Salah satu bentuk perubahan di era masyarakat modern adalah terbukanya kesempatan yang semakin luas bagi wanita untuk bekerja. Saat ini semakin banyak perempuan yang menyadari kemampuan dan potensi mereka untuk mandiri secara finansial dan hal ini disambut baik oleh banyak pemberi kerja. Sayangnya, sebagian besar sektor pekerjaan masih menawarkan upah atau gaji yang berbeda antara laki-laki dan perempuan. Kesenjangan upah gender menjadi tantangan bagi wanita untuk meraih kesuksesan finansial. Di bawah ini adalah beberapa pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita dan akan menilai pekerja bukan dari gendernya.

Sebelum memilih jalan karier kamu sebagai wanita yang bekerja, penting juga untuk memahami minat, bakat, dan tujuan hidup. Selain mempertahankan kamu di dunia kerja, kesesuaian profesi dengan minat bakat juga akan mendukung seseorang meraih prestasi di bidang tersebut. Dalam jangka panjang, perkembangan karier akan semakin pesat terlepas dari gender yang melekat. Daftar pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita ini akan datang dari berbagai bidang atau sektor. Jadi simak sampai akhir untuk melihat potensi sumber finansial kamu.

Daftar Pekerjaan dengan Gaji Tinggi untuk Wanita

Bidang STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics)

1. Insinyur Perangkat Lunak (15-30 juta per bulan)

Perkembangan teknologi digital yang pesat membuat insinyur perangkat lunak banyak dibutuhkan. Kamu akan merancang, membuat, mengembangkan, dan menguji sistem perangkat lunak. Mulai dari aplikasi mobile, platform online, hingga sistem kustom suatu perusahaan. Kamu bisa saja bekerja untuk suatu perusahaan, bisa juga menjadi pekerja lepas dengan bayaran per jam.

2. Ilmuwan dan Analis Data (10-30 juta per bulan)

Selain perangkat canggih, pengelolaan dan analisis data juga semakin diperhatikan sehingga ilmuwan dan analis data banyak dicari. Bisnis atau perusahaan dalam skala dan bidang apa pun akan membutuhkan analisis data untuk membuat keputusan bisnis yang lebih akurat. Termasuk untuk meningkatkan layanan, kinerja, dan inovasi produk.

3. Dosen (5-10 juta per bulan)

Jika kamu suka dengan ilmu pengetahuan dan pendidikan, dosen termasuk dalam pilihan profesi untuk wanita dengan gaji yang tinggi. Bidang STEM memiliki turunan ilmu dan jurusan yang sangat luas dan semakin kamu ahli dalam ilmu tertentu, kamu akan terus dibutuhkan banyak universitas.

4. Peneliti (10-15 juta per bulan)

Hampir sama dengan dosen, peneliti lebih fokus untuk menghasilkan penemuan dan mengembangkan ilmu pengetahuan. Untuk kamu dengan rasa ingin tahu yang tinggi, profesi ini bisa menghasilkan gaji yang tinggi. Kamu bisa bekerja di laboratorium swasta atau negeri, perusahaan farmasi dan kosmetik, dan masih banyak lagi lainnya.

Bidang Keuangan

1. Akuntan (15-30 juta per bulan)

Akuntan dengan sertifikasi resmi menjadi salah satu pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita. Kamu akan melakukan pembukuan perusahaan secara rutin dan membantu menentukan keputusan operasional bisnis. Mulai dari pengadaan bahan baku, penggajian karyawan, hingga pelaporan keuangan akan lebih akurat dengan pembukuan yang sesuai peraturan resmi.

2. Analis (15-30 juta per bulan)

Analis dalam bidang keuangan memiliki beberapa kategori namun yang paling umum adalah analis keuangan umum, analis investasi, dan analis ekonomi. Profesi ini hampir sama seperti peneliti karena kamu akan banyak melakukan pengumpulan dan pengolahan data. Selain itu, kamu juga perlu terus mengikuti tren ekonomi yang dinamis.

3. Penasihat Keuangan (10-25 juta per bulan)

Konsultan atau penasihat keuangan juga banyak dibutuhkan, terutama oleh individu, keluarga, hingga investor. Tidak hanya dalam merencanakan keuangan jangka pendek dan jangka panjang, pekerjaan ini juga akan banyak belajar tentang kebijakan keuangan terbaru.

Bidang Hukum

1. Penasihat Hukum, Pengacara, atau Jaksa (15-50 juta per bulan)

Selain mewakili klien dalam pengadilan, pekerjaan ini juga akan memberikan saran hukum agar klien terbebas dari tuduhan tindak pidana dan perdata. Klien yang dimaksud juga tidak hanya individu dan perusahaan, tapi bisa juga organisasi non profit atau negara.

2. Hakim (50-100 juta per bulan)

Hakim akan berhubungan erat dengan tugas memimpin persidangan dan membuat keputusan hukum. Kamu akan terus belajar soal kebijakan, aturan hukum, dan fenomena sosial yang terus berubah, sekaligus membebaskan pihak yang tidak bersalah dari tuntutan hukum.

Bidang Kesehatan

1. Dokter Spesialis (20-40 juta per bulan)

Sama seperti perawat, dokter spesialis juga bisa menjadi pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita. Apalagi dengan semakin tingginya perkembangan dunia kesehatan sekaligus masalah kesehatan masyarakat, kebutuhan dokter spesialis juga tinggi.

2. Dokter Gigi (12-40 juta per bulan)

Salah satu jenis dokter spesialis yang satu ini mampu memberikan kamu gaji yang tinggi karena gigi dan mulut termasuk organ tubuh yang kompleks. Dibutuhkan keahlian tinggi dan proses penanganan yang tidak singkat.

Bidang Lain

Selain bidang khusus di atas, kamu juga bisa menjadi ahli atau spesialis di bidang lain. Beberapa spesialis yang banyak dibutuhkan perusahaan berskala besar dan bahkan internasional adalah sebagai berikut:

  • Manajer Proyek (15-30 juta per bulan)
  • Manajer Bank (13-40 juta per bulan)
  • Spesialis Humas dan Komunikasi (10-25 juta per bulan)
  • Spesialis Pemasaran Digital (20-40 juta per bulan)
  • Spesialis SDM dan Personalia (20-40 juta per bulan)

Tips Singkat Sukses di Dunia Kerja untuk Wanita

Jika kamu sudah mengenal dengan baik minat dan bakatmu namun ternyata tidak ada dalam daftar di atas, jangan berkecil hati. Pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita sebenarnya bisa dari sektor manapun selama ia memiliki keterampilan dan ilmu pengetahuan yang relevan serta komitmen untuk terus belajar. Artinya semakin tinggi potensi kemampuan diri yang ditunjukkan, maka semakin tinggi pula pemberi kerja dalam menawarkan gaji atau upah. Selain terus mengembangkan diri, penting juga untuk membangun jaringan profesional dengan kolega, klien, dan komunitas yang sesuai. Jangan lupa juga untuk melakukan manajemen waktu, tenaga, dan prioritas agar kehidupan kerja dan kehidupan pribadi seimbang.

Wanita dengan karier yang tinggi akan membuatnya lebih mandiri dalam membuat keputusan dan pilihan hidup. Mulailah kariermu dari sekarang dan tunjukkan potensi terbaikmu.

Dukung Performa Harian dengan Memiliki Tubuh yang Sehat

Salah satu faktor kuat untuk menunjukkan potensi terbaik di lingkungan kerja adalah dengan memiliki tubuh yang sehat. Menjaga pola makan sehat bergizi seimbang, rajin olahraga, tidur berkualitas yang cukup setiap malam, dan menjaga kebersihan diri dan lingkungan adalah deretan upaya yang harus dibiasakan untuk menjaga kebugaran.

Bila perlu, konsumsi suplemen untuk mendukung pemenuhan nutrisi harian. Untuk urusan suplemen, Enervon Active adalah tablet dengan kandungan multivitamin dan mineral yang direkomendasikan. Satu tabletnya mengandung vitamin C, B kompleks, niacinamide, kalsium pantotenat, serta zinc. Bahan yang digunakan juga bersifat non-acidic sehingga aman dikonsumsi setiap hari. Dapatkan Enervon Active dengan promo menarik dari toko resminya di Tokopedia dan Shopee.