Kamu pasti tahu bahwa manfaat vitamin C itu sangat luas, baik bagi imun tubuh, kulit, maupun semua anggota badan secara umum. Namun tahukah kamu bahwa manfaat vitamin C akan lebih optimal didapatkan ketika kamu memiliki pola makan sehat dan memilih suplemen yang tepat? Beberapa jenis suplemen vitamin C dikombinasikan dengan mikronutrien lain untuk memberikan manfaat yang lebih besar bagi tubuh. Perhatikan manfaat vitamin C serta cara memilih suplemen vitamin C yang tepat di bawah ini.

Manfaat Vitamin C

1. Mendukung Produksi Kolagen

Vitamin C adalah salah satu senyawa yang dibutuhkan tubuh dalam memproduksi kolagen. Manfaat dari kolagen sendiri sangat banyak, mulai dari mempercepat penyembuhan luka, menjaga kesehatan kulit lapisan luar dan dalam, gigi, dan otak, hingga mendukung sirkulasi darah dalam tubuh. Itulah kenapa vitamin C sering masuk dalam produk perawatan wajah dan kulit tubuh.

2. Berperan sebagai Antioksidan Alami

Vitamin C juga memiliki peran sebagai zat antioksidan alami yang mampu membantu menetralkan radikal bebas. Kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas bisa sangat kronis, seperti penyakit kardiovaskular, katarak, hingga kanker. Antioksidan adalah zat yang akan membantu proses penguraian, mencegah pembentukan radikal bebas, dan membasminya.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Bagi penderita gangguan kesehatan darah seperti hipertensi, vitamin C dapat membantu tubuh menurunkan tekanan darah tinggi. Penelitian¹ yang melibatkan 614 responden menunjukkan bahwa suplemen vitamin C memiliki pengaruh yang signifikan.

4. Mendukung Pengobatan Kanker

Meski baru penelitian² awal, nyatanya vitamin C dosis tinggi mampu mendukung proses pengobatan kanker dengan kemoterapi. Vitamin C dapat menurunkan efek samping beracun dari kemoterapi tanpa memengaruhi cara kerja kemoterapi itu sendiri. Dengan sifat anti-inflamasi dan berperan sebagai antioksidan, vitamin C mampu mendukung kesehatan penderita kanker.

Dosis Vitamin C Sesuai Usia

Karakteristik dari vitamin C sendiri adalah larut dalam air. Sehingga ketika kamu mendapat asupan yang sedikit berlebihan, tubuh akan secara otomatis mengeluarkannya melalui urine. Meskipun begitu, batas maksimal vitamin C yang aman dikonsumsi adalah 1800 mg untuk remaja dan 2000 mg untuk dewasa per hari. Kekurangan vitamin C harian memang membahayakan, namun kelebihan asupan ini juga tidak baik bagi tubuh. Untuk memudahkan kamu memenuhi asupan vitamin C, berikut ini adalah panduan asupan minimal vitamin C setiap hari sesuai usia menurut National Institutes of Health⁴.

  • 0-6 bulan – 40 mg
  • 7-12 bulan – 50 mg
  • 1-3 tahun – 15 mg
  • 4-8 tahun – 25 mg
  • 9-13 tahun – 45 mg
  • 14-18 tahun – 65 mg (perempuan) dan 75 mg (laki-laki)
  • 19 tahun ke atas – 75 mg (perempuan) dan 90 mg (laki-laki)
  • Perempuan hamil – 80-85 mg
  • Perempuan menyusui – 115-120 mg

Cara Memilih Suplemen Vitamin C yang Tepat

Cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian adalah secara alami melalui asupan makanan dan minuman kamu. Namun tidak ada salahnya jika kamu ingin mendukungnya dan memastikan kecukupannya dengan mengonsumsi suplemen vitamin C. Sebelum membeli, perhatikan cara memilih suplemen vitamin C yang tepat berikut ini.

1. Perhatikan Kandungan Lain di Dalamnya

Suplemen vitamin C biasanya hadir bersama kandungan vitamin lain atau mikronutrien lainnya. Jadi pastikan bahan tambahan tersebut tidak mengganggu kesehatan tubuh, termasuk memastikan tidak ada bahan yang mengandung alergen. Beberapa bahan yang biasanya dikombinasikan dengan vitamin C adalah vitamin B kompleks, kolagen, zinc, ascorbyl palmitate, bioflavonoids, liposomal, kalsium, dan mineral lainnya. Masing-masing bahan tambahan tersebut memiliki fungsi yang spesifik, jadi usahakan untuk mengonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi,

2. Memilih Bentuk Suplemen yang Tidak Mudah Oksidasi

Perlu dipahami bahwa vitamin C termasuk senyawa yang sensitif dengan panas, cahaya, dan kelembapan. Sehingga bentuk suplemen kapsul atau yang dibungkus dengan gelatin kurang disarankan karena membuat isi suplemen terdegradasi dan berubah warna seiring berjalannya waktu. Suplemen dalam bentuk tablet salut selaput disarankan karena mampu melindungi vitamin C dari oksidasi.

3. Merek Terpercaya

Selain harga produk, merek yang terpercaya dan terdaftar dalam BPOM juga harus jelas. Produk suplemen vitamin C yang belum dilakukan tes dan uji coba secara resmi bisa saja mengandung bahan lain yang kurang dibutuhkan tubuh seperti pewarna dan pemanis buatan.

Produk Suplemen Vitamin C yang Direkomendasikan

Untuk memudahkan kamu memilih produk vitamin C terpercaya, maka pembahasan ini tepat disimak hingga akhir. Enervon adalah salah satu penyedia vitamin C yang telah masuk dalam BPOM dengan varian produk beragam sesuai dengan usia konsumen. Kandungan vitamin C dalam sekali konsumsi telah memenuhi standar minimal dosis vitamin C yang disarankan. Simak keunggulan dari setiap variannya di bawah ini.

1. Enervon-C Tablet

Hadir dalam bentuk tablet salut selaput, Enervon-C Tablet tidak hanya mengandung vitamin C (500 mg) saja. Kandungan lain yang bisa didapatkan dalam setiap tabletnya adalah vitamin B1 (50 mg), B2 (25 mg), B6 (10 mg), B12 (0,005 mg), mineral niacinamide (50 mg), dan kalsium pantotenat (20 mg).

2. Enervon-C Effervescent

Berikutnya ada varian effervescent yang mudah larut dalam air putih dan bisa dikonsumsi kapan saja. Kandungan suplemen vitamin C yang satu ini lebih tinggi dari varian lain yaitu 1000 mg. Multivitamin dan mineral lain seperti pada varian sebelumnya juga akan didapatkan.

3. Enervon Active

Dengan kandungan yang hampir sama, Enervon Active memiliki keunggulan lain yang cocok bagi dewasa yang aktif berkegiatan seharian. Kandungan zinc (10 mg) di dalamnya akan mendukung imun tubuh dan menurunkan risiko tertular penyakit. Bahan yang digunakan juga non-acidic sehingga aman bagi lambung.

4. Enervon Gold

Diformulasikan khusus untuk lansia, suplemen vitamin C dan B kompleks ini juga memasukkan kandungan lain yang penting bagi kesehatan jantung, mata, dan otak. Kandungan yang dimaksud adalah asam folat (0,4 mg), lutein (10 mg), dan minyak ikan (500 mg) yang mengandung omega 3 (350 mg), DHA (250 mg), dan EPA (50 mg).

Dapatkan semua varian di atas dengan mudah melalui toko resminya di Tokopedia dan Shopee.

Referensi:

  1. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/32080138/
  2. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7664876/
  3. Rachael Ajmera & Ansley Hill. 2022. A Dietitian’s Picks of the 11 Best Vitamin C Supplements. Diakses dari https://www.healthline.com/nutrition/best-vitamin-c-supplement
  4. National Institutes of Health. 2021. Vitamin C. Diakses dari https://ods.od.nih.gov/factsheets/VitaminC-Consumer/
  5. Organika Health. 2022. Why Vitamin C And Collagen Are Better Together. Diakses dari https://organika.com/blogs/the-o-life/vitamin-c-collagen-better-together
  6. Mia McNew. 2024. How To Choose The Best Vitamin C Supplement in 2024. Diakses dari https://www.takecareof.com/articles/best-vitamin-c-supplement