Kamu tentu setuju bahwa energi fisik akan berkaitan erat dengan energi psikologis. Sering dikaitkan dengan energi sosial, para pemilik kepribadian introvert membutuhkan pengisian ulang energi sosial yang berbeda dengan kepribadian ekstrovert. Para introvert akan lebih memilih waktu sendiri untuk fokus pada mengembalikan suasana hati yang menyenangkan serta pikiran yang lebih jernih. Lebih populer disebut sebagai recharge energi, ada banyak jenis kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengembalikan energi sosial. Recharge energi tidak selalu harus mengurung diri di kamar kok. Coba tips recharge energi yang efektif bagi introvert di bawah ini.

Pahami Dahulu Kebutuhan Personal sebelum Recharge Energi

Jika diartikan secara harfiah, recharge energy berarti pengisian ulang. Kemudian bila dikaitkan dengan kepribadian introvert, recharge energi adalah proses pengembalian energi sosial yang terkuras karena situasi dan kondisi yang mengharuskan mereka menghadapi terlalu banyak stimulasi sosial.

Sebelum masuk pada daftar tips kegiatannya, mari memahami terlebih dahulu tahapan awalnya. Hal pertama yang perlu dipahami adalah fakta bahwa introvert memiliki beberapa jenis yang kerap kita kenal sebagai MBTI (Myers-Briggs Type Indicator). Bahkan seseorang bisa merasakan satu jenis pada suatu waktu dan jenis yang lain di waktu dan kondisi yang berbeda. Jadi setiap orang akan memiliki model recharge energi yang sangat unik. Kesesuaian antara kebutuhan personal dengan kegiatan recharge energi inilah yang akan memberikan manfaat optimal.

Beberapa indikator yang bisa digunakan untuk memulai memahami kebutuhan diri kamu adalah sebagai berikut:

  • Tanda dirimu akan atau sedang kehabisan energi.
  • Situasi spesifik yang akan memicu kamu kehilangan energi sosial.
  • Jenis aktivitas atau lingkungan yang akan membantu kamu mengembalikan energi.
  • Waktu yang kamu butuhkan untuk memulihkan energi berdasarkan situasi sosial yang dihadapi.

Tips Recharge Energi yang Direkomendasikan

Setelah mengidentifikasi sebagian dari indikator di atas, kini saatnya kamu memilih kegiatan yang mampu mengembalikan energi sosial. Kamu bisa mencoba beberapa di antara tips berikut bergantian atau mengombinasikannya sesuai kebutuhan.

1. Memilih Diam sebagai Langkah Darurat

Jika kamu sedang ada dalam situasi atau kondisi sosial yang membuat energimu menurun drastis, jangan ragu untuk mengurangi intensitas interaksi dengan orang-orang di sekitarmu. Jika teman dan keluarga sudah memahami kamu sebagai introvert, mereka akan paham alasan kamu kurang tertarik dengan percakapan saat itu. Namun bila kamu terlalu merasa tidak enak diam di tempat yang sama, kamu bisa minta izin untuk meninggalkan forum terlebih dahulu. Kamu berhak menentukan seberapa banyak interaksi yang cukup untuk memenuhi ‘botol emosi’ kemudian menghentikannya jika sudah membuat kamu tidak bisa menikmatinya.

2. Hindari Stimulasi Panca Indera di Sekitarmu

Selain interaksi dua arah dengan lawan bicara, stimulasi panca indera juga bisa memicu turunnya energi sosial. Sehingga menghindari atau mengurangi intensitas stimulasi tersebut bisa menjadi cara recharge energi yang efektif. Beberapa bentuk stimulasi yang berlebihan adalah ruangan dengan terlalu banyak cahaya, kebisingan jalan raya, kerumunan pusat perbelanjaan, aroma suatu benda yang terlalu menyengat, dan lain sebagainya. Carilah tempat atau ruangan yang lebih tenang untuk mengembalikan energi.

3. Coba Aktivitas Membuat Kerajinan Tangan dan Seni

Recharge energi juga bisa didapatkan jika kamu bisa mengelola perasaan rileks atau nyaman. Aktivitas berupa membuat kerajinan tangan atau seni rupa bisa menjadi alternatif untuk menenangkan pikiran. Dari banyaknya bentuk aktivitas yang ada, pilih yang tidak memakan banyak waktu namun hasilnya bisa segera terlihat. Hal ini akan membawa kepuasan, kebanggaan, inspirasi, dan energi baru saat kamu bisa menyelesaikan satu karya.

4. Lebih Sering Terhubung dengan Alam

Bumi dan segala keindahan alamnya adalah tempat yang cocok untuk meredakan emosi yang terlalu mengganggu. Dengan menghubungkan diri dengan alam sesering mungkin, kamu akan jauh lebih tenang dan suasana hati akan membaik. Tidak hanya soal mengunjungi tempat wisata alam, tips ini perlu dioptimalkan dengan berinteraksi langsung dengan alam. Misalnya dengan merasakan pasir atau rumput yang menempel di kaki, menyadari kicauan burung, menikmati langit dan udara segar, dan masih banyak lagi lainnya. Jangan lupa juga bahwa kamu akan mendapat asupan vitamin D alami yang penting bagi kesehatan psikologis.

5. Pelajari Teknik Meditasi dan Biasakan Melakukannya

Orang dengan kepribadian introvert memiliki kecenderungan lebih suka olahraga atau latihan yang menangkan, seperti yoga, teknik pernapasan, meditasi, relaksasi, dan sebagainya. Latihan seperti itu akan melatih kemampuan mindfulness, yaitu fokus pada apa saja yang terjadi saat kamu melakukannya. Dengan membiasakan latihan ini, kamu akan lebih mudah fokus dalam menghubungkan pikiran dan tubuh. Lakukan selama 15-20 menit per hari dan kamu akan merasakan manfaatnya.

6. Beberapa Saran Kegiatan di Rumah

Mengembalikan energi dengan menghabiskan waktu senggang di rumah banyak dipilih oleh para introvert. Meski nonton film atau seri favorit sah-sah saja dilakukan, tapi dampaknya akan jauh lebih besar bagi energi sosial jika kamu memilih aktivitas seperti masak, bersih-bersih kamar, membaca buku, merawat tubuh dengan mandi lebih lama, menata ulang ruangan, dan sebagainya. Kegiatan tersebut akan membuat kamu lebih berenergi secara emosional meski tubuh mengeluarkan energi fisik.

Pastikan Kesehatan Fisik Terjaga Bersama Enervon-C Effervescent

Menjadi hal yang tak kalah penting, kesehatan fisik juga perlu dijaga dengan baik untuk mendukung kesehatan jiwa. Selain pola istirahat dan gaya hidup yang bersih dan sehat, memiliki pola makan yang baik juga menjadi kunci. Penuhi kebutuhan nutrisi kamu melalui asupan makanan bergizi seimbang dan minum yang cukup setiap hari. Bila perlu, konsumsi suplemen untuk memastikan kebutuhan vitamin dan mineral tubuh terpenuhi.

Enervon di Tokopedia dan Shopee.

Referensi:

Nathan Falde. 2022. Eight Ways to Recharge as a Busy Introvert. Diakses pada 21 Maret 2024 dari https://www.truity.com/blog/eight-ways-recharge-busy-introvert

Holly Connors. 2023. Effective Self-Care For Introverts: How To Recharge After Socialising. Diakses pada 21 Maret 2024 dari https://theintentionhabit.com/self-care-for-introverts/