Salah satu keluhan kesehatan yang umum dirasakan adalah menggigil. Sayangnya, menggigil bisa dirasakan karena banyak penyebab mulai dari infeksi, efek dari latihan yang intensif, hingga kondisi kesehatan tertentu. Bahkan banyak juga yang menggigil di malam hari karena suhu kamar yang terlalu dingin atau selimut yang tersingkap. Jika kamu pernah mengalami badan tiba-tiba menggigil kedinginan di malam hari, maka kamu perlu menyimak pembahasan ini hingga akhir. Ikuti juga tips cara mengatasinya di rumah.

Sering disamakan dengan meriang, menggigil bisa saja terjadi meski seseorang tidak mengalami demam. Menggigil sendiri merupakan pergantian cepat antara kontraksi otot dan relaksasi. Pergantian kontraksi dan relaksasi inilah yang sering menimbulkan sensasi merinding dan menjadi cara tubuh untuk menghangatkan diri. Selain merinding, gejala lain yang masuk dalam kategori menggigil adalah gemetar, tubuh bergetar, gigi bergemeletuk, dan merinding. Jika disertai dengan demam, menggigil bisa terjadi akibat infeksi pada bagian tubuh yang lain. Gejala lain yang menyertai menggigil karena demam adalah nyeri otot, sakit tenggorokan, pusing, mual, hingga kelelahan. Namun jika gejala demam tidak terlihat, mari simak daftar penyebab badan tiba-tiba menggigil kedinginan di malam hari, gejala yang menyertai, dan cara mengatasinya.

Penyebab Badan Tiba-Tiba Menggigil Kedinginan di Malam Hari Selain Demam

1. Paparan Dingin

Paparan terhadap suhu dingin bisa berasal dari luar ruangan seperti angin pantai, jalan-jalan di malam hari, cuaca mendung dan hujan, pergi ke pegunungan, dan lain-lain. Sedangkan paparan dingin dari dalam ruangan bisa karena suhu AC terlalu rendah, jendela kamar yang terbuka, dan lain-lain. Bahkan baju yang basah karena keringat pun bisa memicu tubuh mengalami kedinginan di malam hari. Gejala lain yang menyertai umumnya terdiri dari jari tangan kebas, perubahan warna kulit, bicara tidak jelas, hingga sensasi terbakar pada kulit jari, kaku, telinga, dan hidung. Jika ada tanda hipotermia dan frostbite, segera hangatkan diri dan mencari pertolongan medis.

2. Efek Samping Konsumsi Obat

Menggigil bisa menjadi efek samping mengonsumsi obat yang tidak sesuai dengan dosisnya. Untuk jenis obatnya sendiri bisa saja obat yang diresepkan, obat yang bebas dibeli di apotek, dan suplemen. Selama kamu memperhatikan aturan pakai pada kemasan, maka kasus yang jarang terjadi ini bisa dihindari.

3. Respons Tubuh Setelah Aktivitas Fisik

Kondisi ini juga bisa diakibatkan oleh respons tubuh setelah olahraga atau aktivitas fisik yang ekstrem. Hal ini terjadi karena tubuh mengalami perubahan suhu yang terlalu cepat, baik di suhu yang terlalu panas maupun dingin. Gejala lain yang mungkin dirasakan adalah kram otot, pusing, mual dan muntah, hingga merinding. Hindari kondisi ini dengan mengenakan pakaian yang sesuai dengan suhu sekitar dan batasi durasi aktivitas fisik tersebut. Menjaga hidrasi tubuh juga bisa mengembalikan suhu tubuh dan menghilangkan gejalanya.

4. Gangguan Tiroid

Tiroid adalah jenis kelenjar yang berfungsi sebagai tempat produksi hormon yang dibutuhkan dalam proses metabolisme. Salah satu gangguan tiroid yang membuat tubuh menggigil adalah hipotiroidisme atau produksi hormon yang terlalu sedikit. Ketika proses metabolisme terganggu, tubuh menjadi lebih sensitif terhadap suhu dingin. Gejala lain yang diasosiasikan dengan kondisi ini adalah penambahan berat badan yang sulit dijelaskan, kekeringan kulit, kuku, dan rambut, otot mengalami nyeri, lemah, dan kaku, konstipasi, hingga bermasalah dengan kemampuan mengingat. Kondisi ini hanya bisa didiagnosis dengan tes darah dan dapat disembuhkan dengan konsumsi obat khusus setiap hari.

Image by DC Studio on Freepik

5. Gula Darah Rendah

Masalah kesehatan lain yang bisa menyebabkan badan tiba-tiba menggigil adalah rendahnya gula darah atau hipoglikemia. Meski sering dialami oleh penderita diabetes, kondisi ini bisa juga dialami oleh orang tanpa diabetes. Gejala lain yang menyertai adalah otot bergetar, berkeringat, irama jantung tidak teratur, sensasi geli di area mulut, kejang, hingga pandangan kabur. Bagi penderita diabetes, masalah ini mungkin tanda perlunya penyesuaian pada pola makan atau obat diabetes.

6. Reaksi Emosional

Badan yang menggigil tanpa pengaruh suhu dingin dari luar bisa disebabkan oleh adanya perubahan kondisi emosional, seperti takut, cemas, atau terharu pada hal-hal inspiratif. Bahkan ada juga yang merasakannya karena menyaksikan video ASMR. Ketika pemicunya dihentikan, badan menggigil atau merinding akan hilang dengan sendirinya.

7. Malnutrisi dan Anemia

Malnutrisi (kekurangan asupan nutrisi) bisa memicu seseorang terkena anemia (kekurangan sel darah merah). Selain efek dari pola makan sembarangan, kondisi ini juga bisa diakibatkan oleh masalah lain seperti penyakit celiac (gangguan penyerapan nutrisi), anoreksia (gangguan makan), dan terlalu banyak mengeluarkan darah misal saat menstruasi. Gejala lain yang menyertai badan menggigil adalah sering mengantuk, mudah lelah, sulit berkonsentrasi, kulit pucat, ruam, detak jantung tidak teratur, kebas pada sendi, hingga pingsan. Kondisi ini bisa menyebabkan komplikasi jika tidak segera ditangani.

Pertolongan Pertama Cara Mengatasinya di Rumah

Badan tiba-tiba menggigil kedinginan di malam hari merupakan gejala dari masalah lain yang melatarbelakanginya, sehingga cara mengatasinya tentu berdasarkan penyebab utamanya. Namun beberapa cara di bawah ini bisa dilakukan sebagai bentuk pertolongan pertama.

  • Segera lakukan hal-hal yang bisa mengembalikan suhu tubuh, seperti berpindah ke tempat atau ruangan yang lebih hangat, menambah selimut atau baju, mengganti baju yang basah, mengonsumsi makanan atau minuman hangat, dan lain-lain.
  • Jika kamu merasakan nyeri pada beberapa bagian tubuh, minumlah obat anti-nyeri seperti paracetamol untuk menghilangkannya.
  • Jika kamu merasakan gejala gula darah rendah, segeralah mengonsumsi makanan atau minuman manis seperti jus buah, permen, teh manis hangat, dan lain-lain.
  • Jika kamu curiga mengalami beberapa gangguan kesehatan serius seperti diabetes, hipotiroidisme, dan hipotermia, maka segeralah memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat.
  • Jika gejalanya mendekati pada kondisi malnutrisi dan anemia, maka ubahlah pola makanmu sehari-hari. Pilih menu makan bergizi lengkap untuk memberikan tubuh cukup nutrisi. Khusus pada anemia, konsumsilah makanan tinggi zat besi dan vitamin C untuk mendukung produksi sel darah merah.

Solusi Memenuhi Asupan Vitamin C: Suplemen Enervon-C Effervescent

Selain dari pola makan sehat bergizi seimbang, cara lain untuk memenuhi kebutuhan vitamin C adalah dengan mengonsumsi suplemen. Tambahan makan ini umumnya mengandung multivitamin dan mineral yang juga bermanfaat besar bagi tubuh. Untuk urusan suplemen, Enervon-C Effervescent hadir sebagai produk yang terpercaya. Selain tablet yang mudah larut dalam air, satu tablet Enervon-C Effervescent akan memberikan kamu asupan vitamin C (1000 mg), vitamin B1 (50 mg), B2 (25 mg), B6 (10 mg), B12 (0,005 mg), niacinamide (50 mg), dan kalsium pantotenat (20 mg). Kamu bisa mengunjungi toko resmi Enervon di Tokopedia dan Shopee untuk akses yang lebih mudah.

Referensi:

Corey Whelan. 2024. 7 Causes for Chills Without Fever and Tips for Treatment. Diakses dari https://www.healthline.com/health/chills-without-fever

Stephanie Booth dan Tammy Worth. 2023. Why Do I Have Chills?. Diakses dari https://www.webmd.com/a-to-z-guides/why-do-i-have-chills 

Featured Image - Image by freepik