Dari banyaknya jenis jeruk, jeruk nipis adalah salah satu bahan makanan yang populer dijadikan minuman. Namun siapa sangka jika dibalik rasanya yang lebih asam dibanding jeruk jenis lain, jeruk nipis memiliki kandungan yang bermanfaat besar. Manfaat jeruk nipis bagi kesehatan tubuh juga menyeluruh, mulai dari kulit, sistem kardiovaskular, hingga sistem imun. Simak daftar kandungan dan manfaat jeruk nipis untuk kesehatan serta beragam cara untuk mengolahnya.

Kandungan Jeruk Nipis

Di bawah ini adalah daftar kandungan nutrisi dari satu buah jeruk nipis ukuran sedang yang tidak melalui pengolahan apa pun.

  • Kalori (20)
  • Karbohidrat (7 g)
  • Protein (0,5 g)
  • Lemak (0,1 g)
  • Sodium (1,3 mg)
  • Vitamin C (19,5 mg)
  • Multivitamin dan mineral lain, seperti vitamin B6, vitamin B1, vitamin A, zat besi, kalsium, dan potasium.

Salah satu fakta unik dari informasi kandungan jeruk nipis di atas adalah kandungan vitamin C. Meskipun 19,5 mg saja, jumlah tersebut telah menyumbang 22% dari kebutuhan vitamin C harian yang disarankan oleh institusi kesehatan yaitu 75-90 mg.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan Tubuh

1. Sumber Antioksidan Alami

Dengan kandungan vitamin C yang tinggi, jeruk nipis menjadi sumber antioksidan alami yang populer sebagai senyawa penuh manfaat. Salah satunya adalah mencegah tubuh mengalami stres oksidatif, yaitu kondisi ketidakseimbangan antara antioksidan dan zat radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas sendiri berasal dari banyak hal, seperti polusi udara, sinar UV, makanan cepat saji, minuman tinggi pemanis, rokok, dan masih banyak lagi lainnya. Melengkapi kebutuhan vitamin C, termasuk dari jeruk nipis, mampu menghambat munculnya tanda penuaan dini serta meminimalisasi munculnya sel kanker akibat radikal bebas. Antioksidan mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat racun radikal bebas.

2. Meningkatkan Imun Tubuh

Tidak berhenti di situ, vitamin C pada jeruk nipis juga akan mendukung proses pembentukan sel darah putih. Artinya, dengan mengonsumsinya imun tubuh akan bekerja lebih baik. Termasuk menjaga performa sistem pencernaan. Kandungan folat di dalamnya mampu mengatur sel T dalam usus dan hal ini sangat bermanfaat meminimalisasi respons imun yang berlebihan. Terutama pada pemilik alergi serta orang yang rentan mengalami peradangan.

3. Mendukung Penyerapan Zat Besi dan Produksi Sel Darah Merah

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan berikutnya adalah mampu mendukung penyerapan zat besi. Mineral zat besi yang terserap dengan baik akan meningkatkan produksi sel darah merah. Dari kecukupan sel darah merah berkualitas inilah, oksigen dan nutrisi makanan dapat terdistribusi dengan baik.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Vitamin C pada jeruk nipis juga mampu meningkatkan produksi oksida nitrat, salah satu molekul penting yang secara alami diproduksi oleh tubuh kita. Oksida nitrat sendiri sangat dibutuhkan dalam mengatur tekanan darah sekaligus mendukung proses pembukaan pembuluh darah bernama vasodilatasi. Cara kerja seperti ini yang akan sangat membantu kerja jantung sehingga performa jantung dapat dirawat.

Kandungan flavonoid dalam jeruk nipis juga memiliki efek perlindungan bagi sistem kardiovaskular. Selain menurunkan tekanan darah, kandungan ini juga mampu mengurangi risiko penggumpalan darah.

5. Mendukung Produksi Kolagen

Kolagen adalah jenis protein yang bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Dalam proses pembentukannya, tubuh membutuhkan beberapa nutrisi dan salah satunya adalah vitamin C. Jenis vitamin ini akan mendukung pembentukan asam amino yang penting dalam memproduksi kolagen. Kecukupan kolagen dalam tubuh berarti menjaga kesehatan kulit, tulang, otot, sendi, tendon, dan jaringan ikat lain.

6. Mencegah Batu Ginjal

Jeruk nipis juga mengandung sitrat, salah satu senyawa yang mampu menghambat penumpukan mineral kalsium dalam ginjal. Mineral yang terlalu banyak dalam urine bisa membentuk kristal yang kemudian mengeras dan menjadi batu ginjal. Sehingga mengonsumsi jeruk nipis mampu mendukung pelepasan kalsium melalui urine agar tidak menumpuk.

Photo by Los Muertos Crew: https://www.pexels.com/photo/fresh-oysters-served-with-lime-10039860/

Tips Cara Mengolah Jeruk Nipis Menjadi Lebih Menarik

  1. Campuran masakan potein hewani: Sifat asam dari jeruk nipis mampu menghilangkan bau amis dan mengganggu dari bahan makanan hewani seperti ayam, ikan, kerang, shellfish, dan makanan laut lain. Selain menjadi bahan marinasi, kamu juga bisa mengonsumsinya langsung pada menu sashimi untuk menyeimbangkan rasa alami.
  2. Sebagai tambahan sambal dan saus: Mengonsumsinya langsung secara mentah dapat menjaga keutuhan kandungan vitamin C dari jeruk nipis. Kamu bisa menambahkannya saat membuat sambal, saus cocolan, saus salsa, dan lain-lain.
  3. Memperkaya rasa pada hidangan berkuah: Menambahkan perasan jeruk nipis pada hidangan berkuah siap santap akan membuat rasanya semakin nikmat. Beberapa hidangan Indonesia yang cocok diberi perasan jeruk nipis adalah soto, siomay dan batagor, sop ayam, mi kocok, dan lain sebagainya.
  4. Menambah kesegaran minuman: Selain menjadi es jeruk, kamu bisa menambahkan irisan jeruk nipis pada teh madu, air putih, es sirup, dan lain-lain sesuai selera.

Cara Lain Mendapatkan Asupan Vitamin C: Enervon-C Effervescent

Melihat pembahasan sebelumnya, dapat diambil kesimpulan bahwa vitamin C memberikan manfaat besar bagi tubuh. Selain mendapatkan asupan vitamin C dari konsumsi jeruk nipis, kamu juga bisa mendukungnya dari konsumsi makanan lain seperti jambu biji, brokoli, paprika, tomat, serta jeruk jenis lain. Bila perlu, pastikan tubuh mendapat asupan optimal dengan mengonsumsi suplemen. Memiliki kandungan vitamin C tinggi (1000 mg), Enervon-C Effervescent adalah suplemen multivitamin dan mineral yang banyak direkomendasikan. Tenang saja, dosis tersebut masih dalam batas aman konsumsi vitamin C (maksimal 2000 mg) dan akan otomatis terbuang melalui urine dan feses saat tidak lagi dibutuhkan. Selain vitamin C, kamu juga akan mendapat asupan vitamin B kompleks, mineral niacinamide, dan kalsium pantotenat. Dapatkan produknya melalui toko resmi Enervon di Tokopedia dan Shopee.

Referensi:

WebMD. 2022. Health Benefits of Limes. Diakses dari https://www.webmd.com/diet/health-benefits-limes

Lauren O’Connor. 2024. Health Benefits of Limes. Diakses dari https://www.health.com/lime-benefits-8628997 

Featured Image - Photo by Lars H Knudsen: https://www.pexels.com/photo/close-up-photo-of-green-lime-4590488/