Kota Bandung adalah destinasi wisata untuk keluarga yang cukup populer dan menjadi favorit banyak orang. Pasalnya, ada banyak tempat liburan di Bandung yang menarik untuk dikunjungi. Ibarat paket komplit, kota ini menawarkan semua hal yang kamu cari mulai dari wisata alam, edukasi, hiburan, kuliner, dan juga belanja. Itulah sebabnya, kota yang dijuluki Kota Kembang ini sangat cocok untuk dikunjungi bareng keluarga. Jika kamu mencari rekomendasi objek wisata unggulan di Bandung, maka simak artikel berikut sampai tuntas ya!

Daftar Tempat Liburan di Bandung

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa objek wisata di Bandung terdiri dari banyak kategori yaitu wisata alam, edukasi, kuliner, dan juga belanja. Ini dia daftar tempat liburan di Bandung yang wajib kamu singgahi bersama keluarga. Simak baik-baik ya!

1. Kawah Putih

Sumber: kompas.com

 

Kawah Putih terletak sekitar 50 km di selatan Bandung, tepatnya di Ciwidey. Di sini, kamu bisa menyaksikan kawah vulkanik dengan danau berwarna putih kebiruan yang terbentuk akibat aktivitas vulkanik Gunung Patuha. Suasana di sekitar kawah sering berkabut, sehingga menambah kesan mistis dan eksotis. Tempat ini menawarkan panorama alam yang menakjubkan dan kerap dipilih sebagai lokasi untuk pre-wedding.

2. Situ Patenggang

Sumber: mybandung.id

 

Situ Patenggang merupakan sebuah danau yang indah di daerah Ciwidey.  Danau alami ini dikelilingi oleh kebun teh yang membuatnya terlihat sangat asri. Kamu bisa menyewa perahu untuk berkeliling danau atau mengunjungi Pulau Asmara di tengah danau. Pemandangan sekitar yang cantik sangat memanjakan mata sehingga sayang jika dilewatkan.

3. Ranca Upas

Sumber: bobobox.com

 

Masih di kawasan Ciwidey, tempat liburan di Bandung berikutnya yang wajib kamu datangi adalah Ranca Upas. Tempat ini merupakan kawasan camping dan penangkaran rusa yang pastinya cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Selain memberi makan rusa, kamu juga bisa sekaligus berinteraksi dengan hewan tersebut. Menariknya, Ranca Upas juga menawarkan berbagai aktivitas outbond dan pemandian air panas.

 

 

4. Tangkuban Perahu

Sumber: kompas.com

 

Beralih ke utara Bandung, tepatnya di daerah Lembang, kamu bisa mengunjungi objek wisata alam Tangkuban Perahu. Tempat ini merupakan gunung berapi aktif dengan beberapa kawah, termasuk Kawah Ratu dan Kawah Domas yang sangat erat kaitannya dengan legenda Sangkuriang. Menariknya, kamu bisa melihat langsung ke dalam kawah yang masih mengeluarkan asap belerang lho! 

5. Observatorium Bosscha

Sumber: kompas.com

 

Nah, selain wisata alam, kamu juga tidak boleh melewatkan wisata edukasi di Bandung seperti Observatorium Bosscha. Tempat ini merupakan observatorium tertua di Indonesia, yang didirikan pada tahun 1923. 

Observatorium ini digunakan untuk penelitian astronomi dan sering mengadakan program edukasi untuk umum. Di sini, kamu dan keluarga bisa melihat bintang serta planet melalui teleskop besar. Tak hanya itu saja, tempat ini juga menjadi sarana untuk belajar tentang ilmu astronomi.

6. Museum Geologi Bandung

Sumber: atourin.com

 

Tempat liburan di Bandung lainnya yang mengusung tema edukasi adalah Museum Geologi Bandung. Museum ini menampilkan koleksi fosil, batuan, dan mineral dari seluruh Indonesia. Terdapat juga pameran tentang sejarah bumi dan aktivitas vulkanik di Indonesia. Tempat ini sangat informatif bagi kamu yang ingin mengetahui lebih banyak tentang geologi dan sejarah bumi.

 

 

7. Saung Angklung Udjo

Sumber: traveloka

 

Saung Angklung Udjo merupakan pusat kebudayaan Sunda yang menampilkan pertunjukan musik angklung, alat musik tradisional dari bambu. Selain pertunjukan, pengunjung juga bisa mengikuti workshop membuat dan bermain angklung, serta belajar tentang seni dan budaya Sunda.

8. Farmhouse Susu Lembang

Sumber: mediaindonesia.com

 

Destinasi wisata yang satu ini menggabungkan konsep peternakan dengan edukasi tentang proses produksi susu. Kamu dan keluarga bisa berinteraksi dengan hewan ternak, belajar tentang proses pembuatan produk susu, serta menikmati suasana ala Eropa. Dijamin, tempat ini akan membuatmu gembira dan terkesan.

9. Braga City Walk

Sumber: tempatliburandibandung.blogspot.com

 

Braga City Walk adalah pusat perbelanjaan dan hiburan yang terletak di kawasan bersejarah Braga. Di sini, pengunjung bisa menikmati suasana jalan Braga yang ikonik sambil berbelanja di toko-toko fashion, menikmati kuliner, atau menonton film di bioskop.

 

 

10. Cihampelas Walk (Ciwalk)

Sumber: atourin

 

Wisata belanja di Bandung yang cukup populer lainnya adalah Cihampelas Walk yang merupakan pusat perbelanjaan terkenal dengan suasana asri dan nyaman. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai toko fashion, kafe, dan restoran. Jalan Cihampelas juga dikenal sebagai "Jeans Street" karena banyak toko yang menjual produk denim.

11. Dago Bakery Punclut

Sumber: dagobakery.com

 

Beralih ke wisata kuliner, tempat liburan di bandung yang wajib kamu singgahi bersama keluarga adalah Dago Bakery Punclut. Restoran dan kafe dengan konsep kastil Eropa ini, menawarkan pemandangan indah kota Bandung. Tempat ini menyajikan berbagai menu roti, kue, dan masakan khas Sunda serta nusantara lainnya.

12. Sudirman Street Day & Night Market

Sumber: bobobox.com

 

Sudirman Street Day & Night Market adalah pasar malam yang menawarkan berbagai pilihan kuliner dari masakan Indonesia hingga internasional. Tempat ini sangat ramai pada malam hari, dengan suasana yang meriah dan berbagai pilihan makanan yang menggugah selera.

 

 

Itu tadi deretan tempat liburan di Bandung yang wajib kamu kunjungi. Pastikan kamu selalu sehat dan berstamina saat berlibur di Bandung dengan rutin mengonsumsi multivitamin seperti Enervon-C Effervescent.

Enervon-C Effervescent hadir dengan bentuk tablet larut air yang tidak hanya bermanfaat bagi tubuh, tapi juga memberikan sensasi kesegaran di tenggorokan. Di dalamnya terkandung vitamin C 1000 mg yang secara efektif mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain itu, multivitamin ini juga  diperkaya dengan vitamin B-Kompleks yang mendukung pembentukan energi di dalam tubuh. Cukup satu tablet setiap hari dan tubuh akan senantiasa aktif dan fit untuk liburan seharian. Klik link Shopee dan Tokopedia berikut untuk mendapatkan produk Enervon-C Effervescent sekarang juga!