Siapa bilang liburan ke luar negeri itu selalu mahal? Tahukah kamu bahwa beberapa negara justru memiliki harga tiket pesawat yang hampir sama dengan tiket pesawat domestik? Bahkan beberapa destinasi wisata yang ditawarkan akan memberikan pengalaman baru yang mengesankan. Belum lagi dengan daya tarik wisata kuliner dan budaya yang berbeda dengan Indonesia. Untuk kamu yang berencana liburan ke luar negeri, berikut ini adalah daftar negara termurah untuk dikunjungi. Simak juga tips aman dan sehat selama di sana.

Negara Termurah untuk Liburan ke Luar Negeri

1. Malaysia

Sebagai negara tetangga, tiket pergi-pulang ke Malaysia juga relatif murah yaitu sekitar 1 juta rupiah. Bahkan pada waktu tertentu jauh lebih murah dibanding penerbangan domestik. Selain itu, biaya makan dan penginapan juga terjangkau tergantung pada jenis fasilitasnya. Makanan halal yang banyak tersebar dan tempat wisata gratis adalah daya tarik kuat dari negara ini.

2. Vietnam

Satu lagi negara ASEAN yang punya banyak tempat wisata ikonik dan makanan lokal yang patut dicoba yaitu Vietnam. Kamu bisa menemukan penginapan dengan harga 100 ribuan per malam di sana lho. Untuk kamu yang suka destinasi wisata bahari dan tempat bersejarah, negara ini cocok dijelajahi.

3. Hong Kong

Hong Kong menjadi salah satu negara yang bisa dikunjungi meski tanpa membawa visa. Selain suasana perkotaan yang keren, Hong Kong juga menawarkan biaya makan dan menginap yang relatif murah. Kamu hanya perlu menghabiskan kurang lebih 400-500 ribuan saja per hari di sana untuk makan dan menginap. Sedangkan tempat wisata gratisnya juga banyak direkomendasikan karena seru untuk dijelajahi.

4. Georgia

Liburan ke benua Eropa juga bisa murah lho. Salah satu negara yang direkomendasikan adalah Georgia, terutama ibukotanya Tbilisi. Keindahan alam yang menakjubkan di negara ini membuat perjalanan kamu tidak akan membosankan. Mulai dari mendaki, air terjun, hingga wahana permainan seru bisa kamu jumpai. Ikut paket tur satu hari ada yang bertarif 300 ribuan. Murah, kan?

5. Rumania

Negara di Eropa berikutnya yang termasuk murah untuk liburan yaitu Rumania. Negara ini unggul dalam wisata alamnya karena keberadaan lebih dari 10 taman nasional. Tidak berhenti di situ, Rumania juga menawarkan banyak penginapan dan kuliner yang terjangkau. Cukup dengan 200 ribuan, kamu bisa menginap dengan konsep glamping dekat dengan alam terbuka. Keren sekali, bukan?

Tips Liburan ke Luar Negeri bagi Pemula

1. Melengkapi Dokumen Wajib

Karena kamu akan melewati bagian imigrasi Indonesia dan negara tujuan, memiliki paspor dan visa yang masih berlaku adalah kewajiban. Membuat paspor dan visa membutuhkan waktu paling cepat 4 hari kerja dan pendaftarannya dapat dilakukan secara online melalui aplikasi M-Paspor. Jadi pastikan kamu telah mengurusnya jauh-jauh hari sebelum keberangkatan.

2. Pertimbangkan Group Tour

Untuk kamu yang baru pertama kali bepergian ke luar negeri, ikut serta dalam program group tour banyak disarankan. Selain tidak perlu pusing memikirkan daftar kegiatan dan objek wisata, bepergian bersama rombongan juga lebih memudahkan kamu dalam mengakses akomodasi dan transportasi selama di sana. Namun pastikan kamu memilih agen wisata yang terpercaya, baik pelayanannya maupun legalitasnya.

3. Maksimalkan Keseruan dengan Itinerari

Jika kamu lebih suka dengan waktu jalan-jalan yang fleksibel dan ingin menikmati serunya naik transportasi umum di negara tujuan, maka susunlah itinerari dengan detail. Tidak hanya manajemen biaya makan dan menginap, tapi juga akses antar obyek wisata, kartu pembayaran transportasi umum, spot unik yang pantas dikunjungi, dan lain-lain. Selain menjadi pedoman perjalanan, itinerari juga kadang dibutuhkan saat mengajukan visa.

Hal yang Perlu Dipersiapkan

Selain melengkapi barang bawaan, penting juga untuk mempersiapkan kesehatan fisik. Baik sebelum berangkat, selama di sana, maupun setelah pulang ke Indonesia. Meski biaya liburan ke luar negeri tidak besar, namun kesehatan tubuh harus tetap diperhatikan. Di bawah ini adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk mendukung kesehatan fisik kamu.

Dukung Asupan Cairan Tubuh

Meski kamu datang ke negara dengan musim yang cenderung lebih rendah dibanding Indonesia, memenuhi kebutuhan cairan tubuh tetap dibutuhkan. Selain mencegah dehidrasi, rajin minum air putih juga akan menurunkan risiko badan terlalu lelah. Jangan lupa bawa botol pribadi untuk membuat akses pada air minum lebih efisien dan efektif.

Bawa Obat-obatan Pribadi

Sebagai bentuk pertolongan pertama, membawa obat-obatan pribadi menjadi langkah untuk mengatasi gejala atau keluhan ringan. Beberapa obat yang perlu dipersiapkan adalah anti nyeri, krim otot, minyak aromaterapi, obat maag, obat luka, obat anti mabuk, dan lain sebagainya tergantung kondisi tubuh.

Mengonsumsi Suplemen

Bawa juga suplemen untuk mendukung tubuh tetap prima selama menghabiskan waktu di sana. Selain mendukung pemenuhan nutrisi harian, suplemen juga mampu menguatkan daya tahan tubuh meski berpindah-pindah lokasi dan banyak bertemu kerumunan.

Menyambung pada poin terakhir, Enervon-C Tablet adalah salah satu produk suplemen dengan kandungan multivitamin dan mineral yang lengkap. Selain vitamin C (500 mg), kamu juga akan mendapat asupan vitamin B1 (50 mg), B2 (25 mg), B6 (10 mg), vitamin B12 (0,005 mg), kalsium pantotenat (20 mg), dan niacinamide (50 mg) dalam satu tablet. Hanya dengan minum 1 tablet per hari setelah makan, kamu telah mendukung pemenuhan nutrisi harian. Dengan nutrisi yang optimal, sistem imun akan memiliki performa yang baik dan mendukung produksi energi selama seharian. Dapatkan kemasan strip yang mudah dibawa jalan-jalan dari toko resmi Enervon di Tokopedia dan Shopee.