Saat ini menjaga kesehatan kulit sudah didukung oleh banyak produk perawatan kulit. Mulai dari tabir surya yang terjangkau harganya, sabun cuci muka yang dilengkapi dengan kandungan alami, hingga pelembap yang ringan namun mampu menghidrasi kulit seharian. Salah satu kandungan aktif yang populer disertakan dalam berbagai produk perawatan kulit adalah niacinamide. Nama lain dari vitamin B3 ini memiliki manfaat besar bagi kulit lho. Simak daftar manfaat niacinamide secara detail dan tips cara mendapatkannya secara harian.

Manfaat Niacinamide untuk Kesehatan Kulit

1. Menjaga Kelembapan Kulit

Niacinamide adalah kandungan yang mampu mencegah penguapan hidrasi kulit dengan mendukung pembentukan ceramide sehingga kulit tidak mudah kehilangan kelembapan. Terutama jika dioleskan langsung pada permukaan kulit seperti melalui penggunaan losion. Manfaat ini tidak hanya menguntungkan bagi pemilik kulit jenis kering dan sensitif, tapi juga bagi pemilik kondisi kulit eksim. Kelembapan kulit yang terjaga juga akan mendatangkan dampak positif seperti mengecilnya ukuran pori-pori.

2. Meredakan Iritasi dan Peradangan

Manfaat niacinamide berikutnya adalah mampu mengurangi peradangan dan ruam kemerahan pada kulit eksim, berjerawat, dan penyebab inflamasi lain. Selain itu, kandungan ini juga cocok menenangkan kulit yang iritasi, baik karena faktor luar seperti paparan radikal bebas, maupun karena penyebab dari dalam seperti kondisi kulit sensitif.

3. Meminimalisasi Produksi Minyak Sebum

Produksi minyak alami pada kulit bernama minyak sebum bisa meningkat jika kamu mendapat paparan suhu panas dengan intensitas tinggi. Sebum wajah yang tidak terkontrol menyebabkan kulit menjadi tempat yang cocok untuk kotoran dan bakteri tumbuh. Itulah kenapa orang yang memiliki masalah jerawat juga bisa disebabkan oleh sebum yang tidak terkontrol. Sedangkan niacinamide efektif menekan produksi sebum  dan menurunkan jerawat berdasarkan 6 penelitian, terutama saat digunakan dalam tahapan preparation.

4. Menghambat Tanda Penuaan

Meski bermanfaat secara mandiri, niacinamide juga memberikan manfaat lain saat dikombinasikan dengan kandungan lain. Salah satunya dengan vitamin C untuk mendukung produksi kolagen. Protein alami kolagen yang tercukupi setiap hari mampu menghambat tanda penuaan dini seperti kerutan dan garis halus pada wajah.

5. Menyamarkan Flek Hitam

Beberapa penelitian yang dilaporkan oleh Kristeen (2023)¹ menunjukkan bahwa niacinamide mampu membantu menyamarkan dan mencerahkan flek hitam. Manfaat ini akan terlihat ketika niacinamide digunakan secara rutin setelah 4-8 minggu. Hal ini juga termasuk salah satu efek produksi kolagen yang stabil.

6. Menjaga Kepadatan Kesehatan Kulit

Selain mendukung produksi kolagen, niacinamide juga mendorong produksi keratin, salah satu jenis protein yang menjaga kulit terasa padat dan sehat. Termasuk mendukung perbaikan tekstur kulit dalam penggunaan jangka panjang. Kulit yang sehat secara umum juga akan memiliki sistem perlindungan yang baik dari sinar UV. Itulah kenapa niacinamide banyak ditemukan pada produk tabir surya.

7. Menurunkan Risiko Kanker Kulit

Kulit adalah organ tubuh paling luas dan paling sering terkena paparan radikal bebas, seperti polusi udara, asap rokok, sinar ultraviolet, dan patogen jenis lainnya. Apalagi jika kamu orang yang sering terpapar sel pembawa penyakit tersebut seperti pekerja lapangan dan orang dengan mobilisasi tinggi. Niacinamide dapat mendukung kulit memiliki sistem perlindungan kuat dari stres oksidatif, yaitu kondisi oksidan lebih banyak dari antioksidan dalam tubuh. Stres oksidatif yang tidak dikontrol atau dibiarkan berlarut-larut bisa memicu kemunculan sel kanker termasuk kanker kulit.

Image by freepik

Tips Cara Mendapatkannya

1. Makanan Sehari-hari

Niacinamide bisa didapatkan dari makanan kita sehari-hari. Tentu saja kamu harus memiliki pola makan sehat bergizi seimbang. Beberapa bahan makanan yang mengandung niacinamide alami adalah daging, dada ayam, salmon, tuna, kacang-kacangan, dan biji-bijian seperti nasi merah. Akan jauh lebih optimal jika beberapa makanan tersebut dikonsumsi dalam keadaan segar atau melalui pengolahan yang sederhana.

2. Penggunaan Produk Perawatan Kulit

Selain dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari, manfaat niacinamide juga efektif dirasakan saat diaplikasikan dari luar. Dua dermatologis, Dr. Chen dan Dr. Nazarian², sepakat bahwa penggunaan niacinamide dalam produk perawatan kulit dan wajah memberikan manfaat yang sama efektifnya dengan mengonsumsi makanan tinggi vitamin B3. Kandungan ini dapat menjadi komponen banyak jenis produk, seperti pembersih wajah, sabun, tabir surya, pelembap, krim malam, serum, hingga toner. Pastikan kamu memilih produk dengan kandungan niacinamide tidak lebih dari 5% untuk menghindari iritasi akibat kelebihan niacinamide.

3. Mengonsumsi Suplemen

Cara lain dan tak kalah mudah untuk mendapatkan asupan niacinamide secara optimal adalah melalui konsumsi suplemen. Terutama untuk kamu yang terbiasa minum suplemen untuk menambah energi dan/atau menjaga imun tubuh. Salah satu produk suplemen yang mengandung multivitamin dan mineral lengkap sekaligus niacinamide di dalamnya adalah Enervon-C Tablet. Dalam satu tabletnya, kamu akan mendapat asupan 20 mg niacinamide. Selain vitamin C, kamu juga akan mendapat asupan vitamin B kompleks dan mineral kalsium pantotenat.

Hanya dengan mengonsumsi satu tablet Enervon-C Tablet per hari, kamu sudah mendukung tubuh menjaga stamina sekaligus menyuplai manfaat niacinamide. Apalagi dengan fakta bahwa vitamin C juga bermanfaat besar bagi kulit. Dapatkan produk Enervon yang satu ini dan varian lainnya dari toko resminya di Tokopedia dan Shopee.

Referensi:

  1. Kristeen Cherney. 2023. Everything You Should Know About Niacinamide. Diakses dari https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/niacinamide
  2. Jessica Migala. 2024. Niacinamide 101: Potential Benefits, Known Risks, and More. Diakses dari https://www.everydayhealth.com/skin-beauty/niacinamide/#benefits 

Featured Image - Photo by Susan  Flores: https://www.pexels.com/photo/a-bottle-on-a-sliced-pineapples-on-a-light-blue-background-14479626/