Dalam proses mencari pekerjaan, surat pengalaman kerja adalah salah satu dokumen yang dibutuhkan oleh hampir semua jenis pekerjaan. Dokumen yang dikeluarkan oleh perusahaan ini berisi informasi yang menunjukkan bahwa kamu pernah bekerja selama beberapa waktu di perusahaan tersebut. Keberadaan dokumen ini penting dalam proses rekrutmen untuk melihat apakah seorang kandidat benar-benar memiliki pengalaman kerja yang sesuai dengan posisi yang dilamar. Menyertakan surat pengalaman kerja berarti menambah kemungkinan seseorang untuk diterima di perusahaan (yang baru). Simak tips membuat surat pengalaman kerja yang efektif sekaligus menarik perhatian HRD berikut ini

Surat Pengalaman Kerja (SPK) dan Fungsinya

Sering disebut sebagai paklaring, perusahaan akan menerbitkan surat pengalaman kerja ketika seorang pekerja memutuskan untuk keluar dari perusahaan tersebut. Baik karena alasan pribadi, kebijakan PHK, maupun karena masuk usia pensiun. Umumnya pekerja yang mendapatkan paklaring adalah seseorang yang sudah bekerja selama minimal satu tahun. Nantinya surat tersebut akan menjelaskan tugas dan peran apa saja yang pernah dipegang, bagaimana menjalankannya, dan target atau pencapaian yang diraih selama menjalankan tugas tersebut.

Kemudian ketika pekerja mencari pekerjaan, dokumen ini akan menjadi bahan pertimbangan kuat oleh rekruter dalam memilih kandidat. Dokumen ini mampu menunjukkan pengalaman profesional kamu secara legal atau resmi. Bahkan beberapa perusahaan menjadikan paklaring sebagai dokumen wajib yang harus disertakan bersama dokumen lamaran kerja lain seperti CV dan surat lamaran kerja.

Selain itu, fungsi lain dari surat pengalaman kerja adalah sebagai syarat saat mengajukan beasiswa hingga menjadi referensi surat keterangan kinerja. Itulah kenapa dalam beberapa peraturan ketenagakerjaan, penerbitan paklaring adalah kewajiban perusahaan selama mantan pekerja terkait memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

Lalu, apa bedanya dengan surat lamaran kerja? Jika SPK dikeluarkan oleh perusahaan, maka surat lamaran kerja dibuat sendiri oleh seseorang yang akan mencari pekerjaan. Selain itu, isi surat lamaran kerja umumnya merupakan ringkasan dari CV dengan beberapa topik dalam satu dokumen. Sedangkan SPK memiliki satu topik saja terkait pengalaman kerja pada satu perusahaan dan legalitas yang mengonfirmasinya. Bila surat lamaran kerja bisa dimiliki oleh semua calon karyawan, maka SPK adalah dokumen spesial yang meyakinkan tim rekruter sekaligus media negosiasi gaji yang kuat. Tentu saja karier pekerjaan di perusahaan yang baru bisa lebih baik.

Tips Membuat Paklaring yang Efektif

Umumnya perusahaan akan menerbitkan SPK atau paklaring menggunakan format tertentu, baik dibuat secara manual maupun menggunakan sistem atau aplikasi karyawan. Namun tidak jarang ada juga perusahaan yang menyerahkan proses pembuatan SPK secara mandiri oleh karyawan terkait yang membutuhkan. Kemudian pihak internal perusahaan tinggal mengecek dan mengesahkannya. Baik dengan tanda tangan maupun cap resmi perusahaan. Apabila kamu termasuk dalam kategori terakhir, berikut ini adalah tips membuat SPK yang efektif dan menarik perhatian HRD calon perusahaan baru.

1. Pahami Format dan Struktur Umum

Secara umum, struktur dari komponen SPK adalah sebagai berikut:

Kop Surat

Bagian ini berisi tentang informasi penting perusahaan, seperti nama perusahaan, alamat, nomor telepon, email, dan lain-lain. Termasuk informasi nomor surat yang bisa kamu konfirmasikan kepada tim personalia atau HRD.

Nama dan Jabatan

Berikutnya adalah nama dan jabatan yang bertanggung jawab atas pekerjaan kamu selama ini, bisa manajer tim kerja, kepala seksi, team leader, kepala bagian, dan lain-lain.

Tanggal Mulai-Berakhir Bekerja

Sertakan keseluruhan waktu bekerja dari awal masuk atau ditetapkan sebagai karyawan sampai dengan waktu kamu berhenti bekerja.

Deskripsi Pekerjaan

Pada bagian ini, jelaskan deskripsi pekerjaanmu secara rinci namun tidak bertele-tele. Sebutkan tugas dan tanggung jawab yang diberikan perusahaan selama kamu bekerja.

Kontribusi dan Pencapaian

Dari tugas dan peran sehari-hari, kamu akan berkontribusi terhadap berjalannya operasional perusahaan. Sebutkan apa saja kontribusi kamu tersebut, termasuk kontribusi dalam proyek khusus yang berhasil diselesaikan. Masukkan juga pencapaian dan prestasi yang paling berpengaruh bagi perusahaan.

Nantinya tim personalia akan mengecek SPK yang sudah kamu buat untuk kemudian diberi cap dan/atau tanda tangan pimpinan perusahaan untuk mengesahkannya.

2. Teknik Penulisan

Seperti dokumen persuratan resmi lainnya, teknik penulisan SPK adalah formal dan menggunakan bahasa baku. Hal ini akan menunjukkan profesionalitas kamu dalam dunia kerja.

3. Pembuatan Isi Paklaring

SPK akan semakin menarik bagi tim rekruter calon perusahaan baru saat kamu membuat isinya singkat, padat, serta mengandung banyak informasi penting. Terutama pada bagian deskripsi pekerjaan dan pencapaian. Pastikan bagian ini relevan dengan posisi yang akan dilamar.

4. Sertakan Referensi Bila Ada

Referensi yang dimaksud bisa dalam bentuk sertifikat atau piagam penghargaan yang umumnya dilampirkan bersama dokumen pendaftaran kerja lainnya.

5. Menghindari Kesalahan yang Sering Terjadi

Terakhir, selalu cek kembali hasil akhir SPK buatan kamu sebelum menyerahkannya kepada perusahaan lama. Selain kesalahan penulisan, cermati dan hindari beberapa kesalahan yang sering dilakukan. Di antaranya adalah pemilihan dan susunan kata yang ambigu, ketidaksesuaian posisi yang dicari dengan pengalaman kerja, dan terlalu banyak mencantumkan kontribusi atau pencapaian kecil.

Contoh Surat Pengalaman Kerja

Jaga Kesehatan Tubuh Selama Mencari Kerja dan Bekerja

Mencari pekerjaan memang bukan proses yang mudah, begitu juga saat menjalankan pekerjaan baru yang didapatkan. Tubuh yang sehat adalah modal utama untuk menaklukkan semua tantangan tersebut. Performa kamu akan semakin optimal ketika tubuh sehat dan bugar setiap hari.

Untuk mendukung modal utama kamu, Enervon Active siap menemani dengan kandungan multivitamin dan mineral yang dimilikinya. Dalam satu tabletnya, kamu akan mendapat asupan vitamin C (500 mg), vitamin B1 (50 mg), B2 (25 mg), B6 (10 mg), vitamin B12 (0,005 mg), kalsium pantotenat (20 mg), niacinamide (50 mg), dan zinc (10 mg). Bahan non-acidic yang digunakan Enervon Active membuatnya menjadi produk yang ramah bagi lambung sensitif dan aman dikonsumsi setiap hari. Untuk akses mudah ke toko resmi, Tokopedia dan Shopee Enervon kini sudah tersedia.