Siapa pun bisa memulai bisnis meski dengan modal yang kecil. Salah satu model bisnis yang banyak dicoba oleh pemula adalah usaha minuman kekinian. Selain modal yang cenderung kecil dibanding bisnis makanan, jualan minuman kekinian juga memiliki target pasar yang luas. Dengan varian yang banyak, minuman kekinian bisa dinikmati oleh semua usia dalam banyak kondisi. Terlebih lagi dengan prediksi cuaca panas dalam beberapa bulan ke depan. Hal ini membuat peluang membuka usaha minuman kekinian semakin menggiurkan.

Untuk kamu yang berencana memulai bisnis ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Mulai dari pemilihan produk, model bisnis, strategi pemasaran, hingga manajemen konsumen. Mari kita pelajari bersama dalam pembahasan kali ini.

Jenis Usaha Minuman Kekinian dan Laris 2024

1.  Es Teh

Es teh menjadi salah satu minuman yang banyak disukai dan mudah dibuat. Beberapa bulan terakhir, minuman ini menjadi populer karena bisa dikombinasikan dengan berbagai bahan tambahan. Di antaranya, sirup buah, susu, hingga tambahan topping yang seru untuk dinikmati. Jika kamu belum punya racikan teh andalan, kamu bisa membeli merek (franchisee) dari franchisor.  

2. Thai Tea

Hampir sama dengan minuman sebelumnya, thai tea juga minuman yang masih saja populer meski mulai viral beberapa tahun yang lalu di Indonesia. Minuman khas Thailand ini dibuat dengan teh Ceylon dan segar dinikmati saat dingin. Jika bahan baku teh Ceylon sulit didapatkan, thai tea bubuk sudah bisa diakses dengan mudah. Kamu tinggal menyesuaikan gula, susu, dan topping lain.

3. Kopi dan Susu

Perpaduan yang hampir tidak pernah gagal soal minuman kekinian adalah kopi dan susu. Keduanya menjadi kombinasi minuman yang banyak digemari, baik sebagai makanan penutup, pengusir kantuk, maupun untuk melepas dahaga. Kamu bahkan tidak perlu mesin kopi canggih yang mahal, cukup dengan membeli kopi susu bubuk beragam rasa kekinian kamu sudah bisa menarik pelanggan.

4. Brown Sugar

Salah satu varian teh susu (milk tea) ini mampu mendapat banyak penggemar. Brown sugar sendiri merupakan gula pasir yang diolah bersama bahan baku molase sehingga memiliki tekstur kental. Jenis gula ini cocok sekali dicampur dengan susu dan boba (bola tapioka). Boba inilah yang menjadi daya tarik utama dari usaha minuman kekinian brown sugar.

5. Sari Buah (Cold Pressed Juicer)

Berbeda dengan jus buah yang dilumatkan menggunakan blender, cold pressed juice adalah teknik memisahkan serat dari sel buah dan sayur dengan alat khusus bernama juicer. Karena dari bahan alami, minuman ini unggul karena kandungan nutrisinya. Tenang, alatnya tidak mahal kok, beberapa produk juicer di bawah 1 juta juga ada.

6. Alpukat Kocok

Olahan buah yang satu ini juga banyak digemari dan cocok sekali menjadi makanan penutup. Campuran alpukat, susu kental manis, susu coklat bubuk, dan es batu ini juga bisa menjadi kudapan penunda lapar. Bahan dan alat untuk membuatnya juga mudah ditemukan di sekitar kamu.

7. Jamu Kekinian

Jamu adalah minuman tradisional berbahan dasar tumbuhan seperti jahe, kunyit, temulawak, buah, dedaunan seperti daun sirih, kayu manis, serta akar-akaran lain. Karena rasanya yang unik dan khas, orang biasa membuat jamu dengan campuran gula jawa, asam jawa, hingga gula pasir. Jamu yang memiliki banyak manfaat kesehatan ini banyak disukai, terutama saat dikemas menarik dan kekinian.

Tips Memulai Usaha Minuman Kekinian

1. Tentukan Rencana Bisnis

Sekecil apa pun skala bisnis yang akan kamu mulai, perencanaan bisnis harus dibuat sematang mungkin. Termasuk dalam memulai usaha minuman kekinian, kamu perlu mengetahui beberapa hal penting, seperti model bisnis, lokasi jualan yang strategis, dan ketersediaan modal.

Beberapa macam model bisnis yang biasa diterapkan adalah waralaba, manufaktur, atau usaha kecil independen. Sedangkan untuk urusan ketersediaan modal, tabungan pribadi bukan satu-satunya sumber. Kamu bisa mendapatkannya dengan sistem crowdfunding, pinjaman dengan jaminan, bantuan investor, atau mengakses bantuan modal dari pemerintah. Bekali informasi soal permodalan secara rinci untuk kamu yang membutuhkan modal dari luar.

2. Kuatkan Strategi Pemasaran

Kemudian pikirkan juga strategi pemasaran seperti apa yang akan digunakan. Meskipun kamu jualan secara offline, strategi pemasaran dengan media sosial tetap dibutuhkan. Namun tidak berhenti pada penentuan platformnya saja, kamu perlu juga merancang strategi informasi dan konten yang harus diproduksi. Semakin baik dan tepat strategi pemasaran kamu, target pasar akan semakin luas.

3. Pelayanan Pelanggan Menyeluruh

Pelayanan pelanggan yang baik tidak hanya dalam bentuk ramah dan informatif selama konsumen membeli produk kamu. Tapi juga setelah konsumen menerima produk, misalnya dalam bentuk proaktif meminta kritik dan saran. Pertimbangkan juga untuk memperluas pelayanan seperti bekerja sama dengan penyedia jasa layanan antar, promosi, diskon, dan sebagainya.

4. Evaluasi Bisnis secara Berkala

Bicara soal kritik dan saran dari konsumen, kamu juga perlu melakukan evaluasi secara berkala untuk menemukan hal yang harus diperbaiki tanpa harus menunggu feedback dari konsumen. Evaluasi juga akan mendukung kamu meningkatkan strategi pemasaran, mengikuti tren, membuat inovasi, dan lain sebagainya.

Optimalkan Performa Tubuh Bersama Enervon Active

Memulai bisnis memang bukan hal yang mudah dilakukan, namun keinginan yang kuat dan semangat untuk terus belajar adalah modal utama. Termasuk dalam membuka usaha minuman kekinian, dibutuhkan konsistensi dan komitmen yang kuat. Untuk mendukung semua kegiatan bisnis, kamu sebagai pemiliknya akan banyak mengeluarkan waktu dan tenaga. Performa tubuh yang baik menjadi salah satu modal yang tidak boleh diremehkan. Badan yang sehat akan mendukung semua kegiatan kamu seharian.

Soal dukungan kesehatan tubuh ini, Enervon Active hadir sebagai suplemen yang akan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Dengan kandungan multivitamin dan mineral lengkap, proses metabolisme dan produksi energi akan berjalan dengan baik. Selain itu, sistem imun juga akan lebih kuat meskipun aktivitasmu padat. Bahan non-acidic yang digunakan dalam produk ini juga lebih ramah bagi lambung sehingga aman dikonsumsi setiap hari (1 tablet). Dapatkan produknya melalui toko resmi Enervon di Tokopedia dan Shopee.