Masuk masa liburan anak-anak sekolah menjadi salah satu momen jalan-jalan yang tepat. Tidak hanya keluarga, menghabiskan waktu menjelajahi banyak destinasi wisata bersama teman satu geng juga seru dilakukan. Satu hal pasti yang tak boleh diremehkan adalah menjaga kondisi tubuh tetap fit dan sehat selama perjalanan. Tentu saja kamu ingin menikmati seluruh momen traveling dengan sempurna bukan? Maka pahami daftar manfaat vitamin C bagi tubuh saat traveling berikut ini. Terapkan juga beberapa tips pemenuhan vitamin C yang mudah dilakukan.

Manfaat Vitamin C bagi Tubuh Selama Traveling

1. Menyehatkan Kulit dan Meminimalisir Radikal Bebas

Liburan dengan banyak aktivitas di luar ruangan tidak bisa dipisahkan dari kondisi cuaca di sekitar kamu. Apalagi jika dikaitkan dengan adanya paparan radikal bebas seperti polusi udara dan asap rokok. Hal inilah yang akan memengaruhi kesehatan kulit akibat adanya penurunan produksi kolagen. Dengan mencukupi kebutuhan vitamin C harian, tubuh akan sangat terbantu dalam memastikan kulit tetap sehat, kencang, dan bercahaya.

2. Menurunkan Risiko Tertular Penyakit

Selain kulit, kesehatan tubuh juga akan sangat terpengaruh oleh suhu yang kerap berubah. Contoh mudahnya, kamu baru saja jalan-jalan ke pantai yang panas lalu langsung terkena suhu dingin dari AC mobil. Belum lagi jika kamu kerap berpindah destinasi wisata dengan suhu yang berbeda-beda. Hal ini membuat daya tahan tubuh menurun dan risiko terjangkiti penyakit menular lebih tinggi. Sakit ringan seperti flu dan demam saja bisa sangat mengganggu perjalanan lho. Jadi vitamin C yang cukup akan berperan sebagai antioksidan untuk menangkal penyakit.

3. Meminimalisir Kelelahan Fisik

Banyaknya aktivitas fisik yang seru dilakukan selama traveling tentu akan menguras energi. Gejala kelelahan fisik seperti lemas dan lesu memang wajar. Namun ada kemungkinan tubuh mengalami penurunan sel darah merah dan penyerapan zat besi yang terhambat. Vitamin C berperan aktif dalam proses penyerapan nutrisi tubuh sehingga produksi sel darah merah juga lebih lancar. Hal ini juga akan meningkatkan performa fungsi organ tubuh secara keseluruhan.

4. Menjaga Stabilitas Suasana Hati

Menyambung pada poin sebelumnya, performa tubuh yang meningkat juga akan berpengaruh besar pada rasa semangat. Dalam salah satu penelitian di Universitas Otago menunjukkan adanya pengaruh antara kecukupan vitamin C dengan meningkatnya suasana hati. Kemungkinan adanya suasana hati yang berubah saat liburan masih ada, jadi tidak rugi sama sekali jika keceriaan dan rasa senang dimaksimalkan dengan kecukupan vitamin C.

5. Menurunkan Gejala Gangguan Darah

Apakah kamu tipe orang yang suka dengan konsep liburan wisata kuliner? Jika iya, maka kamu harus hati-hati dengan efeknya. Orang cenderung kurang memperhatikan asupan lemak, gula, dan garam selama liburan sehingga kemungkinan merasakan adanya gejala gangguan tekanan darah menjadi lebih besar. Alhasil tekanan darah menjadi sulit dikontrol dan ada potensi munculnya gejala kolesterol naik dan asam urat. Vitamin C sebagai zat antioksidan terbukti ampuh mengatasi gejala penyakit tersebut. Terutama bagi kamu yang memiliki riwayat penyakit tersebut.

6. Menjaga Stabilitas Imun Tubuh

Secara umum, vitamin C mampu menjaga stabilitas imun tubuh meski memiliki aktivitas padat. Telah banyak penelitian yang membuktikan kemampuan vitamin C dalam meningkatkan produksi sel darah putih. Sehingga meski ada virus atau bakteri yang terlanjur masuk selama traveling, tubuh tetap terhindar dari infeksi.

Tips Pemenuhan Vitamin C Saat Traveling

Kamu mungkin berpikir bahwa memastikan kebutuhan vitamin C harian saat liburan adalah hal yang sulit dilakukan. Apalagi dengan banyaknya aktivitas sehingga pengontrolan asupan makan menjadi kurang terjaga. Meskipun begitu, ada beberapa tips dan trik yang bisa dicoba di bawah ini.

1. Jangan Lewatkan Menu Buah Jika Ada

Vitamin C alami paling efektif yang bisa didapatkan adalah dari konsumsi buah. Banyak buah tinggi vitamin C yang sering ditemui, seperti jeruk, stroberi, jambu biji, dan kiwi. Jadi sebenarnya mengonsumsi buah saat traveling masih bisa diusahakan meskipun tidak semudah saat di rumah. Saat kamu berkunjung ke suatu tempat makan khas, jangan melewatkan menu buah atau olahan yang mengandung vitamin C tinggi.

2. Vitamin C Bersama Air Putih

Selain makanan, minuman juga patut diperhatikan ya. Saat ini mengonsumsi vitamin C bersamaan dengan mencukupi cairan tubuh harian sangat mudah. Dengan produk vitamin effervescent, kamu bisa memenuhi kebutuhan vitamin C sekaligus cairan tubuh. Bahkan proses penyerapannya juga akan lebih cepat berlangsung.

3. Konsumsi Vitamin Tablet Sehari Sekali

Tips yang ketiga ini tidak kalah praktis dengan sebelumnya, yaitu mengonsumsi vitamin tablet. Hanya dengan minum tablet vitamin C setiap hari saat pagi, kamu telah berperan besar dalam menjaga kesehatan tubuh selama perjalanan. Apalagi jika tablet suplemen yang dipilih mengandung bahan lain yang juga bermanfaat besar dalam menjaga stamina tubuh.

Bicara soal vitamin C tablet, Enervon-C Tablet menjadi salah satu solusi yang banyak direkomendasikan. Selain praktis dibawa selama traveling, suplemen ini juga memiliki kandungan multivitamin dan mineral yang lengkap. Tidak hanya semua manfaat vitamin C di atas, kamu juga bisa mendapat manfaat besar dari kandungan yang lain seperti vitamin B kompleks dan Niacinamide. Dapatkan produknya dengan akses paling mudah di Tokopedia atau Shopee official.