Yogyakarta atau lebih sering disebut Jogja merupakan kota yang menjadi salah satu pusat kebudayaan di Indonesia. Wilayah ini memiliki keistimewaan tersendiri yakni banyaknya warisan budaya dan bangunan bersejarah yang menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan. Tingginya minat wisatawan untuk berlibur ke Jogja membuat sejumlah pihak terus berinovasi menciptakan tempat-tempat wisata baru. Keberadaan tempat wisata di Jogja terbaru yang terus bertambah dan menarik tentunya meningkatkan minat wisatawan untuk terus berkunjung.

Selain terkenal akan budayanya yang masih terasa kental, kota pelajar ini juga menawarkan wisata edukasi sekaligus wisata alam yang sangat cocok untuk liburan keluarga loh! Namun dengan banyaknya opsi yang tersedia, kamu mungkin kebingungan untuk mencari tempat yang nyaman dan ramah untuk liburan keluarga. Simak rekomendasi tempat wisata di Jogja terbaru yang bisa kamu masukkan bucket list saat berlibur dengan keluarga.

Tempat Wisata di Jogja Terbaru: Wisata Alam

Sumber: yogyes.com

HeHa Sky View

Jika kamu ingin menikmati pemandangan alam dari ketinggian, kamu bisa berkunjung ke HeHa Sky View yang menawarkan pemandangan Kota Jogja dari atas perbukitan Gunungkidul. Dari sini, kamu bisa menikmati keindahan sunset, citylight yang menawan, spot foto yang instagramable, dan menikmati makanan dengan view yang indah.

Bukit Bintang Jogja

Tidak jauh dari HeHa Sky View, kamu juga bisa melihat keindahan Kota Jogja dari Bukit Bintang. Yang membedakannya yakni Bukit Bintang memiliki area yang lebih kecil, sederhana, dan lebih murah. Waktu favorit berkunjung yakni saat malam hari sembari menikmati makanan dan melihat keindahan kota dari atas.

Air Terjun Sri Gethuk

Wisata alam selanjutnya yang bisa kamu dan keluarga kunjungi adalah Air Terjun Sri Gethuk. Air terjun ini dikelilingi pepohonan serta bebatuan yang membuatnya tampak alami dan asri. Airnya mengalir dari atas tebing dengan ketinggian sekitar 50 meter dan tidak pernah kering meskipun saat musim kemarau. Untuk mencapai air terjun ini, kamu perlu menyeberangi sungai menggunakan perahu atau getek.

Tempat Wisata di Jogja Terbaru: Wisata Edukasi

Sumber: visitingjogja.jogjaprov.go.id

Museum Ullen Sentalu

Jika kamu ingin berkunjung ke wisata edukasi, cobalah berkunjung ke Museum Ullen Sentalu yang merupakan museum seni dan budaya Jawa Klasik. Museum ini juga menampilkan kebudayaan masa Kerajaan Mataram Islam, Kasunanan Surakarta Kasultanan Yogyakarta, Praja Mangkunegaran, dan Kadipaten Pakualaman.

Merapi Park

Merapi Park termasuk tempat wisata terbaru di Jogja yang menjadi tujuan wisata favorit keluarga. Lokasinya berada di depan Museum Merapi dan dilengkapi dengan banyak spot foto menarik berlatar replika ikon terkenal dunia. Selain itu ada juga aktivitas menarik lainnya seperti naik kuda, melihat kucing dan kelinci, serta wahana Jemparingan.

Sindu Kusuma Edupark

Wisata edukasi lain yang tak kalah menarik yaitu Sindu Kusuma Edupark yang merupakan wahana rekreasi keluarga berbasis budaya dan edukasi. Ada lebih dari 17 macam wahana dan pengalaman edukasi di Sindu Kusuma Edupark yang bisa kamu nikmati. Wahana yang menjadi ikon dari SKE yakni wahana bianglala yang dinamakan Cakra Manggilingan.

Tempat Wisata di Jogja Terbaru: Wisata Budaya

Sumber: batiktulisgiriloyo.com

Kampung Wisata Giriloyo

Wisata budaya yang tak boleh kamu lewatkan yaitu mengunjungi Kampung Wisata Giriloyo. Desa yang juga disebut Sentra Batik Giriloyo ini terletak di Imogiri, Bantul dan dikenal sebagai sentra kerajinan batik tulis di Jogja sejak abad ke-17. Kamu juga ikut belajar membatik dan melihat kebudayaan warga setempat.

Malioboro

Malioboro merupakan ikon bagi Kota Jogja dan menjadi tempat wisata yang tidak boleh terlewatkan saat berlibur bersama keluarga. Daerah Malioboro menawarkan berbagai spot foto menarik, tempat wisata, produk kerajinan tangan, kuliner, dan bahkan sebagai tempat berkumpulnya para seniman beraksi.

Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta merupakan bangunan dan tempat bersejarah peninggalan Kerajaan Mataram Islam yang kini menjadi Istana Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat sejak tahun 1755. Di sini kamu bisa melihat secara langsung kebudayaan hingga nilai-nilai sejarah yang sangat menarik.

Tips Liburan Keluarga selama di Jogja

1. Pilih Tempat Wisata yang Ramah Keluarga

Liburan keluarga akan sangat menyenangkan jika semua orang mulai dari dewasa hingga anak-anak bisa menikmatinya. Untuk itu, pilihan tempat wisata yang ramah anak sekaligus lansia. Misalnya, kamu bisa membawa orang dewasa dan lansia ke wisata alam atau wisata budaya, lalu mengajak anak-anak ke wisata edukasi. Beberapa tempat wisata telah menawarkan banyak atraksi dalam satu area.

2. Mempersiapkan Kebutuhan Keluarga

Saat berlibur dengan keluarga mungkin persiapan yang dibutuhkan akan lebih banyak memakan tenaga dan waktu. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan mulai dari biaya untuk berlibur, pakaian yang sesuai dengan cuaca sekitar, pemilihan menu dan tempat makan, hingga obat-obatan pribadi. Persiapan tersebut sangat penting untuk mendapatkan pengalaman liburan yang nyaman, aman, menyenangkan, dan optimal.

3. Siapkan Alokasi Biaya Khusus Liburan Keluarga

Berlibur bersama keluarga memang sangat menyenangkan, tetapi biaya yang dikeluarkan mungkin juga lebih besar. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mempersiapkan alokasi biaya liburan keluarga jauh-jauh hari. Apalagi jika kalian ingin menggunakan transportasi umum dan menginap. Membuat itinerari adalah salah satu cara efektif agar liburan tidak membuat kantong membengkak sekaligus berjalan lancar.

Jaga Kesehatan Keluarga Bersama Enervon-C Tablet

Selain mempersiapkan liburan keluarga dengan matang, perhatikan juga kesehatan tubuh saat akan dan selama berlibur. Hal ini penting karena tubuh akan berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya, melakukan banyak aktivitas seru bersama, hingga mencicipi makanan khas lokal. Sayangnya, keseruan itu juga membuat tubuh kelelahan dan berisiko tinggi terpapar radikal bebas. Jika imun tubuh tidak dijaga dengan baik, bisa-bisa ada anggota keluarga yang jatuh sakit, terutama sepulang dari liburan. Cegah hal ini terjadi dengan menguatkan imun tubuh.

Bila perlu, dukung asupan makan selama liburan dengan mengonsumsi suplemen multivitamin dan mineral. Selain membantu produksi energi selama jalan-jalan, multivitamin juga akan menguatkan daya tahan dan menjaga tubuh tetap fit bahkan setelah kembali ke rumah. Bantu pemenuhan kebutuhan nutrisi kamu dan keluarga bersama Enervon-C Tablet. Cukup dengan konsumsi satu tablet per hari, kamu telah mendapat asupan vitamin C, vitamin B kompleks, mineral niacinamide, dan kalsium pantotenat. Dapatkan kemasan travel dari toko resmi Enervon di Tokopedia dan Shopee.

Featured Image - terasmalioboro.jogjaprov.go.id