Bogor merupakan wilayah yang berada di Provinsi Jawa Barat dan terkenal dengan julukan Kota Hujan karena memiliki curah hujan yang terbilang tinggi dibandingkan daerah lain di Jawa Barat. Cuaca tersebut secara tidak langsung membuat Bogor memiliki pemandangan alam masih sangat asri. Tidak heran jika kota ini menawarkan banyak wisata alam berupa pegunungan, air terjun, hingga taman nasionalnya. Bogor yang merupakan peninggalan Kerajaan Pajajaran ini juga memiliki keragaman yang tercermin dari berbagai tradisi, kuliner, dan bangunan bersejarahnya yang bisa kamu nikmati hingga kini. Nah, jika kamu tertarik untuk menjelajah destinasi wisata bogor yang beragam, kamu bisa simak daftar wisata alam dan budaya terbaik di Bogor berikut ini.

Keindahan Alam Bogor

Sumber: asset.kompas.com

Bogor memang terkenal akan keindahan alamnya serta udaranya yang masih asri dan sejuk. Banyak wisatawan yang memilih menghabiskan waktu rehatnya untuk short escape atau long holiday ke Bogor. Destinasi wisata Bogor yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati keindahan alamnya adalah sebagai berikut.

Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Kawasan konservasi seluas 113.357 hektare ini merupakan hutan hujan dataran rendah yang menjadi wilayah tangkapan air untuk wilayah sekitarnya. Terdapat lebih dari 700 jenis tumbuhan dan beberapa jenis fauna yang dilindungi seperti elang jawa, macan tutul, dan lain-lain. Ada dua puncak gunung tertinggi di kawasan ini yakni Gunung Halimun (1.929 mdpl) dan Gunung Salak (2.211 mdpl). Kamu bisa mendaki dengan beberapa jalur trekking yang tersedia.

Curug Bidadari

Destinasi wisata Bogor yang satu ini sangat strategis dan mudah dijangkau. Aliran air di curug ini berasal dari Air Terjun Bidadari dengan ketinggian 50 meter dan airnya mengalir deras dari sumber mata air hutan lindung di daerah tersebut. Di sini kamu bisa berenang atau sekedar menikmati keindahan alam sekitar.

Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor bisa dibilang sebagai daya tarik utama dari Bogor itu sendiri. Kebun yang didirikan pada tahun 1817 dengan luas mencapai 87 hektar merupakan tertua di Indonesia. Kebun ini memiliki lebih dari 15.000 koleksi spesies tanaman, termasuk spesies langka dan endemik.

Gunung Pancar

Selain Gunung Salak dan Gunung Halimun, ada juga Gunung Pancar yang bisa kamu jadikan alternatif wisata alam untuk kamu yang suka mendaki. Dengan tinggi sekitar 800 mdpl, kamu bisa trekking, berkemah, outbound, menikmati keanekaragaman flora fauna, hingga berendam di sumber air panas alami.

Taman Safari Indonesia

Taman dengan luas 200 hektare ini memiliki 7.000 ekor satwa dari 300 spesies dari berbagai belahan dunia. Selain itu, ada berbagai aktivitas menarik seperti memberi makan satwa secara langsung serta wahana permainan yang membuat kamu tidak akan bosan menghabiskan waktu seharian di taman ini.

Keindahan Budaya Bogor

Sumber: asset-2.tstatic.net

Setiap daerah memiliki kebudayaan yang unik, begitu juga dengan Bogor. Jika kamu ingin lebih tahu tentang keindahan budaya Bogor, kamu bisa berkunjung ke beberapa destinasi wisata Bogor berikut ini.

Masjid Raya Bogor

Masjid Raya Bogor merupakan masjid terbesar di Bogor ini dilengkapi dengan gedung Pusat Pengembangan dan Pengkajian Islam Bogor dan juga sarana perpustakaan umum. Hal yang menarik dari masjid ini yaitu arsitekturnya yang indah dan dikembangkan oleh seorang non-muslim Bernama FX.

Istana Bogor

Istana Bogor merupakan salah satu dari 6 Istana Presiden RI yang mempunyai keunikan karena aspek historis, budaya, dan faunanya. Arsitekturnya dibangun layaknya bangunan Eropa dan terus mengambali berbagai perubahan hingga seperti sekarang ini. Kamu bisa berkunjung ke museum, memberi makan rusa yang didatangkan langsung dari Nepal, atau sekedar berkeliling menikmati pemandangan sekitar.

Museum Zoologi

Museum Zoologi memiliki ratusan koleksi satwa dunia yang diawetkan. Ada sekitar 122 display dengan 7 jenis ruang pameran yaitu Ruang Burung, Ruang Mamalia, Ruang Reptil dan Amfibi, Ruang Serangga, Ruang Moluska, dan Ruang ikan.

Kampung Budaya Sindang Barang

Kampung ini merupakan perkampungan Sunda yang masih kental dengan tradisi dan adat istiadat para leluhurnya. Di sini kamu bisa melihat secara langsung rumah adat, budaya, dan tradisi warga setempat secara langsung. Selain itu, tersedia juga berbagai kegiatan menarik lainnya di kampung wisata ini.

Pasar Bogor

Jika kamu sudah puas menikmati beragam wisata di Bogor, jangan lupa untuk mampir ke Pasar Bogor. Di pasar tradisional kamu bisa membeli berbagi produk lokal seperti kerajinan tangan dan sekaligus mencicipi kuliner khas Bogor.

Tips Wisata di Bogor

Agar liburan kamu di berbagai destinasi wisata Bogor lancar dan berkesan, jangan lupa untuk menyiapkan itinerari dengan baik. Apa saja perlu dipersiapkan saat liburan? Simak beberapa tips wisata berikut ini.

1. Cara Menuju Bogor

Untuk mencapai Bogor ada banyak moda transportasi yang bisa kamu gunakan tergantung alokasi dana dan preferensi pribadi. Jika ingin murah dan cepat kamu bisa menggunakan KRL dari Jakarta. Kamu juga bisa menggunakan bis dengan jurusan Bogor. Namun, untuk tingkat kenyamanan dan kemudahan tentu lebih baik menggunakan mobil pribadi.

Sedangkan untuk kamu yang berasal dari luar Jabodetabek, penerbangan ke Bogor yang paling disukai adalah turun di Bandara Soekarno Hatta atau Bandara Halim Perdanakusuma. Kemudian dilanjutkan dengan beberapa pilihan transportasi tadi.

2. Tempat Menginap

Ada banyak penginapan yang bisa kamu pilih mulai dari hotel mewah hingga hostel terjangkau. Carilah tempat menginap yang strategis dan dekat dengan destinasi wisata yang akan kamu tuju. Akomodasi dan transportasi adalah dua hal penting yang akan sangat terbantu pengelolaannya saat kamu membuat itinerari.

3. Kuliner Khas Bogor

Liburan tidak lengkap tanpa mencoba kuliner khas setempat. Di Bogor, kamu bisa mencoba kuliner yang terkenal seperti Soto Mie Bogor, Roti Unyil, Mie Kocok, atau Dodol Bogor. Kamu juga bisa mempersiapkan daftar kuliner khas Bogor yang wajib dicoba. Selain memudahkan memilih tempat makan, riset pada makanan khas juga membantu kamu mendapat asupan gizi yang berimbang.

4. Barang Bawaan

Saat berwisata jangan lupa untuk melengkapi barang bawaan yang sesuai dengan rencana aktivitas dan cuaca destinasi wisata. Jangan lupa untuk selalu mengecek perkiraan cuaca di Bogor agar kamu tidak salah kostum. Beberapa barang bawaan lain yang patut diperhatikan adalah botol air minum pribadi, tabir surya, payung, obat-obatan pribadi, hingga suplemen.

Bicara soal suplemen, Enervon-C Tablet adalah salah satu produk yang banyak direkomendasikan. Selain mudah dibawa, satu tablet suplemen ini mengandung multivitamin dan mineral lengkap. Di antaranya adalah vitamin C, B kompleks, niacinamide, dan kalsium pantotenat. Dengan mendukung pemenuhan nutrisi harian, tubuh akan lebih optimal dalam mengelola energi termasuk dalam menjaga sistem imun tetap prima. Apalagi saat aktivitas liburan di Bogor cukup padat. Dapatkan produknya melalui toko resmi Enervon di Tokopedia dan Shopee.

Featured Image - asset.kompas.com