Keindahan dan kentalnya budaya di Bali sudah tidak perlu diragukan lagi. Sebagai destinasi unggulan di Indonesia, Bali menawarkan berbagai macam atraksi wisata untuk semua usia. Jadi, liburan keluarga ke daerah ini adalah pilihan yang tepat. Salah satu kegiatan yang cocok untuk dinikmati bersama keluarga, sahabat, dan pasangan adalah menyaksikan indahnya matahari tenggelam. Suasana syahdu yang tidak hanya layak diabadikan, tapi juga diisi dengan bercanda dengan orang tersayang. Tidak hanya pantai, Bali juga memiliki spot sunset di perbukitan yang tak kalah cantik. Kunjungi 7 spot sunset di Bali berikut ini untuk mengisi waktu libur kamu.

Spot Sunset di Bali yang Wajib Dikunjungi

1. Pura Tanah Lot, Tabanan

Sumber: thecuratedtravelist.com

Lokasi pertama dan yang paling populer adalah Pura Tanah Lot. Bangunan pura yang ada di atas tebing batu dan menjorok ke tepi pantai menjadikan pemandangan sunset di sini banyak dinantikan. Siluet dari pura bersejarah dan ikonik ini akan menambah pemandangan menjadi semakin cantik saat dinikmati di tepi pantai yang menghadap arah barat daya.

2. Pura Luhur Uluwatu, Badung

Sumber: asset.kompas.com

Jika lokasi pertama tadi ada di pantai, Pura Uluwatu menawarkan keindahan bangunan pura di perbukitan. Bukit yang menjadi tempat berdirinya pura memiliki ketinggian mencapai 70 mdpl sehingga pengunjung perlu sedikit mendaki untuk menikmati keindahannya. Namun pemandangan sunset dari atas tebing dengan latar belakang samudra akan membuat kamu lupa dengan lelahnya mendaki. Suasana asri dan udara yang sejuk akan menambah ketenangan selama di sini.

3. Pura Lempuyang, Karangasem

Sumber: images.squarespace-cdn.com

Sekarang mari beralih ke Karangasem dengan spot sunset di Bali yang juga bernuansa budaya yaitu di Pura Lempuyang. Menjadi destinasi favorit banyak wisatawan sepanjang hari, objek wisata ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi sore hari hingga sunset tiba. Matahari yang turun secara perlahan menjadi semakin mempesona karena berdampingan dengan Gunung Agung yang megah. Benar-benar lokasi yang sayang sekali dilewatkan.

4. Bukit Asah, Karangasem

Sumber: img-asset-01.visitbali.id

Satu lagi tempat wisata perbukitan yang menawarkan spot sunset cantik di Bali. Bukit Asah memang terkenal sebagai tempat berkemah dan glamping di Bali. Namun pemandangan hamparan lautan dan terbenamnya matahari juga menjadi daya tarik yang diunggulkan. Bahkan kalian juga bisa mencoba paragliding di sini. Menarik sekali, bukan?

5. Pantai Jimbaran, Badung

Sumber: res.klook.com

Kembali ke Badung, satu pantai yang populer dengan indahnya langit oranye dan matahari yang perlahan turun adalah Pantai Jimbaran. Beberapa aktivitas seru yang harus dicoba adalah menjelajahi gua karang, mengunjungi laguna alami, hingga cliff jumping dengan aman. Selama menunggu sunset, jangan lupa juga untuk mencicipi berbagai menu masakan seafood yang juara di sana.

6. Pantai Kelan, Badung

Sumber: yourtrip.id

Masih ada di Badung, Pantai Kelan menawarkan pemandangan matahari terbenam yang berpadu dengan pesawat terbang yang lepas landas atau mendarat. Lokasinya yang tak jauh dari Bandara Ngurah Rai Bali membuat destinasi ini sayang sekali dilewatkan. Pasir putih pantai dan ombak yang relatif kecil membuat suasana senja semakin syahdu.

7. Nusa Lembongan

Sumber: water-sport-bali.com

Jika kamu ingin berpetualang sedikit lebih jauh dari Pulau Bali, maka tetangganya di tenggara pulau bernama Nusa Lembongan bisa dipilih. Sensasi menikmati indahnya sunset akan terasa seperti di pulau pribadi. Tepatnya di Pantai Jungut Batu, spot yang sangat menawan dinikmati pada sore hingga petang. Beragam jenis penginapan bisa kalian sewa jauh-jauh hari agar momen liburan bisa maksimal.

Jika kamu memiliki waktu berlibur yang panjang, habiskan waktu menjelang senja di setiap lokasi dengan pemandangan sunset Bali di atas. Setiap spot akan memberikan kamu pengalaman yang unik. Namun apabila tidak punya banyak waktu atau lebih suka melewatkan momen senja di tempat lain, cobalah mengunjungi setidaknya 2-3 dari spot tersebut untuk menambah kesan liburan di Bali.

Tips Sehat Liburan di Bali

Banyak hal seru yang bisa dilakukan saat menikmati pemandangan matahari terbenam. Di antaranya adalah ngobrol, foto bersama, menikmati makanan ringan, hingga sekadar bersantai. Suasana menenangkan dari keindahan alam ini akan memanjakan mata. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mempersiapkan waktu pulang yang sudah malam. Ikuti tips sehatnya berikut ini.

  • Pastikan kamu membawa tambahan pakaian yang panjang atau menghangatkan karena suhunya akan menurun. Jangan sampai suhu tubuh juga ikut menurun yang bisa mengakibatkan turunnya imun tubuh. Terutama bila kalian ada rencana menghabiskan malam di sekitaran tempat wisata.
  • Sebaiknya cek cuaca sebelum berangkat dan pastikan cuacanya cerah. Selain mencari pemandangan yang optimal cantiknya, mengetahui prediksi cuaca juga akan membantu kamu menyiapkan barang bawaan yang sekiranya akan diperlukan seperti payung.
  • Tetap penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih yang cukup. Tips ini akan membantu mencegah terjadinya kelelahan fisik berlebih selama liburan.

Sebagai catatan akhir, tubuh yang sehat dan bugar adalah kunci menikmati momen seru lebih optimal. Selain menjaga pola makan dan hidup bersih, mengonsumsi suplemen penuh nutrisi bisa diambil bila memang diperlukan. Terdiri dari beberapa jenis vitamin dan mineral yang terkandung, Enervon-C Tablet menjadi produk yang direkomendasikan. Cukup dengan mengonsumsinya satu tablet per hari, kamu telah membantu daya tahan tubuh lebih prima karena kebutuhan hariannya terpenuhi. Dapatkan produknya melalui toko resmi Enervon di Tokopedia dan Shopee.

Featured Image - Pexels.com