan sistem imun dalam tubuh. Melansir dari CNBC, pasien yang rajin berolahraga dan terserang Covid-19 akan sedikit peluangnya untuk mendapat perawatan di rumah sakit atau hingga meninggal akibat penyakitnya. Dengan rajin berolahraga, metabolisme tubuh menjadi lebih terkontrol dan risiko penyakit akan terhindari, termasuk dapat menangkal virus dalam tubuh.

Berjemur juga dianggap efektif untuk meningkatkan daya tahan tubuh, karena memiliki kandungan Ultraviolet B yang nantinya akan membentuk vitamin D3. Agar mendapat vitamin tersebut, kamu disarankan untuk berjemur sebelum jam 10 pagi selama 5-15 menit sebanyak seminggu tiga kali.

 

Optimalkan Perlindungan Dengan Asupan Vitamin

Menjaga kesehatan tubuh tidak lengkap rasanya tanpa memperoleh asupan vitamin dan mineral. Kedua kandungan nutrisi tersebut memang baik buat menjaga kondisi tubuh, apalagi yang berkaitan dengan sistem kekebalan.

Adapun vitamin dan mineral yang esensial – dan baiknya kamu konsumsi setiap harinya, yakni vitamin C, vitamin B kompleks, dan zinc. Ketiganya bisa diperoleh dari sumber makanan, atau disarankan pula meminum multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg untuk perlindungan ekstra.

Atau, bisa juga minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Tak hanya membantu menjaga kekebalan saja, namun kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir tubuh mudah lelah, ya!

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Nah, itulah keenam tips mengantisipasi gelombang ketiga, baik dalam urusan penerapan prokes hingga menjaga kesehatan tubuh.

 

 

Featured Image – indonesia.travel

Source – cnnindonesia.com