Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis sehingga wisata air menjadi salah satu destinasi yang sangat populer. Wisata air atau waterpark merupakan taman hiburan dengan banyak wahana permainan air dan fasilitas rekreasi yang beragam. Waterpark dirancang sebagai tujuan destinasi yang menyeluruh sehingga pengunjung bisa menikmati liburan dalam satu area dengan berbagai fasilitas yang tersedia. Tidak heran jika area taman bermain air biasanya memiliki skala yang sangat besar. Waterpark memiliki berbagai jenis kolam renang, seluncuran air, taman air, sungai mengambang, pantai buatan, serta area taman bermain khusus anak-anak. Bahkan pengunjung juga bisa menikmati restoran, kafe, spa, hingga berbelanja di toko souvenir. Simak beberapa daftar destinasi wisata air di Indonesia yang paling populer berikut ini.

Destinasi Wisata Air Paling Populer di Indonesia

1. Waterbom Bali

Taman wisata air pertama yang sudah sangat terkenal yaitu Waterbom Bali yang terletak di Kuta, Bali. Waterbom Bali merupakan taman air pertama di Indonesia dan sudah menjadi ikon wisata di Bali selama lebih dari 20 tahun. Di tempat ini tersedia berbagai wahana air dengan tema botani serta fasilitas dengan suasana tropis yang memukau. Selain itu, tempat ini juga menghadirkan berbagai atraksi dan event menarik yang diselenggarakan sepanjang tahun. Waterbom Bali buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 18.00 WITA. Wisata ini selalu ramai terlebih saat peak season yaitu saat musim panas, jadi ada baiknya kamu memesan tiket online terlebih dulu.

2. Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark

Sumber: phinemo.com

Wisata air populer selanjutnya yang terletak di Yogyakarta yakni Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark atau biasa disebut Jogja Bay Waterpark. Wahana permainan terluas di Indonesia ini memiliki area seluas 7,7 hektare yang menawarkan 19 wahana air yang sangat menarik. Jogja Bay memiliki tema perkampungan tua bajak laut yang bernuansa tropical lust. Selain itu terdapat Harbour Theater dengan kapasitas 1.500 orang, labirin bernama Jogja Bay Lighthouse, serta Kruger Bar untuk menikmati kuliner. Wisata air dibuka setiap hari dari pukul 09.00 hingga 18.00 WIB, sedangkan untuk Harbour Theater buka dari jam 19.00 – 22.00 WIB.

3. Atlantis Water Adventure Ancol

Sumber: ancol.com

Atlantis Water Adventure Ancol merupakan taman wisata air tematik dengan konsep peradaban dan kota-kota kuno di wilayah Mediterania yang menghilang karena gempa dan letusan gunung berapi. Para pengunjung diajak untuk merasakan petualangan dengan mengarungi sembilan jenis kolam dan berbagai wahana permainan yang menantang. Beberapa wahana yang menarik antara lain Dragon Slide, Kolam Tanding, Kolam Ombak Poseidon, Skybox, Crazy The Highest and The Longest Slide, dan Antila River. Di wisata ini juga tersedia fasilitas guna menambah kenyamanan pengunjung saat berlibur.

4. The Jungle Adventure

Sumber: Google oleh Hening Pram Pradityo

The Jungle Adventure yang berada di Bogor ini menawarkan berbagai wahana dan fasilitas hiburan khas taman wisata air. Pengunjung bisa mencoba berbagai jeni kolam renang seperti Wave Pool, Kiddy Pool, Tower Slide, Racer Slide, Lazy River, dan Leisure Pool. Selai berenang, ada juga wahana lain yang bisa dicoba seperti Bird Park, Giant Aquarium, Snow World, hingga Cinema 4D yang membuat liburan semakin seru. Terdapat juga foodcourt yang menyediakan beragam kuliner sesuai dengan selera pengunjung. Destinasi ini buka setiap hari dari pukul 09.00 hingga 17.00 WIB.

5. Pandawa Water World

Sumber: awsimage.detik.net.id

Pandawa Water World merupakan wisata air yang bertemakan tokoh pewayangan Mahabharata yang terletak di Solo Baru, Sukoharjo. Wisata ini menawarkan beragam fasilitas taman wisata air dengan konsep tokoh-tokoh Mahabharata. Terdapat sekitar 27 wahana yang tersedia antara lain Wave Pool, Action River, Fantastic Slide, Warm Spa, Sight Tower, dan lain-lain. Selain itu, ada juga kolam khusus untuk balita dan anak-anak yang dilengkapi fasilitas yang aman untuk pengunjung serta penjagaan dari profesional. Menariknya di wisata ini juga tersedia fasilitas penunjang seperti Pandawa Futsal, Pandawa Fitness, dan Pandawa Tenis.

Tips Sehat Liburan ke Taman Wisata Air

Jika kamu tertarik untuk berlibur ke salah satu destinasi di atas, pastikan kamu datang di waktu yang tepat dan dalam kondisi yang prima. Simak beberapa tips berikut agar liburan ke taman wisata air lebih menyenangkan.

Hindari Peak Season

Saat berlibur, kamu ingin menyegarkan pikiran dari aktivitas harian yang membosankan. Untuk itu ada baiknya kamu menghindari memilih waktu kunjungan saat musim liburan berlangsung. Menghindari intensitas bertemu kerumunan juga menurunkan risiko tertular penyakit, baik dari kolam air maupun dari kamar mandi umum.

Gunakan Tabir Surya

Jangan sampai kamu tidak menggunakan tabir surya saat berwisata di taman air. Tubuh kamu akan langsung terpapar sinar matahari dalam waktu yang cukup lama dan hal ini bisa memicu gangguan kulit seperti kulit terbakar, kemerahan, dan iritasi. Gunakan tabir surya setiap 2-3 jam sekali untuk menguatkan perlindungannya.

Konsumsi Suplemen

Kamu bisa mengonsumsi suplemen sebelum bermain air agar tubuh tidak mudah lelah dan gampang sakit setelah liburan selesai. Suplemen dapat menjadi pendukung sistem imun tubuh meskipun bermain air seharian. Jangan lupa juga untuk memperbanyak minum air putih agar terhindar dari gejala dehidrasi, seperti pusing, mulut kering, kram otot, hingga demam.

Salah satu suplemen yang banyak direkomendasikan karena kandungannya yang lengkap dan cocok untuk semua usia adalah Enervon-C Effervescent. Dalam satu tablet effervescent, kamu akan mendapat asupan nutrisi berupa vitamin C (1000 mg), vitamin B1 (50 mg), B2 (25 mg), B6 (10 mg), B12 (0,005 mg), niacinamide (50 mg), dan ca pantothenate (20 mg). Karena mudah larut dalam air putih, suplemen ini dapat sekaligus mendukung asupan cairan tubuh. Khusus untuk anak-anak, kamu dapat menyesuaikan dosisnya menjadi ½ tablet. Dapatkan produknya melalui toko resmi Enervon di Tokopedia dan Shopee.

Featured Image - Google oleh FlowRider INC