Berlibur ke Puncak, Jawa Barat adalah ide menarik yang wajib kamu realisasikan saat weekend atau hari libur tiba. Ada banyak hal yang bisa kamu temukan saat menjelajahi area ini seperti pemandangan alam yang indah, udara sejuk, perkebunan yang menyegarkan, kuliner khas, serta atraksi menarik lainnya. Selain mengunjungi destinasi populer yang ada di sana, pastikan juga untuk singgah ke beberapa objek wisata baru di Puncak ya! Berikut ini akan dipaparkan beberapa tempat wisata tersembunyi di Puncak yang belum banyak orang ketahui.

Daftar Wisata Baru di Puncak

Puncak adalah salah satu destinasi wisata unggulan yang jadi langganan masyarakat sekitar atau luar kota untuk menghabiskan hari libur. Beberapa objek wisata yang paling ramai dikunjungi di antaranya adalah Taman Safari Indonesia, Kebun Raya Cibodas, dan Taman Bunga Nusantara. Namun, tahukah kamu bahwa ada banyak wisata tersembunyi di Puncak yang masih belum banyak orang tahu? Yuk langsung saja simak bocoran informasinya berikut.

1. The Ranch Cisarua

Sumber: kompas.com

 

The Ranch Cisarua adalah salah satu destinasi wisata populer di kawasan Puncak, Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Tempat ini menawarkan berbagai kegiatan menarik dan suasana yang menyenangkan untuk keluarga dan pengunjung dari segala usia.

Seperti banyak tempat di Puncak, The Ranch menawarkan pemandangan alam yang indah dengan udara yang sejuk dan segar. Ini adalah tempat yang tepat untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.

The Ranch Cisarua mengusung tema koboi dengan suasana yang unik dan menarik. Pengunjung bisa merasakan pengalaman seperti di Amerika dengan bangunan bergaya western dan kostum koboi yang bisa disewa.

Beberapa aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di sana yaitu, berkuda, berinteraksi dengan macam-macam hewan di petting zoo, berfoto di banyak spot yang instagramable, bermain flying fox atau panjat tebing, dan menikmati sajian lezat di kafe/restoran yang tersedia.

The Ranch Cisarua buka dari Senin sampai Jumat pukul 09.00 - 18.00 WIB dan pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional tiap jam 08-00 - 19.00 WIB. Harga tiket masuknya cukup terjangkau yaitu Rp 25.000 saja per orang.

Menariknya, tempat ini mudah diakses dari Jakarta dan sekitarnya, sehingga menjadi pilihan ideal untuk liburan singkat atau akhir pekan.

2. Nicole’s River Park 

Sumber: radarcianjur.com

 

Nicole’s River Park adalah salah satu destinasi wisata terbaru dan menarik di kawasan Puncak, Cisarua, Bogor. Tempat ini menawarkan berbagai fasilitas dan kegiatan rekreasi yang cocok untuk keluarga, pasangan, maupun teman.

Nicole’s River Park menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dengan sungai yang jernih dan pepohonan hijau di sekitarnya. Di tempat ini, kamu dapat menikmati berbagai aktivitas air seperti berenang di kolam renang, bermain di waterpark, atau menikmati wahana perahu di sungai.

Terdapat banyak spot foto menarik dan instagramable di Nicole’s River Park, seperti jembatan gantung, taman bunga, dan area tepi sungai yang cantik. Tempat ini juga menyediakan berbagai kegiatan outbound seperti flying fox, panjat tebing, dan jalur trekking.

Menariknya, Nicole’s River Park juga menyediakan area piknik yang nyaman, lengkap dengan fasilitas BBQ. Kamu dapat membawa makanan sendiri atau memesan dari kafe dan restoran di lokasi wisata yang menawarkan berbagai menu baik hidangan lokal maupun internasional. 

Jam buka untuk hari Senin-Jumat yaitu pukul 09.00 - 18.00 WIB, sedangkan Sabtu, Minggu, dan libur nasional pukul 08.00- 19.00 WIB. Untuk harga tiket masuknya bervariasi, tergantung dari paket yang dipilih. Berikut rinciannya.

  • Tiket masuk kawasan Nicole's River Park (Senin-Jumat): Rp 30.000
  • Tiket masuk kawasan Nicole's River Park (Sabtu-Minggu dan tanggal merah): Rp 40.000
  • Tiket masuk kawasan Nicole's River Park dan Nicole's Castle (Senin-Jumat): Rp 55.000
  • Tiket masuk kawasan Nicole's River Park dan Nicole's Castle (Sabtu-Minggu dan tanggal merah): Rp 75.000
  • Tiket masuk kawasan Nicole's River Park, Nicole's Castle, dan spot foto (Senin-Jumat): Rp 110.000
  • Tiket masuk kawasan Nicole's River Park, Nicole's Castle, spot foto, dan permainan (Sabtu-Minggu dan tanggal merah): Rp 165.000


 

3. Paralayang Bukit Gantole

Sumber: radarcianjur.com

Paralayang Bukit Gantole adalah sebuah destinasi wisata yang terkenal untuk kegiatan paralayang, terletak di kawasan Puncak, Jawa Barat. Tempat ini menawarkan pengalaman terbang bebas yang menakjubkan dengan pemandangan alam yang memukau, menjadikannya pilihan favorit bagi pecinta olahraga ekstrem dan pencinta alam.

Bukit Gantole terletak di kawasan Puncak Pass, yang terkenal dengan keindahan alam pegunungannya dan kesejukan udaranya. Lokasi tepatnya berada dekat dengan Kebun Teh Gunung Mas, yang menambah pesona pemandangan hijau yang bisa dinikmati dari udara. Tempat ini dapat dijangkau dalam waktu sekitar 2-3 jam perjalanan darat dari Jakarta, tergantung kondisi lalu lintas.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa kamu bisa melakukan paralayang secara solo atau tandem sambil menikmati pemandangan indah di sekitar. Selain itu, jangan lupa untuk berfoto di Bukit Gantole yang menawarkan pemandangan langit luas yang indah dan perkebunan yang menyejukkan.

Paralayang Bukit Gantole biasanya buka setiap hari mulai pukul 08.00 pagi hingga 17.00 sore, tergantung pada kondisi cuaca. Untuk pengalaman paralayang yang optimal, sebaiknya datang lebih awal di pagi hari ketika angin dan cuaca lebih stabil.

Umumnya, ada biaya masuk untuk memasuki area Bukit Gantole sekitar Rp 15.000, sedangkan untuk pengalaman tandem paralayang (terbang bersama instruktur) biasanya berkisar antara Rp 350.000 hingga Rp 500.000 per orang. Harga ini sudah termasuk peralatan dan instruktur. 

Kamu bisa melakukan reservasi secara online atau booking langsung di tempat sesuai kebutuhan masing-masing. Namun, disarankan datang lebih awal terutama saat akhir pekan atau musim liburan untuk menghindari antrean panjang.

4. Devoyage Bogor

Sumber: kompas.com

 

Devoyage Bogor adalah sebuah destinasi wisata yang terletak di kota Bogor, Jawa Barat. Tempat ini terkenal dengan konsep Eropa yang unik, menawarkan pengalaman wisata yang berbeda dan menarik bagi pengunjung.

Devoyage Bogor dirancang dengan konsep ala Eropa, menampilkan replika bangunan dan ikon-ikon terkenal dari berbagai negara di Eropa. Pengunjung dapat menemukan replika Menara Eiffel, kincir angin khas Belanda, rumah-rumah warna-warni ala Venesia, dan masih banyak lagi.

Tempat ini menawarkan banyak spot foto estetik, membuatnya menjadi favorit bagi para penggemar fotografi dan pengguna media sosial. Setiap sudut di Devoyage Bogor didesain dengan estetika yang menarik, memberikan pengalaman visual yang memukau.

Selain menikmati pemandangan dan berfoto, Devoyage juga menawarkan berbagai wahana dan aktivitas menarik seperti kano di kanal-kanal kecil yang mengelilingi area wisata, serta taman bermain untuk anak-anak.

Terdapat berbagai pilihan kuliner yang menawarkan hidangan lokal dan internasional. Kafe dan restoran di Devoyage juga dirancang dengan tema Eropa, memberikan suasana makan yang unik dan menyenangkan.

Beralamatkan di Jalan Boulevard CBD Bogor Nirwana Residence, Mulyaharja, Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat, Devoyage Bogor mudah diakses dari pusat kota Bogor, dengan jarak tempuh sekitar 20 menit dengan mobil. Lokasinya juga dekat dengan berbagai tempat wisata lain di Bogor, seperti The Jungle Water Adventure dan Kebun Raya Bogor.

Devoyage Bogor buka setiap hari dari pukul 09.00 pagi hingga 18.00 sore. Namun, di akhir pekan dan libur nasional, tempat ini tutup pada pukul 20.00 WIB. Biaya masuknya sangat murah lho karena hanya dibanderol Rp 25.000 saja.

 

 

Tips Cerdas Menjelajahi Wisata Baru di Puncak

Agar perjalanan menjelajahi wisata baru di Puncak lebih nyaman dan menyenangkan, sebaiknya kamu memperhatikan beberapa tips penting berikut ini.

1. Pilih Waktu yang Tepat

Puncak selalu ramai dikunjungi wisatawan di kala weekend dan hari libur nasional. Apabila memungkinkan, sebaiknya kamu menghindari akhir pekan atau libur nasional. Namun, jika hanya bisa berkunjung di waktu weekend dan hari libur, sebaiknya datang lebih awal supaya tidak terjebak macet terlalu lama.

2. Periksa Prakiraan Cuaca

Pastikan untuk memeriksa perkiraan cuaca sebelum pergi, terutama jika kamu berencana untuk melakukan kegiatan di luar ruangan seperti hiking atau paralayang.

3. Pilih Rute Perjalanan Terbaik

Rencanakan rute perjalanan dengan cermat, termasuk memilih jalur terbaik untuk mencapai tujuan dari tempat asal. Pasalnya, kondisi lalu lintas sangat padat di beberapa titik di sekitar Puncak.


 

4. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Kenakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan cuaca. Dalam hal ini, pakaian yang hangat dan tebal adalah yang terbaik karena cuaca di Puncak cukup dingin. Jika berencana untuk menjelajahi alam, pastikan untuk membawa perlengkapan seperti sepatu hiking yang cocok dan perlengkapan hujan jika cuaca memburuk.

5. Bawa Bekal dari Rumah

Meskipun terdapat banyak warung makan di sekitar Puncak, lebih baik membawa bekal atau makanan ringan untuk menghindari kelaparan di perjalanan atau ketika sedang menikmati pemandangan.

6. Menjaga Kebersihan

Jaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya dan menghargai alam sekitar.

7. Pesan Akomodasi dari Jauh-Jauh Hari

Jika kamu berencana untuk menginap, pesan akomodasi jauh-jauh hari sebelumnya, terutama bila berkunjung pada akhir pekan atau musim liburan.

 

 

Jangan lupa juga untuk mempersiapkan kondisi fisik, supaya perjalanan menuju wisata baru di Puncak berjalan lancar tanpa kendala. Kamu bisa mengonsumsi multivitamin tambahan untuk menjaga daya tahan tubuh dan memastikan diri selalu fit sepanjang hari.

Pilihan multivitamin terbaik untuk menemani waktu liburmu adalah Enervon-C Tablet karena di dalamnya terdapat keutamaan vitamin C dan B-Kompleks yang sangat baik untuk menjaga sistem imun supaya kamu tidak mudah sakit dan selalu berenergi.

Konsumsi rutin satu kali sehari dan rasakan manfaatnya bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Enervon-C Tablet aman bagi lambung dan tidak akan menimbulkan ketergantungan, jadi kamu tidak perlu khawatir ya! Klik tautan Tokopedia dan Shopee berikut untuk membeli produknya secara online sekarang juga!