Surabaya adalah salah satu destinasi wisata yang tidak akan ada habisnya. Selain perkembangan obyek wisata yang pesat, wilayah ini juga menawarkan keberagaman kuliner. Tidak hanya daya tarik menu tradisional yang legendaris, berbagai inovasi makanan yang unik juga dikenalkan sebagai makanan khas yang mengundang banyak wisatawan. Jika kamu ingin merasakan pengalaman gastronomi yang lengkap, maka Surabaya harus masuk dalam rencana liburanmu. Agar momen mencicipi makanan lebih optimal, simak sejarah, tips memilih menu, serta rekomendasi tempat wisata kuliner Surabaya pilihan.

Daftar Wisata Kuliner Surabaya Pilihan

1. Rawon

Sumber: kabarjombang.com

Rawon merupakan hidangan berkuah hitam dengan bahan utama berupa daging sapi. Bagian sapi paling favorit yang dimasak untuk menu ini adalah betis dan iga sapi. Kuahnya sendiri berwarna hitam karena campuran berbagai macam rempah dan bumbu kunci bernama keluak, biji pohon kepayang yang diambil daging buahnya berwarna hitam dengan tekstur lengket. Keluak inilah yang membuat rawon memiliki cita rasa unik dan nikmat. Tahukah kamu bahwa keluak yang belum diolah itu beracun? Namun para pendahulu kita bertahun-tahun lalu telah menemukan cara pengolahan yang tepat.

Menu yang telah berusia lebih dari 1000 tahun ini menjadi salah satu makanan yang muncul dalam prasasti bernama Prasasti Taji yang ditemukan di Ponorogo tahun 1868. Sebagai makanan keluarga kerajaan Majapahit, rawon semakin populer dan umum disantap masyarakat Surabaya dan Jawa Timur pada umumnya. Tempat makan rawon yang banyak direkomendasikan adalah Rawon Pak Pangat, Rawon Nguling, dan Rawon Setan.

2. Rujak Cingur

Sumber: memorandum.disway.id

Rujak cingur adalah gabungan rujak dengan bahan utama petis udang dan irisan cingur (hidung atau moncong sapi yang direbus). Saus atau bumbu dari petis udang memiliki rasa gurih, manis, pedas, dan asin. Menarik, bukan? Kemudian isian utamanya sangat beragam, mulai dari bahan matang seperti rebusan kangkung, kacang panjang, tauge, tempe dan tahu goreng, lontong, hingga bahan mentah seperti timun, nanas, mangga muda, dan bengkuang. Cingur sapi akan menjadi topping bersama kerupuk udang.

Makanan ini pertama kali diperkenalkan di Surabaya pada tahun 1930-an oleh pendatang dari Pulau Madura. Banyak pedagang Madura yang berjualan rujak cingur di Surabaya dan mengganti petis ikan cakalang menjadi petis udang agar lebih sesuai lidah masyarakat Surabaya. Bahkan ada juga sejarah yang menceritakan bahwa awalnya menu ini menggunakan cingur unta. Kemudian diganti cingur sapi karena lebih mudah ditemukan. Beberapa tempat makan rujak cingur yang terkenal adalah Rujak Cingur Ahmad Jais, Rujak Cingur Bu Asih, dan Rujak Cingur Mbah Katro.

3. Soto Madura

Sumber: upload.wikimedia.org

Bedanya Soto Madura dengan soto lain di Indonesia adalah keberagaman jenis kuah dan isiannya. Penyajian soto madura paling populer adalah kuah kuning yang gurih dan cenderung pedas, daging sapi, telur rebus, kentang goreng, dan tauge. Bisa disantap dengan nasi atau lontong dan tambahan kerupuk udang.

Fakta unik dari menu ini adalah jika kamu berkunjung ke Madura, kamu akan menemukan bahwa soto di sana ada yang disajikan dengan kuah yang bening dan kuah kental bersantan. Hal ini karena Soto Madura pertama kali masuk ke Surabaya pada tahun 1970-an dan dibawa oleh Haji Sulung. Dahulu namanya justru Soto Sulung, namun karena penjualnya berasal dari Madura sehingga makanan ini populer sebagai Soto Madura. Itulah kenapa di Madura sendiri penjual soto menawarkan jenis kuah yang berbeda-beda. Tempat makan Soto Madura yang populer di Surabaya adalah Soto Madura Bu Umi, Soto Madura Cak Harto, dan Soto Madura Khas Sampang.

4. Lontong Balap

Sumber: asset.kompas.com

Sesuai namanya, satu piring Lontong Balap berisi lontong, tauge atau kecambah rebus, tahu goreng, dan lentho (sejenis perkedel dari kacang yang direndam bumbu dan ditumbuk). Kemudian akan disiram dengan kuah kaldu sapi yang gurih. Akan lebih nikmat jika disantap bersama kecap, sambal petis, serta sate kerang.

Salah satu daya tarik dari Lontong Balap autentik adalah wadah kaldu yang digunakan berupa gentong dari tanah liat yang dipikul. Dahulu, para penjual harus cepat-cepat berjualan di Pasar Wonokromo karena banyak ditunggu pembeli. Jalan cepat penjual inilah yang membuat mereka seperti berpacu sehingga dikenal sebagai Lontong Balap. Menurut sejarah, jarak yang ditempuh penjual Lontong Balap kurang lebih 5 km. Namun saat ini kamu bisa menikmati hidangan ini di tempat dan beberapa yang direkomendasikan adalah Lontong Balap Pak Gendut, Lontong Balap Wonokromo, dan Lontong Balap Garuda.

5. Tahu Tek

Sumber: asset.kompas.com

Selain tahu goreng setengah matang, satu porsi Tahu Tek disajikan berisi irisan lontong, kentang, tauge rebus, dan timun lalu disiram dengan bumbu petis yang diulek bersama kacang tanah. Ditambah dengan taburan kerupuk udang, Tahu Tek menjadi menu yang ramah di kantong. Dinamakan Tahu Tek karena penjual menggunakan gunting dalam memotong tahu dan lontong sehingga menghasilkan bunyi tek tek tek.

Sebagai makanan yang sering dijual di pinggir jalan, kamu akan menemukan banyak sekali penjual Tahu Tek di berbagai tempat di Surabaya. Namun jika kamu ingin merasakan cita rasa autentik, berkunjunglah ke Tahu Tek Pak Jayen, Tahu Tek Bu Nur, dan Tahu Tek Bu Man.

Tetap Sehat Meski Mencoba Banyak Jenis Makanan

Salah satu tantangan melakukan wisata kuliner adalah memastikan nutrisinya mampu memenuhi kebutuhan harian. Di sisi lain, liburan juga menjadi momen untuk menikmati menu makan tanpa memikirkan kandungan nutrisi suatu menu. Untuk tetap mencapai kedua kondisi tersebut, berikut ini beberapa tips yang perlu diterapkan selama wisata kuliner.

  • Karena makanan Surabaya identik dengan rasa pedas, untuk kamu yang memiliki lambung sensitif harus hati-hati. Ketahui batasannya sebelum perut terasa tidak nyaman.
  • Warung makan yang direkomendasikan terkadang berupa kaki lima. Jadi selalu perhatikan kebersihan tempat makan, alat makan, dan tidak terkecuali tanganmu sebelum mengonsumsi suatu makanan.
  • Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan banyak minum air putih.
  • Jangan ragu untuk mengonsumsi makanan bersama teman atau keluarga (sharing food) agar kamu terhindar dari efek terlalu kenyang. Terutama jika kamu tahu kandungan gula-garam-lemak suatu menu terlalu tinggi.
  • Dukung pemenuhan asupan nutrisi mikronutrien dengan bantuan suplemen. Kandungan multivitamin dan mineral di dalamnya akan melengkapi kebutuhan nutrisi harian.

Menyambung pada tips terakhir, Enervon-C Effervescent hadir sebagai suplemen keluarga yang direkomendasikan. Dengan bentuk effervescent yang mudah larut dalam air putih, kamu dan keluarga bisa mendapat asupan beragam mikronutrien sekaligus cairan tubuh. Tidak hanya vitamin C, kalian juga akan mendapat asupan vitamin B kompleks, niacinamide, dan kalsium pantotenat. Dapatkan produknya melalui toko resmi Enervon di Tokopedia dan Shopee. Ada juga kemasan travel untuk memudahkan kamu dalam mengemas barang bawaan selama liburan.

Featured Image - indonesia.travel