Liburan merupakan momen paling ditunggu, karena biasanya ini waktu tepat untuk menyantap makanan enak bersama keluarga maupun teman. Meski demikian, jangan sampai hal tersebut membuatmu abai dengan kondisi kesehatan, ya.

Penting sekali untuk mengetahui – dan menerapkan tips makan sehat selama liburan agar tubuh tetap bugar. Kamu masih boleh bersenang-senang, kok, sekaligus boleh menyantap makanan favorit. Tapi, jangan sampai berlebihan!

Berikut ini tips makan sehat selama liburan yang sebaiknya diterapkan.

 

 

Cari Alternatif Sehat untuk Hidangan Favorit

Credit Image - thespruceeats.com

Makan sehat tidak berarti kamu harus meninggalkan makanan favorit selama liburan. Hal yang dibutuhkan hanyalah beberapa modifikasi. Misalnya, kamu bisa menggunakan lebih sedikit mentega, mengganti mayones dengan yoghurt untuk salad, atau memanggang alih-alih menggoreng.

Dengan trik sederhana ini, kamu bisa tetap menikmati makanan favorit kamu, sekaligus juga mengonsumsi makanan sehat dan memangkas kelebihan kalori yang tidak perlu. 

 

Lebih Banyak Makan Buah dan Sayur

Tips makan sehat lainnya agar kamu masih bisa menyantap hidangan favorit adalah dengan mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur juga. Ganti camilan tidak sehat kamu dengan buah. Lalu selipkan banyak variasi sayur saat kamu membuat makanan favorit. 

Jika sedang berlibur di luar rumah dan makan di restoran, jangan lupa untuk memesan seporsi sayuran setiap makan ya. Sedikit tips, makanlah buah atau sayuran terlebih dahulu, sebelum menyantap makanan lain. Ini akan memastikan kamu mendapatkan asupan serat dan nutrisi yang cukup, sekaligus juga mencegah makan berlebihan.

 

Ingat Kontrol Porsi Makan!

Credit Image - houseofwellness.com.au

Seringkali, hal terpenting bukanlah apa yang dimakan, melainkan seberapa banyak kamu memakannya. Makan makanan tidak sehat boleh saja sesekali, dengan porsi secukupnya. 

Kamu juga boleh ngemil keripik kentang favorit di siang hari, asalkan tidak berlebihan. Bila perlu, makanlah dalam porsi kecil tapi sering. Ini akan meningkatkan pencernaan dan mengurangi jumlah yang kamu makan. 

Jika khawatir tentang kontrol porsi, kamu bisa menggunakan piring yang lebih kecil atau mengurangi jumlah hidangan yang disajikan setiap kali makan.

 

Minum Air yang Cukup

Tips makan sehat selanjutnya adalah dengan minum air yang cukup. Ini dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan sehat saat membuat keputusan tentang apa yang akan dimakan selama liburan.

Terlebih, seringkali banyak orang mengira bahwa dirinya lapar, padahal sebenarnya hanya haus. Jadi, cobalah untuk minum segelas air saat merasa lapar padahal belum waktunya makan

 

Tetap Berolahraga, ya!

Credit Image - everyoneactive.com

Banyak orang malas bergerak saat menikmati liburan, terlebih jika liburannya di rumah saja. Padahal, olahraga merupakan salah satu kunci untuk menjaga kesehatan.

Terutama jika kamu merasa makan berlebihan saat liburan, cobalah imbangi dengan rutin berolahraga. Jika sedang berlibur di luar rumah, kamu bisa mengakalinya dengan berjalan kaki menuju destinasi wisata yang dituju, alih-alih naik kendaraan.

 

Cukupi Kebutuhan Vitamin dan Mineral

Yang tak kalah pentingnya dalam penerapan pola makan sehat, kamu juga harus mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral. Selain menjaga kesehatan, kedua nutrisi tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh serta membentuk energi tubuh untuk beraktivitas seharian.

Selain dari asupan makanan bergizi, termasuk sayur dan buah-buahan, kamu dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral dengan rutin mengonsumsi rangkaian multivitamin Enervon Active.

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Kandungan vitamin C dan zinc di dalamnya dapat membantu menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit. Selain itu, kandungan vitamin B kompleksnya akan membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama, sehingga tak mudah lelah saat beraktivitas!

Yuk, segera dapatkan multivitamin andalan satu ini dengan mengunjungi official store Enervon, ya.

 

Jadi, momen liburan bukan berarti kamu boleh asal makan dan tak memerhatikan kesehatan, lho. Jalani pola makan di atas agar tubuh tetap bugar!

 

 

Featured Image – eatthis.com

Source – halodoc.com