Vitamin B kompleks adalah kelompok vitamin yang terdiri dari beberapa jenis vitamin B yang berbeda, yaitu B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B5 (asam pantotenat), B6 (piridoksin), B7 (biotin), B9 (asam folat), dan B12 (kobalamin). Jenis vitamin ini penting untuk berbagai fungsi tubuh, seperti metabolisme energi, fungsi sistem saraf, produksi sel darah merah, serta metabolisme protein, lemak, dan karbohidrat. Yuk simak artikel berikut untuk mengetahui apa saja manfaat vitamin B-Kompleks bagi kesehatan!

Manfaat Vitamin B Kompleks 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa vitamin B Kompleks memegang peran penting dalam memelihara kesehatan tubuh. Berikut adalah sederet manfaat vitamin B Kompleks bagi kesehatan yang sebaiknya kamu tahu.

1. Metabolisme Energi

Vitamin B Kompleks penting untuk mengubah makanan yang masuk ke tubuh menjadi energi yang digunakan untuk beraktivitas.

2. Fungsi Saraf

Beberapa jenis vitamin B, seperti B1, B6, dan B12, mendukung fungsi sistem saraf yang sehat dan membantu menjaga kesehatan saraf.

3. Pembentukan Sel Darah

Vitamin B12 dan asam folat (B9) memiliki fungsi penting, terutama untuk produksi sel darah merah di tubuh.

4. Pembentukan DNA

Asam folat (B9) diperlukan untuk sintesis dan pemeliharaan DNA, yang penting dalam pertumbuhan sel dan pembaruan jaringan tubuh.

5. Pemecahan Lemak dan Karbohidrat

Vitamin B kompleks membantu dalam metabolisme lemak, karbohidrat, dan protein, yang mendukung fungsi tubuh yang optimal.

6. Kesehatan Kulit, Rambut, dan Kuku

Manfaat vitamin B Kompleks berikutnya adalah berperan dalam memelihara kesehatan kulit, rambut, dan kuku. Hal tersebut karena peran biotin (B7) yang memang dikenal mampu menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku.

7. Sistem Kekebalan Tubuh

Beberapa vitamin B, seperti B6 misalnya, berkontribusi pada fungsi sistem kekebalan tubuh yang baik.

8. Pemeliharaan Kesehatan Mental

Vitamin B kompleks, terutama B6, B9, dan B12 juga mendukung kesehatan mental dan kognitif yang baik.

 

 

Cara Memenuhi Kebutuhan Vitamin B-Kompleks

Sumber: freepik

 

Mengingat begitu pentingnya manfaat vitamin B Kompleks bagi kesehatan, kamu sebaiknya berusaha memenuhi kebutuhan vitamin ini setiap hari. Pasalnya, kekurangan vitamin B kompleks dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti anemia, masalah neurologis, gangguan pencernaan, serta gejala kelelahan.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan asupan yang cukup dari vitamin B kompleks melalui makanan sehari-hari atau suplemen jika diperlukan. Di bawah ini telah terangkum berbagai tips untuk memenuhi kebutuhan vitamin B Kompleks di tubuh.

1. Konsumsi Makanan Sehat yang Kaya Kandungan Vitamin B Kompleks

Sebagian besar vitamin B kompleks dapat ditemukan dalam berbagai jenis makanan. Contohnya adalah daging, biji-bijian utuh, kacang-kacangan, susu, produk olahan susu, ikan, telur, sayuran hijau, pisang, dan jeruk.

Memasukkan berbagai sumber makanan tadi dalam diet sehari-hari dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin B kompleks di tubuh.

2. Pantau Kebutuhan Khusus

Beberapa kondisi kesehatan atau keadaan tertentu seperti kehamilan atau kondisi medis dapat memerlukan asupan vitamin B yang lebih tinggi. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan rekomendasi yang sesuai.

3. Pengolahan Makanan yang Tepat

Memasak dengan metode yang tepat dapat membantu mempertahankan kandungan vitamin B dalam makanan. Misalnya, memasak sayuran dengan cara yang minim dapat membantu mempertahankan kadar asam folat yang lebih tinggi.

 

 

 

4. Perhatikan Kebutuhan Individu

Kebutuhan vitamin B kompleks dapat bervariasi tergantung pada usia, jenis kelamin, kondisi kesehatan, dan gaya hidup. Pastikan untuk mempertimbangkan faktor-faktor ini dalam memilih sumber dan jumlah vitamin B yang tepat untuk tubuh.

5. Pertimbangkan Suplemen Vitamin B Kompleks

Jika sulit untuk memperoleh jumlah yang cukup dari makanan, pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen vitamin B kompleks. Suplemen ini dapat membantu memastikan asupan harian yang cukup, terutama bagi kamu yang memiliki kebutuhan khusus atau asupan harian yang terbatas.

 

 

Nah, salah satu suplemen terbaik yang dapat mengoptimalkan manfaat vitamin B Kompleks di dalam tubuh adalah Enervon-C Tablet. Perlu kamu tahu bahwa di dalam Enervon-C Tablet terdapat 2 kandungan vitamin yang sangat penting bagi kesehatan tubuh yaitu vitamin C dan B-Kompleks.

Vitamin C efektif untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga kamu tidak mudah sakit, sedangkan vitamin B-Kompleks bantu pembentukan energi yang menjadikan tubuhmu selalu fit dan bertenaga.

Menariknya, konsumsi rutin Enervon-C Tablet 1x sehari sangat aman bagi lambung dan tidak akan menyebabkan ketergantungan. Jadi tunggu apalagi, penuhi kebutuhan vitamin B Kompleks harianmu dengan membeli produk Enervon-C Tablet sekarang juga di official store Enervon pada halaman Tokopedia dan Shopee berikut yuk!

 

Referensi:

1. Jillian Kubala, MS, RD. Benefits, Side Effects, and Dosage of B-Complex Vitamins. https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-b-complex

2. UNILAB. How Vitamin B Complex Makes Your Nervous System Healthy. https://www.unilab.com.ph/neurogen-e/articles-about-neuropathy-and-vitamin-b-and-e/articles/health-benefits-of-vitamin-b-complex-to-your-body

Featured image - freepik/xb100