Tahukah kamu bahwa kesehatan mental kerap menjadi suatu hal yang luput dari perhatian? Jangan disepelekan, hal ini penting untuk dijaga, lho. Karena, kondisi mental juga dapat berpengaruh terhadap kesehatan fisikmu.

Untuk menjaga kesehatan mental, kamu dapat mulai berlatih mindfulness yang akan membantu mengurangi rasa cemas atau stres yang tengah dialami.

Mindfulness sendiri merupakan kemampuan dasar manusia untuk hidup di masa kini sepenuhnya. Dengan memusatkan perhatian pada apa yang dilihat, apa yang dirasakan, dan menerimanya dengan sadar tanpa perlawanan.

Lalu, bagaimana cara untuk melatih mindfulness di rumah? Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

Membuat Jurnal

Credit Image - cnnindonesia.com

Dulu saat remaja, mungkin kamu salah satu termasuk yang menyukai menulis diary. Menuangkan semua perasaan yang sedang dialami ke dalam buku diary. Menulis jurnal salah satu cara melatih mindfulness yang dapat mengurangi perasaan cemas berlebihan. 

Mengapa demikian? Karena ketika menulis jurnal, kamu bisa mengutarakan perasaan tersebut secara sadar dan leluasa. Selain itu, journaling dapat menjernihkan pikiran, bahkan membuatmu menjadi mengenali diri sendiri secara utuh. 

Walaupun sekadar menulis, tapi itulah yang bisa mereduksi stres serta menyelesaikan masalah secara lebih tenang dan efektif. Jadi, untuk memulai mindfulness ini, kamu bisa mulai dengan menuliskan apa yang sedang dirasakan pelan-pelan.

 

Hindari Multitasking

Saat di rumah menjadi waktu yang tepat untuk melonggarkan otot-otot dan beristirahat dari melakukan terlalu banyak hal sekaligus. Jika semua dikerjakan secara bersamaan, otak mama justru nantinya akan bermasalah. 

Misalnya saja saat ingin mengerjakan rumah, namun terdistreksi dengan hal-hal lain. Melakukan terlalu banyak hal dapat mengganggu fokus, sedangkan praktik mindfulness adalah untuk melatih fokus pada apa yang di depan mata. 

Jadi alangkah baiknya kamu membatasi kegiatan sejenak dan tidak melakukan satu tugas pada satu waktu. Dengan begitu, kamu bisa menjadi lebih fokus pada satu hal saja. 

 

Kurangi Menggunakan Handphone Ketika di Rumah

Credit Image - voi.id

Ketika di rumah, kita merasa waktunya sudah istirahat. Namun sebenarnya kita belum benar-benar istirahat karena masih disibukan dengan hal-hal yang berasal dari handphone. Entah melihat sosial media, berkirim pesan dengan orang-orang terdekat atau sebagainya. 

Ketika ingin memulai mindfulness, mengurangi paparan dari gadget juga bisa dilakukan. Supaya kamu hanya berfokus pada kegiatan yang benar-benar menenangkan pikiran dan menyehatkan saja. 

Simpan sejenak handphone, bila perlu alihkan ke mode silent supaya kamu tidak merasa harus membalas pesan ketika ada nada dering pesan yang masuk. Gunakan waktu mindfulness ini sebaik mungkin, ya.

 

Menggambar atau Mewarnai

Ternyata menggambar bukan untuk anak kecil saja, lho. Menggambar bisa menjadi cara melatih mindfulness yang dapat meningkatkan aktivitas fungsi kognitif, melatih resiliensi emosi dan mengolah kepercayaan diri. 

Sebuah studi oleh peneliti dari Universidade de Sao Paulo, Brazil mengatakan bahwa art therapy seperti menggambar dan mewarnai bisa menjadi treatment yang efektif bagi depresi. 

Apalagi ketika menggambar, kamu akan lebih banyak menggunakan otak kanan dari pada otak kiri. Otak kanan adalah bagian yang memproses kreativitas, imajinasi dan berpikir secara holistik. Jadi ketika menggambar, kamu akan benar-benar menghadirkan diri secara sadar untuk mengeluarkan kreativitas. 

 

Meditasi dengan Panduan dari Aplikasi

Credit Image - womansday.com

Berhubung cara mindfulness ini dilakukan di rumah, maka kamu bisa menggunakan aplikasi atau melihat video dari Youtube untuk berlatih meditasi. Saat ini sudah banyak video panduan-panduan meditasi untuk pemula. 

Selain itu, kamu bisa melakukannya dengan nyaman karena di rumah sendiri. Meditasi adalah cara mindfulness untuk meredakan gangguan kecemasan. Jika dilakukan secara rutin, dampak positifnya yang didapat, yaitu kamu merasakan ialah tenang, bahagia dan berpikir positif. 

Selain itu, meditasi bisa meningkatkan kinerja otak yang berperan dalam proses mengingat dan berkonsentrasi. 

 

Melakukan Kegiatan yang Disukai

Setiap orang pasti memiliki kesenangannya masing-masing dalam melakukan hobi. Biasanya kegiatan yang disukai ialah aktivitas yang menghubungkan kita dengan semangat batin dan membuat kamu merasa hidup sepenuhnya. 

Kalau kamu suka memasak, menyanyi, berkebun, berenang dan masih banyak lagi tentunya. Kamu Bisa melakukan itu sebagai cara melatih mindfulness di rumah. Dengan begitu, kamu tidak kehilangan cara untuk mengatasi stres dengan melakukan hal-hal yang disukai.

Tidak hanya itu, melakukan kegiatan yang disukai juga dapat berupa self-care. Ingat, jangan sampai kamu melupakan kesehatan tubuhmu ya.

Self-care dapat berupa penerapan gaya hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi, mencukupi kebutuhan cairan, dan rutin memperoleh asupan vitamin dan mineral.

Baik vitamin dan mineral memang bisa kamu peroleh dari sumber makanan bergizi, namun ini belum tentu bisa mencukupi kebutuhan hariannya, lho. Untuk itu, disarankan mengonsumsi multivitamin Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tak mudah lelah, sekaligus mengoptimalkan imunitas!

Selain dapat menjaga imun, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya juga dapat membantu proses metabolisme tubuh sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah jadi sumber energi bagi tubuh.

Untuk mendapatkan produk Enervon Active, yuk, segera klik di sini, ya!

 

Untukmu yang masih sering cemas atau stres, bahkan kerap mengabaikan kondisi kesehatan mental. Yuk, coba praktikkan mindfulness dengan deretan cara di atas!

 

 

Featured Image – forbes.com

Source – popmama.com