Bicara soal wanita karier, banyak orang memahaminya sebagai perempuan yang suka bekerja dibanding mengurus anak, identik dengan sikap tegas, dingin, dan kaku. Namun sebenarnya konsep wanita karier lebih dari stereotip tersebut. Merangkum dari beberapa sumber, wanita karier adalah perempuan yang banyak terlibat, fokus, dan berpartisipasi dalam berbagai aktivitas profesional dan beragam bidang pekerjaan. Semangat menjadi wanita karier di era modern menjadi penting dimiliki karena beberapa manfaat yang didapatkan. Selain itu, sudah banyak contoh wanita karier di era modern yang banyak menginspirasi seperti Cinta Laura (entrepreneur dan aktivis sosial), Nurhayati Subakat (CEO Wardah, Emina, dan 3 merek kosmetik lainnya), Megawati Hangestri Pertiwi (atlet voli internasional), dan masih banyak lagi lainnya.

Sebelum masuk pada tips suksesnya, mari kita bahas bersama apa saja manfaat menjadi wanita karier. Pertama, perempuan yang bekerja berarti mereka membuat suatu karya atau berkontribusi dalam suatu sistem yang bermanfaat bagi banyak orang. Hal ini membuat mereka mampu mengaktualisasikan diri serta mencapai kepuasan pribadi karena membuat perubahan positif untuk orang lain. Kedua, semakin banyak waktu dan kesempatan untuk terus mengembangkan potensi diri, belajar hal baru, dan bahkan pergi ke banyak tempat baru.

Ketiga, perempuan yang bekerja tentu akan lebih mandiri secara finansial. Kekuatan untuk mengelola keuangan sendiri dan tidak bergantung pada orang lain adalah keuntungan yang tidak tergantikan. Bahkan ketika dirinya menikah dan memiliki anak sekalipun. Terakhir dan yang paling fundamental, wanita karier adalah salah satu bentuk perlawanan terhadap stereotip gender dan norma sosial masyarakat dulu. Sejarah tentang hak perempuan yang ditekan telah menjadi pembahasan penting dan banyak perubahan yang mengarah pada dukungan terhadap pemenuhan hak-hak dasar mereka sebagai manusia. Aktif bekerja dan menyuarakan pendapat sebagai perempuan di era modern adalah langkah kecil untuk mencapai kesetaraan gender.

Anggapan bahwa wanita karier lebih memilih kehidupan bekerja dan menolak menikah, melahirkan, dan mengurus anak adalah kesalahan. Nyatanya banyak praktik yang mulai menunjukkan perempuan dapat menjalankan kedua ranah ini. Di bawah ini adalah beberapa tips sukses menjadi wanita karier di era modern.

Menentukan Tujuan Karier dan Pengukurannya

Mendapatkan pekerjaan impian, menemukan hobi dan aktivitas paling disukai dan mendapat uang dari hal tersebut, hingga berani memulai usaha adalah titik awal suatu karier. Tahapan berikutnya adalah menentukan tujuan dan target terukur dari kegiatan tersebut. Untuk memudahkan proses ini, cobalah untuk menulis apa saja tujuan jangka pendek dan jangka panjang dari pekerjaan profesionalmu.

Kemudian tentukan target-target kecil harian atau mingguan yang relevan dengan kemampuanmu. Dari pencapaian kecil namun rutin tersebut, kamu akan lebih mudah menentukan tujuan dan pencapaian jangka panjang. Jangan lupa juga untuk melakukan evaluasi secara berkala untuk terus melakukan perbaikan rencana karier. Selain manfaat strategis, langkah ini juga akan secara tidak langsung mengingatkan motivasi awal kamu membangun karier tersebut.

Terus Belajar dan Meningkatkan Keterampilan

Dalam dunia kerja dan membangun bisnis, pengetahuan dan keterampilan adalah modal utama untuk mencapai tujuan karier. Tidak hanya memiliki, tapi kamu juga perlu mengembangkan dan menyesuaikannya dengan ilmu pengetahuan terbaru. Bisa dengan meningkatkan level keterampilan yang sudah dikuasai, atau dengan menambah pengetahuan dan keterampilan baru yang relevan.

Beberapa cara untuk melakukannya adalah dengan mengikuti kursus, program pelatihan, workshop, seminar, bergabung dengan komunitas profesional, mencari guru atau mentor sukses, dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk mengombinasikannya dengan perkembangan teknologi digital dalam hal ini agar kamu mampu beradaptasi lebih cepat. Keinginan untuk terus belajar adalah semangat dan prinsip yang tidak boleh hilang apa pun bidang profesionalmu.

Cara Wanita Membangun Jaringan Profesionalnya

Salah satu cara meningkatkan level karier adalah dengan membangun jaringan profesional. Praktiknya bisa sangat beragam, namun beberapa hal yang umum ditemui adalah sebagai berikut:

  • Membangun hubungan baik dengan kolega dan aktor penting dalam lingkungan kerja.
  • Memaksimalkan platform profesional dan media sosial seperti LinkedIn.
  • Meningkatkan kemampuan komunikasi efektif.
  • Rutin menghadiri acara komunitas, gathering karyawan, dan lain-lain.

Studi yang dilaporkan oleh Harvard Business Review dan melibatkan 16.500 laki-laki dan perempuan menunjukkan penemuan yang unik terkait cara perempuan membentuk jaringan profesional mereka. Pertama, perempuan memiliki kemampuan menyerap permintaan kolaboratif lebih efektif dibanding laki-laki. Mereka menolak pertemuan yang tidak penting dan di waktu yang sama memaksimalkan sebuah proyek kolaboratif sebagai media untuk menonjolkan kemampuan diri. Kedua, perempuan terbukti memiliki hubungan yang lebih baik dan berkualitas dengan sesama perempuan sekaligus lebih fleksibel ketika harus melibatkan laki-laki.

Ketiga, perempuan tidak ragu melebarkan batasan orang-orang yang akan dipercaya dan diajak berkolaborasi. Mereka mampu menjangkau orang dengan latar belakang yang berbeda selama itu sesuai dengan tujuan kariernya. Keempat, perempuan mampu menyeimbangkan kecerdasan berpikir dan kecerdasan emosional serta menunjukkan kompetensi sekaligus sikap hangat. Mereka mampu menghargai dan membuktikan kualitas diri secara profesional sekaligus menunjukkan kepedulian, perilaku positif, humor, kemampuan mendengar yang baik.

Manajemen Waktu, Tenaga, dan Prioritas

Seperti yang sempat disinggung di atas, wanita karier juga bisa menjadi istri dan ibu yang profesional di luar dunia kerja. Kunci dari prestasi di ranah yang berbeda adalah memiliki manajemen waktu dan tenaga yang baik sekaligus memahami prioritas. Umumnya kamu akan terbantu dengan membuat daftar tugas dan jadwal yang efektif dan efisien. Alih-alih melakukan banyak aktivitas sekaligus (multitasking), akan jauh lebih baik fokus menyelesaikan suatu pekerjaan satu per satu. Tidak hanya menerapkannya di lingkungan kerja, tapi penting juga memiliki kebiasaan ini untuk pekerjaan domestik dan pengasuhan. Pada tahap tertentu, kamu perlu mengakui dan mengetahui bahwa setiap orang memiliki keterbatasan. Sehingga kemampuan untuk mendelegasikan tugas juga perlu dimiliki.

Trik Menjaga Keseimbangan Kehidupan Kerja & Pribadi

Setinggi apa pun dedikasi kamu terhadap pekerjaan, memiliki keseimbangan menjalankan kehidupan profesional dan kehidupan pribadi adalah hal penting untuk mencegah kamu mengalami burn out. Berikan waktu khusus untuk melakukan relaksasi, menikmati hobi, serta memperhatikan kesehatan fisik dan mental. Meluangkan waktu untuk menjalin hubungan harmonis dengan keluarga dan teman adalah salah satu cara mempertahankan motivasi mengejar karier. Orang-orang terdekat yang kamu sayangi bisa menjadi tujuan sekaligus sumber kekuatan untuk membangun karier terbaik.

Lakukan Banyak Hal dengan Tubuh yang Sehat Bersama Enervon Active

Sama dengan laki-laki, wanita karier pun membutuhkan tubuh yang prima setiap hari untuk memberikan yang terbaik di bidangnya. Kesehatan yang terjaga, bugar, dan stabil adalah modal penting untuk aktivitas apa pun yang akan dilakukan. Termasuk dalam menerapkan banyak tips di atas. Gaya hidup sehat, pola makan bergizi seimbang, olahraga dan istirahat yang cukup, adalah beberapa cara paling efektif dan bermanfaat besar dalam jangka panjang.

Cara lain khusus untuk mendukung pemenuhan energi harian adalah dengan mengonsumsi suplemen. Dengan kandungan multivitamin (vitamin C dan B kompleks) dan mineral (zinc, niacinamide, dan kalsium pantotenat) penting, Enervon Active menjadi satu produk yang direkomendasikan. Selain kelengkapannya, tablet Enervon Active juga menggunakan bahan non-acidic sehingga ramah bagi lambung meski dikonsumsi setiap hari. Miliki akses mudah terhadap suplemen ini melalui toko resminya di Tokopedia dan Shopee.

Referensi:

Harvard Business Review. 2019. The Secrets of Successful Female Networkers. Diakses dari https://hbr.org/2019/11/the-secrets-of-successful-female-networkers?utm_medium=

Hira Ali. 2020. Ten Career Tips For Every Working Woman. Diakses dari https://www.forbes.com/sites/ellevate/2020/10/29/ten-career-tips-for-every-working-woman/