Bicara soal Makassar pasti kamu langsung teringat tentang Pantai Losari. Padahal, masih ada banyak wisata alam Makassar lain yang juga tak kalah indah dari pantai tersebut lho! Selain memiliki segudang pantai cantik, salah satu kota besar di Sulawesi Selatan itu juga punya spot alam magis berupa air terjun, pulau-pulau kecil, dan wisata perbukitan yang menantang adrenalin. Bagi kamu yang ingin mengeksplor Makassar di tempat-tempat yang anti mainstream, simak dulu yuk beberapa rekomendasinya berikut!

Wisata Alam Makassar

1. Pantai Panrang Luhu

Sumber: tripadvisor

Selain Pantai Losari, kamu wajib datang ke Pantai Panrang Luhu saat berlibur ke Makassar. Sesampainya di sana, bersiaplah untuk disambut oleh jejeran pohon kelapa yang menegaskan kesan alami nan indah. 

Selain itu, pantai ini juga menjadi spot paling ideal untuk menikmati sunset di sore hari. Untuk bisa sampai ke pantai yang terletak di Kabupaten Bulukumba ini, kamu harus menempuh jarak 37 km dari pusat kota. Memang cukup jauh dan melelahkan ya, tapi semuanya akan terbayar dengan pemandangan elok yang akan kamu lihat.

 

2. Pantai Apparalang

Sumber: pantaipedia

Beralih ke Tanjung Bira, kamu juga bisa mampir ke Pantai Apparalang yang dihiasi tebing karang dengan pemandangan indah dan unik. Tempat terbaik untuk menikmati keindahan di pantai ini yaitu dengan naik ke Menara Biru. Pastinya menyenangkan karena bisa melihat keindahan Pantai Appalarang dari atas ketinggian.

Jangan lupa untuk mengabadikan momen di tempat yang menyerupai Raja Ampat Papua ini, supaya liburanmu menjadi lebih mengesankan.

 

 

3. Air Terjun Batulappa 

Sumber: travelingyuk

Wisata alam Makassar berikutnya yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Air Terjun Batulappa. Sesuai dengan namanya, spot wisata alam yang satu ini berlokasi di Batulappa, Desa Tompo, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

Wisata Air Terjun Batulappa merupakan spot hidden gem dengan keindahan alam yang menakjubkan. Daya tarik utama yang ada di sini adalah terdapat undak-undakan di sekitar lokasi yang cukup instagramable. Lakukan persiapan yang matang jika ingin singgah ke sini, karena untuk bisa sampai ke lokasi, kamu harus menempuh perjalanan selama 2-3 jam dari Kota Makassar.

 

4. Gunung Bawakaraeng

Sumber: bawakaraeng_id

Selain pantai dan air terjun, Makassar juga punya Gunung Bawakaraeng yang jadi spot pendakian favorit baik bagi pelancong maupun pecinta alam. Jika suka berpetualang, maka agendakan untuk datang ke tempat ini ya!

Selama perjalanan, kamu bisa menyaksikan pemandangan yang indah. Bahkan, sesampainya di atas, bersiaplah untuk menyaksikan perpaduan alam dan situs modern Kota Makassar yang yang berdiri megah dari ketinggian.

 

 

5. Bukit Kanari Camba

Sumber: makassar_guide

Ingin tahu spot menarik lain untuk menikmati pemandangan sunrise dan sunset di Makassar? Tentu saja jawabannya adalah Bukit Kanari Camba. Bukit yang dikelilingi tebing-tebing indah tersebut beralamatkan di Baji Pamai, Cenrana, Maros, Sulawesi Selatan yang bisa ditempuh selama 2 jam dari Kota Makassar.

Sayangnya, kondisi di sekitar lokasi cukup panas karena hanya ditumbuhi sedikit pohon. Apabila kamu datang di siang hari, sebaiknya membawa topi, payung, dan kacamata untuk melindungimu dari sengatan sinar matahari.

 

6. Bendungan Singgasana Balang Malino

Sumber: tumblr.com/makassarguide

Di kawasan Malino, kamu tidak hanya bisa melihat hamparan perkebunan, tapi juga hutan pinus dan bendungan. Salah satu daya tarik utama yang membuat wisatawan datang ke sini adalah jernihnya air dan keunikan dua susun pada Bendungan Singgasana. 

Namun, kamu harus bersiap untuk melintasi medan yang terjal untuk bisa sampai ke sini. Meskipun fasilitas yang tersedia masih tergolong minim, tapi terdapat toilet, warung, dan tempat duduk di sekitar tempat wisata.

 

 

7. Mangrove Lantebung

Sumber: osc.medcom.id

Ingin merasakan sensasi liburan yang tidak biasa selama di Makassar? Jangan lupa untuk datang ke Hutan Mangrove Lantebung ya! Tempat ini diberi nama Lantebung karena terletak di Desa Wisata Lantebung, Kelurahan Wira, Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar. 

Pada mulanya, tempat ini berfungsi untuk menghalau ombak dan angin kencang supaya tidak merusak pemukiman. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, hutan mangrove ini justru menjadi destinasi wisata favorit baik bagi turis lokal maupun asing.

 

8. Pulau Samalona

Sumber: makassar.terkini

Itinerary ke Kota Makassar belum sempurna jika belum datang ke Pulau Samalona. Awas! Kamu bisa dibuat terpesona saat sampai ke lokasi karena keindahan alamnya yang tiada tara. Selain melihat hamparan  pasir putih yang indah, kamu juga bisa melihat terumbu karang dan ikan dari permukaan laut secara langsung berkat air lautnya yang sangat jernih.

Selain menikmati keindahan matahari tenggelam di penghujung hari, kamu juga bisa melakukan beberapa aktivitas seru dan menyenangkan seperti diving atau snorkeling. Tertarik untuk mengunjungi Pulau Samalona? Yuk langsung saja menuju ke wilayah Kelurahan Lae-Lae, Kecamatan Mariso, Kota Makassar.  

 

 

9. Pulau Kayangan 

Sumber: tribuntimurtravel

Wisata alam Makassar memang sangat indah. Jika kamu butuh rekomendasi tentang pulau-pulau kecil di sekitar Kota Makassar, maka Pulau Kayangan adalah salah satu opsi terbaiknya.

Sebelas dua belas dengan Pulau Samalona, di sini kamu bisa menyaksikan hamparan pasir putih yang indah dan gugusan karang yang mempesona. Selain snorkeling dan diving, di sini kamu juga bisa camping, mengabadikan banyak momen, dan mencicipi kuliner lokal. Namun, hanya di Pulau Kayangan kamu bisa melihat kapal karam sisa Perang Dunia II yang mengagumkan.

 

 

Mengingat lokasi wisata alam Makassar cukup jauh dan harus ditempuh selama berjam-jam, maka lakukan persiapan fisik sebelum berangkat. Jagalah kesehatanmu dengan rutin mengonsumsi multivitamin Enervon-C Effervescent selama berlibur.

Enervon-C Effervescent hadir dengan bentuk tablet larut air yang tidak hanya bermanfaat bagi tubuh, tapi juga memberikan sensasi kesegaran di tenggorokan. Di dalamnya terkandung vitamin C 1000mg yang secara efektif mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain itu, multivitamin ini juga  diperkaya dengan vitamin B-Kompleks yang mendukung pembentukan energi di dalam tubuh. Cukup satu tablet setiap hari dan tubuh akan senantiasa aktif dan fit untuk berpetualang seharian. Klik link Shopee dan Tokopedia berikut untuk membelinya sekarang juga!.