Pernah mendengar sugar craving? Ya, ini merupakan kondisi yang umumnya terjadi ketika tubuh sedang menginginkan asupan makanan yang manis. Dilansir dari Healthline, keinginan tersebut bisa dialami oleh siapa saja, namun lebih sering dialami oleh wanita.

Meski bisa diredakan dengan mengonsumsi makanan manis, namun sugar craving dapat muncul kapan saja – bahkan sering dirasakan. Hal ini tentu tidak baik untuk kesehatan tubuh, karena makanan manis yang dikonsumsi berlebih akan menyebabkan rasa lelah, mudah marah, dan rasa cemas.

Selain itu, sugar craving juga dapat berakhir dengan menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius.

Tapi tenang, kondisi ini dapat dihindari dan diatasi dengan mengonsumsi makanan yang lebih sehat, sehingga tidak berbahaya untuk kesehatan tubuh. Apa saja makanan yang direkomendasikan? Berikut ulasannya.

 

 

1. Buah-buahan

Credit Image - health.clevelandclinic.org

Buah-buahan mengandung gula alami yang juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Healthline menyebutkan bahwa buah-buahan, seperti mangga atau anggur, memiliki kandungan gula yang lebih tinggi sehingga bisa mengatasi sugar craving dengan lebih baik.

Buah berry, seperti blueberry, stroberi, blackberry, dan raspberry juga disebutkan oleh Everyday Health sebagai buah yang baik dikonsumsi untuk mengatasi sugar craving. Buah tersebut memiliki kandungan glikemik rendah sehingga tidak membuat level gula darah naik secara signifikan.

Tidak hanya itu saja, konsumsi buah berry juga akan membuat perut lebih kenyang, gula darah seimbang, dan sensitivitas insulin meningkat.

 

2. Cokelat Hitam

Banyak yang mengonsumsi coklat ketika sugar craving menyerang. Coklat hitam atau dark chocolate bisa menjadi alternatif terbaik ketika tubuh menginginkan asupan makanan manis karena lebih sehat dan mengandung lebih dari 70 persen coklat.

Selain itu, coklat hitam juga memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi yang berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung.

 

3. Gandum Utuh

Credit Image - healthline.com

Gandum utuh, seperti oat dan beras merah, bisa menjadi alternatif yang sehat untuk mengatasi sugar craving. Konsumsi gandum utuh juga bisa mengurangi rasa lapar dan memberikan rasa kenyang yang lebih lama sehingga keinginan untuk makan makanan yang manis bisa dikurangi.

 

4. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian, seperti chia seed, almond, biji labu, hingga biji wijen mengandung lemak sehat, protein, dan serat yang memberikan berbagai manfaat kesehatan. Tidak hanya itu saja, konsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian bisa membuat tubuh terasa kenyang lebih lama dan menghindarkan sugar craving.

 

5. Daging dan Ikan

Credit Image - insider.com

Tidak hanya untuk diet saja, daging dan ikan merupakan sumber protein yang baik untuk mengurangi keinginan ngemil makanan yang manis. Bahkan, sudah dibuktikan bahwa sugar craving bisa ditekan hingga 60 persen ketika daging dan ikan dimasukkan dalam menu makanan sehari-hari.
 

6. Cara Lain untuk Mengatasi Sugar Craving

Selain dengan mengonsumsi makanan sehat di atas, mengatasi sugar craving kamu juga bisa melakukan beberapa cara lainnya, seperti:

  • Biasakan minum air putih ketika menginginkan minuman manis, ingat, jangan selalu menuruti keinginanmu tersebut.
  • Kurangi asupan gula secara perlahan. Selain itu, batasi konsumsi minuman manis dalam kemasan. Jika terbiasa mengonsumsinya setiap hari, cobalah menguranginya menjadi tiga kali seminggu. Terus kurangi hingga kamu semakin jarang mengonsumsinya.
  • Cermati infomasi nilai gizi dan komposisi minuman dan makanan manis. Batas konsumsi gula dalam sehari adalah 50 gram. Jika suatu minuman manis mengandung 27 gram gula, jumlah tersebut telah melebihi 50 persen kebutuhan gula harian.

Seperti yang sudah diketahui, mengontrol asupan gula termasuk ketika sugar craving memang penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh, ya. Untuk mengurangi sugar craving, kamu pun disarankan menggantinya dengan asupan bergizi, seperti smoothie maupun jus buah.

Selain itu, rutin berolahraga dan cukup tidur juga sangat disarankan – karena, keduanya berperan dalam menjaga kesehatan sekaligus mengurangi risiko terkena penyakit berbahaya, termasuk penyakit diabetes.

Yang tak kalah pentingnya, pastikan kamu sudah melengkapi hidup sehat dengan rutin mengonsumsi multivitamin Enervon Active yang memiliki kandungan lengkap, ya!

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – kandungan vitamin C yang ramah di lambung akan membantu menjaga imunitas, dan vitamin B kompleksnya dapat mengoptimalkan energi tubuh agar tidak mudah lelah.

Multivitamin Enervon Active pun dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa dirasakan berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

Yuk, segera dapatkan multivitamin andalan satu ini dengan mengunjungi official store Enervon!

 

Untuk kamu yang seringkali mengalami sugar craving, cobalah ganti makanan atau minuman manis dengan asupan yang lebih sehat di atas, ya!

 

 

Featured Image – bbc.co.uk

Source – kompas.com