Salah satu tujuan penting dari liburan adalah menyegarkan tubuh dan pikiran dari rutinitas sehari-hari. Untuk manfaat yang optimal, wisata alam sering menjadi tujuan wisata oleh banyak keluarga. Tidak perlu jauh dan mahal, Cimahi merupakan salah satu destinasi wisata alam yang cukup populer. Sebagai salah satu kota di Jawa Barat dengan iklim hangat dan dingin membuat wisata alam Cimahi banyak digemari. Agar perencanaan liburan kamu dan rombongan semakin mudah, berikut ini adalah rekomendasi wisata alam Cimahi terbaik yang patut dikunjungi. Ikuti juga tips sehat selama menjelajahi alam Cimahi pada bagian akhir pembahasan.

Tempat Wisata Alam Cimahi Terbaik

1. Curug Cimahi

Wisata alam pertama dengan pemandangan terbaik adalah Curug Cimahi (gambar di atas), air terjun dengan ketinggian mencapai 87 meter. Sering disebut sebagai Air Terjun Pelangi oleh warga sekitar, tempat wisata ini akan menantang jiwa petualangan para pengunjung. Kamu akan melewati lebih dari 550 anak tangga untuk mencapai titik air terjun. Meski jauh dan melelahkan, pengelola juga menyediakan pos untuk istirahat. Berada di ketinggian 1050 mdpl membuat kamu merasakan suhu lingkungan yang dingin atau sekitar 18-22 derajat celcius.

2. Curug Bugbrug

Sumber: ksmtour.com

Punya daya tarik yang berbeda, Curug Bugbrug menawarkan akses masuk yang lebih mudah dibanding destinasi sebelumnya. Pemandangan yang akan kamu dapatkan benar-benar memukau karena air terjun dikelilingi oleh dinding batu yang rimbun akan tanaman hijau. Selain area untuk berkemah, kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas lain seperti gazebo. Obyek wisata yang sudah ditata ulang dan dibuka kembali tahun 2020 ini cocok dikunjungi saat musim hujan.

3. Gunung Puncaksalam Cimahi

Sumber: bandungbergerak.id

Gunung Puncaksalam merupakan destinasi wisata alam yang tidak hanya indah dilihat tapi juga memiliki daya tarik budaya yang kental. Hal ini karena lokasinya yang juga menjadi kampung adat bernama Kampung Adat Cireundeu. Berada di ketinggian 904 mdpl, kamu akan mendapat suasana sejuk dan udara yang bersih di sana. Salah satu pengalaman unik yang harus dicoba karena memang diwajibkan oleh warga lokal adalah menjelajahi hutan dengan bertelanjang kaki. Menarik sekali, bukan?

4. Alam Wisata Cimahi

Sumber: Google oleh Wawan Darmawan

Berikutnya ada tempat wisata alam sekaligus taman bermain yang seru, yaitu Alam Wisata Cimahi (AWC). Kamu akan disuguhkan dengan hamparan ruang terbuka hijau sambil merasakan berbagai wahana yang ada. Mulai dari memberi makan rusa, wahana outbound yang seru, fasilitas glamping, restoran, kolam renang, hingga wisata edukasi pertanian dan peternakan untuk anak-anak.

5. Kabuci Asih Putera

Sumber: Google oleh Lingga Setiandi

Kabuci atau Kampung Buyut Cipageran Asih Putera merupakan kawasan konservasi alam sekaligus wisata edukasi budaya sunda. Dengan luas mencapai 3 hektar, spot ini menjadi rumah bagi ratusan pohon kopi, jati, cemara, dan pohon keras lainnya. Kamu bisa menikmati penginapan dan area berkemah yang dekat dengan alam di sini. Terdapat banyak sekali kegiatan bernilai budaya yang bisa diikuti oleh pengunjung. Mulai dari workshop pembuatan alat musik dari bambu, menyaksikan pertunjukan seni tradisional Sunda, hingga edukasi pertanian. Bahkan kamu juga bisa mencicipi berbagai macam masakan khas Sunda yang nikmat.

6. Teras Ciseupan

Sumber: Google oleh Unila Triesma

Satu lagi tempat wisata alam yang digabungkan dengan restoran keluarga di Cimahi, yaitu Teras Ciseupan. Tempat wisata ini menawarkan pemandangan menakjubkan pegunungan dan danau yang menenangkan. Dengan area restoran yang luas, kamu bisa menikmati hidangan dengan udara yang segar. Fasilitas lain yang patut dicoba adalah glamping, banyak spot foto menarik, barbeque, hingga kolam pemancingan.

Tips Sehat Menjelajahi Cimahi

Dengan mengunjungi banyak wisata alam, maka persiapan fisik dan barang bawaan harus dilakukan dengan baik. Di bawah ini adalah beberapa tips sehat sebelum kamu liburan ke Cimahi.

  • Persiapkan diri dengan matang, mulai dari kesehatan tubuh hingga barang bawaan. Pastikan kamu sedang dalam keadaan fit dan sudah sarapan sebelum berangkat ke lokasi wisata. Beberapa hal perlu dilakukan lainnya adalah mengecek cuaca lokasi wisata, memilih baju yang nyaman, membawa botol air minum yang sudah diisi dan krim tabir surya. Sesuaikan barang bawaan lainnya dengan cuaca dan kondisi geografis tempat wisata.
  • Kenakan alas kaki yang nyaman dan sesuai fungsinya agar tidak tergelincir dan memudahkan kamu mengelola koordinasi kaki ketika berjalan.
  • Bawa pakaian tambahan untuk menurunkan risiko kedinginan di spot wisata bersuhu rendah. Selain jaket dan sejenisnya, kamu bisa menambah atau menggantinya dengan aksesoris yang lebih mudah dibawa seperti syal, kaos kaki tambahan, topi, dan lain sebagainya.
  • Bawa bekal yang sehat untuk menambah energi selama jalan-jalan. Beberapa contoh camilan sehat yang praktis dibawa adalah buah segar, protein bar, coklat hitam, roti lapis, dan lain-lain.

Rekomendasi Suplemen Terbaik bagi Keluarga

Bicara soal makanan, memenuhi asupan nutrisi juga bisa didukung dengan mengonsumsi suplemen. Dari banyaknya produk di pasaran, Enervon Gold.

Setiap jenis produk memiliki kandungan yang sedikit berbeda namun sama-sama menggunakan bahan yang aman dikonsumsi setiap hari. Miliki setiap variannya untuk di rumah dan bekal selama liburan dengan mengaksesnya dari toko resmi Enervon di Tokopedia dan Shopee.

Featured Image - upload.wikimedia.org