Mencari pekerjaan di zaman sekarang mungkin masih terasa sulit untuk beberapa orang. Daya saing yang tinggi dalam dunia kerja tentunya memiliki pengaruh besar dalam sulitnya mencari pekerjaan. Hanya mereka yang memiliki keunggulan pada bidang tertentu yang cepat terserap dalam dunia kerja. Meskipun begitu, kamu tidak perlu khawatir karena ada banyak cara untuk mendapatkan pekerjaan, mulai dari informasi lowongan kerja dari kerabat hingga dari media massa. Selain itu, ada juga job fair yang menjadi media bagi para pencari kerja, terutama para fresh graduate untuk mendapatkan pekerjaan. Apa itu job fair dan bagaimana cara untuk menghadirinya? Simak penjelasan lengkapnya serta tips sukses mencari kerja.

Apa itu Job Fair?

Job fair adalah acara yang menjadi wadah berkumpulnya berbagai perusahaan dalam satu tempat untuk mencari kandidat karyawan secara langsung. Biasanya lowongan kerja yang ada di acara ini cukup beragam mulai dari perusahaan swasta hingga BUMN. Perusahaan yang mengikuti acara ini akan mengisi sejumlah stan dan para pencari kerja akan mengunjungi stan-stan tersebut untuk mendapatkan informasi lowongan, cara memasukkan lamaran, hingga mengikuti proses wawancara.

Acara ini biasanya diadakan di berbagai tempat dengan skala acara yang berbeda-beda. Waktu pelaksanaannya pun cenderung singkat yaitu dalam beberapa hari saja. Para pencari kerja juga tidak perlu khawatir akan biaya karena job fair merupakan acara yang tidak dipungut biaya alias gratis. Job fair memberikan peluang bagi para pencari kerja untuk mengikuti proses rekrutmen hingga tahap akhir. Acara ini juga menjadi ajang bagi banyak perusahaan untuk promosi kultur pekerjaan ke para pencari kerja. Tidak heran jika job fair menjadi kegiatan yang banyak ditunggu baik untuk perusahaan maupun para pencari kerja.

Manfaat Menghadiri Job Fair

Sebagai suatu acara yang menghubungkan tim perekrut dan pelamar kerja, tentunya job fair memberikan manfaat yang banyak bagi para pencari pekerja itu sendiri. Banyaknya perusahaan dalam satu tempat membuka kesempatan lebih besar bagi pelamar kerja untuk mendapatkan pekerjaan. Tidak hanya itu, ada beberapa manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dengan menghadiri job fair.

1. Konsultasi Karier Gratis

Manfaat pertama dari menghadiri job fair yaitu kamu bisa mendapatkan konsultasi karier secara gratis. Di acara ini, biasanya perusahaan-perusahaan akan membuka sesi konsultasi karier gratis sehingga membantu kamu lebih yakin dalam menentukan pilihan karier.

2. Melamar Kerja secara Langsung

Menghadiri job fair itu artinya kamu bisa melamar kerja secara langsung ke perusahaan pada waktu yang sama. Selain itu, kamu juga bisa secara langsung mendapatkan respons dan tindak lanjut dari perusahaan yang kamu lamar. Hal ini tentunya akan jauh lebih efisien dari pada harus melamar kerja lewat email atau kantor pos.

3. Mengenal Banyak Perusahaan

Manfaat selanjutnya dari menghadiri job fair yakni para pencari kerja bisa bertemu dengan banyak perusahaan dalam satu tempat. Pencari kerja juga bisa mendapatkan referensi perusahaan-perusahaan yang belum dikenal sebelumnya. Hal ini tentunya bisa menjadi pintu informasi dan peluang yang lebih besar untuk bisa mendapatkan pekerjaan.

4. Membandingkan Perusahaan yang Cocok

Banyaknya perusahaan yang hadir dalam job fair membuat pencari kerja dapat mengeksplorasi lebih jauh tentang perusahaan-perusahaan tersebut. Kamu bisa membandingkan dan mencari perusahaan yang paling cocok dengan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki.

Image by freepik

Tips Sukses Mencari Kerja

Sebelum memutuskan untuk datang ke job fair, tentunya ada beberapa persiapan yang harus dilakukan terlebih dahulu. Persiapan ini dilakukan agar mempermudah kamu mendapatkan pekerjaan di perusahaan yang dituju. Kamu bisa simak beberapa tips sukses mencari kerja di job fair berikut ini.

1. Riset Perusahaan Apa Saja yang Hadir

Melakukan riset sebelum datang ke job fair berguna untuk memudahkan kamu dalam memilih sekaligus melamar pekerjaan. Saat job fair berlangsung, akan ada banyak sekali perusahaan yang hadir. Oleh karena itu manfaatkan hari pertama acara untuk melihat perusahaan apa saja yang mengisi stan. Kemudian pilih beberapa perusahaan pilihan untuk dilakukan riset. Cari tahu lebih detail tentang perusahaan-perusahaan yang akan menjadi target kamu. Cari tahu juga posisi apa yang sedang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut serta informasi proses rekrutmen perusahaan agar kamu lebih siap.

2. Siapkan CV dan Dokumen Lainnya

Setelah kamu tahu perusahaan mana yang akan kamu tuju, selanjutnya siapkan CV serta dokumen lain seperti KTP, ijazah, surat lamaran, dan portofolio jika diperlukan. Pastikan kamu melakukan pembaruan CV dan dibuat sesuai dengan perusahaan yang akan kamu lamar. Usahakan membawa lebih dari satu salinan berkas untuk melamar beberapa posisi incaran lain di perusahaan yang berbeda.

3. Berpakaian yang Sopan dan Rapi

Datanglah ke acara job fair layaknya kamu akan menghadiri wawancara kerja. Pastikan untuk selalu menggunakan pakaian yang sopan dan rapi ketika datang mengunjungi stan perusahaan. Untuk pria, kamu bisa menggunakan kemeja berkancing dan celana panjang. Sedangkan untuk perempuan, kamu bisa menggunakan kemeja yang dipadu dengan blazer serta celana panjang atau rok formal.

4. Bangun Hubungan (Networking)

Saat datang ke job fair, tunjukkan antusias dan semangat terhadap pekerjaan dan perusahaan yang akan dilamar. Manfaatkan waktu berkunjung ke beberapa stan untuk bertanya seputar perusahaan ke rekruter. Tidak ada salahnya menjadikan job fair sebagai tempat untuk memperluas koneksi dengan orang-orang atau HRD melalui kartu nama atau berteman melalui media sosial profesional LinkedIn.

5. Lamar dan Persiapkan Diri

Setelah kamu yakin dengan perusahaan yang akan kamu lamar, masukkan lamaran ke HRD atau petugas yang menunggui stan. Pastikan kamu mampu menjelaskan bagaimana pengalaman dan keterampilan yang dimiliki pada perusahaan yang kamu lamar. Untuk itu, selain menyiapkan dokumen, kamu juga harus menyiapkan mental karena ada beberapa perusahaan yang menerapkan proses rekrutmen dan wawancara serba cepat.

Maksimalkan Performa Fisik Bersama Enervon Active

Menghadiri job fair dan menyiapkan fisik, mental, serta berkas lamaran memang bukan kegiatan yang ringan. Kamu perlu selalu menunjukkan sikap aktif dan bersemangat selama mengunjungi acara ini. Bila perlu membutuhkan tambahan stamina untuk seharian, Enervon Active hadir sebagai suplemen dengan kandungan lengkap. Cukup dengan konsumsi 1 tablet per hari, kamu telah mendukung pemenuhan nutrisi vitamin C, B kompleks, mineral zinc, niacinamide, dan kalsium pantotenat. Bahan non-acidic yang digunakan juga membuatnya ramah bagi lambung sensitif meski dikonsumsi setiap hari. Kamu bisa mengunjungi toko resmi Enervon di Tokopedia dan Shopee untuk akses yang lebih mudah.

Featured Image - Image by rawpixel.com on Freepik