Snorkeling adalah salah satu kegiatan penyelaman permukaan laut yang banyak dilakukan wisatawan dan termasuk dalam olahraga air pemicu adrenalin. Melihat kehidupan bawah laut yang menawan dan berinteraksi dengan biota laut adalah daya tarik utama dari aktivitas seru ini. Di Indonesia, spot snorkeling yang banyak digemari adalah Lombok dan Bali. Namun tahukah kamu bahwa Banyuwangi punya deretan spot snorkeling yang tak kalah keren? Berikut ini adalah 5 spot snorkeling Banyuwangi terbaik yang harus kamu coba. Ikuti juga tips sehat sebelum dan sesudah snorkeling di bawah ya.

Spot Snorkeling Banyuwangi Terbaik

1. Grand Watudodol

Spot pertama yang direkomendasikan adalah Grand Watudodol di Pantai Watudodol, kurang lebih 30 menit dari Kota Banyuwangi. Jika kamu penyelam pemula, kamu sudah bisa menikmati indahnya susunan terumbu karang cukup dengan menyelam pada kedalaman 1 meter. Terdapat terumbu karang keras dan lembut beserta penghuninya menunggu kamu di sana.

2. Pantai Bangsring

Berikutnya ada Pantai Bangsring, salah satu wilayah konservasi yang menjadi rumah bagi puluhan spesies ikan. Dengan snorkeling di sini, kamu akan melihat berbagai jenis terumbu karang terawat dan Patung Gandrung. Ya, kamu tidak salah membaca. Patung Gandrung yang ditempatkan di dasar laut menambah kecantikan pemandangan bawah laut.

3. Pulau Tabuhan

Jika kamu lebih suka pulau tidak berpenghuni, maka menyelam di pantai sekitar Pulau Tabuhan sangat direkomendasikan. Spot yang satu ini menawarkan keindahan gugusan terumbu karang di bawah laut yang menawan. Tidak hanya snorkeling, kamu juga bisa berkemah di sini meski areanya tidak luas. Bila sedang beruntung, kamu bisa mengikuti beberapa acara penyelam di sana.

4. Pantai Mustika

Berada di Banyuwangi bagian selatan, Pantai Mustika menjadi area snorkeling yang banyak dituju wisatawan. Di sekeliling pantai, terdapat beberapa pulau kecil yang menunggu untuk dijelajahi. Salah satunya adalah Pulau Bedil yang terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Ombak tenang yang ditawarkan sangat cocok bagi kamu yang ingin menyelam.

5. Teluk Biru (Pantai Senggrong)

Terakhir dalam daftar ini adalah Pantai Senggrong atau lebih populer disebut sebagai Teluk Biru. Memiliki lokasi yang cukup terpencil, suasana di sekitarnya masih sangat murni. Dijamin pengalaman menyelam kamu akan jauh lebih berkesan. Tenang saja, kamu dan rombongan bisa menyewa perahu untuk sampai ke sana. Seru sekali, bukan?

Sumber: Google oleh Daniela NA

Tips Sehat Sebelum dan Sesudah Snorkeling

Selain memilih spot snorkeling yang paling menarik minatmu, mempersiapkan fisik juga menjadi hal penting. Selain untuk memastikan keselamatan kamu selama melakukan penyelaman, beberapa tips di bawah ini akan membantu kamu menjaga daya tahan tubuh sepulang dari sana.

1. Stamina yang Fit

Perlu dipahami bahwa snorkeling adalah salah satu olahraga air yang membutuhkan banyak energi. Sehingga kamu perlu memastikan stamina tubuh dalam kondisi prima sebelum melakukannya. Jangan lupa sarapan atau makan besar setidaknya satu jam sebelum masuk air.

2. Memilih Cuaca Terbaik

Selain diri sendiri, perhatikan juga kondisi cuaca di sekitar spot snorkeling selama beberapa hari terakhir. Hindari cuaca ekstrem yang membuat gelombang ombak sangat besar. Hal tersebut bisa berbahaya dan menyulitkan kamu untuk mengontrol tubuh di permukaan air.

3. Perlengkapan Pribadi yang Penting

Kamu mungkin berencana menyewa perlengkapan snorkeling kepada pengelola di lokasi pilihan. Tapi ada beberapa perlengkapan lain yang tak boleh dilewatkan untuk kamu bawa sendiri. Di antaranya adalah tabir surya tahan air, botol air minum, obat-obatan pribadi, suplemen, dan lain-lain sesuai kebutuhan.

4. Hidrasi Tubuh yang Cukup

Baik sebelum maupun sesudah snorkeling, menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik adalah hal wajib. Kekurangan cairan tubuh bisa membuat tubuh lemah, sulit berkonsentrasi, pusing, dan keluhan lainnya. Apalagi aktivitas yang satu ini memungkinkan kamu terpapar sinar matahari cukup lama.

5. Mengikuti Aturan Snorkeling Terkait Penerbangan

Jika kamu datang dari luar daerah Banyuwangi dan naik pesawat, maka kamu perlu memperhatikan jadwal penerbangan dengan waktu menyelam. Rentang waktu yang disarankan antara waktu menyelam dengan waktu penerbangan adalah 12-24 jam, baik sebelum maupun setelah menyelam. Hal ini untuk menghindarkan tubuh dari dekompresi, adanya penyumbatan pembuluh darah akibat perubahan tekanan air dan udara yang terlalu cepat. Meski risiko ini cukup rendah untuk snorkeling, tidak ada salahnya melakukan pencegahan.

6.  Mengecek Kondisi Tubuh

Setelah sesi snorkeling selesai, periksa kembali kondisi tubuh untuk memastikan tidak ada luka dan memar. Terutama untuk kamu yang sering memiliki masalah pada telinga, pastikan air laut tidak menyebabkan infeksi. Agar stamina cepat kembali, beri tubuh waktu istirahat yang cukup.

Perkuat Imun Tubuh Dengan Enervon

Menyambung tips di atas, salah satu cara menjaga stamina tetap fit adalah dengan memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh. Pastikan kamu sudah sarapan dengan komposisi gizi yang lengkap. Enervon-C Effervescent hadir dengan kandungan multivitamin dan mineral yang lengkap dalam tablet effervescent yang mudah larut dalam air putih. Mulai dari vitamin C, vitamin B kompleks, hingga mineral penting lain ada di dalamnya. Kamu tidak hanya melengkapi nutrisi penting, tapi juga mendukung kecukupan cairan tubuh seharian. Pastikan kamu memiliki stok Enervon dari toko resminya di Tokopedia dan Shopee.